Minggu, Juni 23, 2024

Ciamis Daerah Rawan Kecelakaan, Sepanjang 2023 Ada 394 Kejadian

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Polda Jabar menyebut Kabupaten Ciamis menjadi salah satu daerah paling rawan kecelakaan. Menurut data dari Satlantas Polres Ciamis, sepanjang tahun 2023 telah terjadi 394 kejadian kecelakaan di jalur Ciamis.

Kasat Lantas Polres Ciamis AKP Ajat Darajat membenarkan hal tersebut. Menurut catatannya, sepanjang tahun 2023 telah terjadi 394 peristiwa kecelakaan.

“Dari kejadian itu, jumlah korban meninggal dunia ada 116 orang, luka berat 30 orang dan luka ringan 436 orang. Kerugian materi sebesar Rp 675.500.000,” ujar Kasat Lantas, Sabtu (30/12/2023).

Kasat menerangkan ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya kecelakaan. Pertama kondisi jalan di Ciamis yang bagus membuat pengendara memacu kendaraannya lebih kencang. Namun faktor utamanya adalah human error, seperti pengemudi yang kelelahan.

“Kondisi jalan di Ciamis bagus, faktor utama kecelakaan karena human error,” ungkapnya.

Menurut Kasat, meski Ciamis termasuk daerah paling rawan kecelakaan, namun terjadi penurunan angka kecelakaan dari tahun sebelumnya sebesar 15,08 persen. Artinya upaya pihak kepolisian dan instansi terkait untuk menekan angka kecelakaan di Ciamis terbilang efektif.

“Kita berupaya mengimbau pengendara untuk waspada. Juga menempatkan personil di titik rawan kecelakaan dan rawan macet serta pemasangan rambu,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Napak Jagat Pasundan, Pj Bupati Ciamis: Momentum Penguatan Budaya Lokal

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pergelaran Napak Jagat Pasundan memeriahkan peringatan hari Jadi Kabupaten Ciamis yang ke-382 tahun. Ribuan warga menghadiri kegiatan yang digelar di Alun-alun...

Pj Bupati Ciamis Serahkan Uang Kadeudeuh untuk 397 Anggota KORPRI Purna Bhakti

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna menyerahkan uang Kadeudeuh bagi 397 anggota KORPRI yang Purna Bhakti periode Nopember 2023-Mei 2024. Secara simbolis...

Buka Grand Final Bola Voli PPDI, Ini Harapan Pj Bupati Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pj Bupati Ciamis, Engkus Sutisna membuka Grand Final pertandingan bola voli antar PPDI kecamatan se Kabupaten Ciamis. Kegiatan tersebut berlangsung di GOR...

Lobang Timah Ciamis, Tempat Refreshing yang Recommended!

Lobang Timah Ciamis bukanlah sebuah tempat tambang, Sobat Djava, melainkan sebuah objek wisata alam yang recommended.
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya