Senin, Juni 24, 2024

Ciptakan Langkah Kerja Efisien, Bagian Hukum Setda Ciamis Kolaborasi dengan Berbagai Instansi

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kepala Bagian (Kabag) Hukum Setda Ciamis Deni Wahyu Hidayat berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya dengan menciptakan langkah kerja efisien.

Yakni melakukan kolaborasi dengan sejumlah instansi yang punya hubungan terhadap produk hukum. Antara lain, Kejaksaan Negeri, BNN, Pengadilan Negeri, BNN, Polres, Media dan lainnya.

Deni menerangkan salah satu tugas dari Bagian Hukum di tingkat Kabupaten/Kota adalah melaksanakan program, mengoordinasikan penyusunan, mendokumentasikan serta mensosialisasikan produk hukum.

“Hal itu dilakukan agar mempermudah kami dalam mensosialisasikan produk hukum agar lebih efisien serta cepat sampai kepada masyarakat,” ujar Deni Kabag Hukum Setda Ciamis di kantornya, Senin (4/12/2023).

Deni menyebut, dalam melakukan sosialisasi produk hukum daerah, pihaknya selalu terbuka untuk kerja sama dengan instansi terkait. Sehingga langkah kerja Bagian Hukum Setda Ciamis menjadi lebih efisien.

“Bersama Polres, Kejaksaan, BNN dan Pengadilan, tergantung produk hukum daerah yang dikeluarkan,” katanya.

Menurut Deni kerja sama bantuan itu sudah diatur dalam undang-undang. Seperti kerja sama bantuan hukum dengan Kejasaan yang diatur dalam UU Nomor 16 tahun 2011 tentang bantuan hukum mengatur hak dan tanggung jawab pemerintah dalam memberikan akses bantuan hukum kepada masyarakat yang tidak mampu.

Beberapa aspek yang diatur mencakup bantuan hukum, kriteria penerima bantuan hukum, penyelenggara bantuan hukum, pendanaan, dan kewajiban pemerintah.

“Tujuan undang-undang tersebut untuk memastikan akses yang adil dan merata terhadap bantuan hukum bagi setiap individu, tanpa memandang latar belakang sosial dan keuangan,” ucapnya.

Bagian Hukum Setda Ciamis telah melaksanakan komitmen Pemerintah Kabupaten Ciamis dengan memberikan layanan bantuan hukum gratis kepada masyarakat yang kurang mampu.

Program tersebut tujuannya memberikan pengakuan dan perlindungan hukum kepada warga Kabupaten Ciamis. Hal ini juga sebagaimana diamanatkan oleh Bupati Ciamis. (Ayu/CN/Djavatoday)

Meski Baru Dibentuk, Pemda Volley Ball Ciamis Jadi Runner Up di Rajawali Cup

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Meskipun baru dibentuk, Pemda Volley Ball Ciamis masuk babak Grand Final pada turnamen bola voli Rajawali Cup 2024. Kegiatan tersebut berlangsung di...

Macan Turun Gunung ke Permukiman Teror Warga Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Macan tutul penghuni Gunung Sawal, Kabupaten Ciamis, turun ke permukiman. Warga Desa Cikupa, Kecamatan Lumbung dan Desa Talagasari, Kecamatan Kawali, pun...

Klinik Pratama STIKes Muhammadiyah Ciamis Raih Predikat Paripurna

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Klinik Pratama Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Muhammadiyah Ciamis berhasil meraih akreditasi predikat Paripurna. Sebelumnya, Klinik Pratama STIKes Muhammadiyah Ciamis dinilai oleh...

Kecelakaan Truk Tronton dan Motor di Ciamis, Satu Orang Tewas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Mobil truk tronton terlibat kecelakaan dengan sepeda motor di Tanjakan Alinayin, di Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis. Kecelakaan tersebut menyebabkan, pengendara sepeda motor...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya