Minggu, Juli 14, 2024

Cerita Horor Sosok Kabaya Hejo di Jalan Kaum Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Cerita horor atau mistis masih banyak berkembang di Kabupaten Ciamis. Salah satunya adalah Sosok Kabaya Hejo yang kerap menampakan diri di Jalan Kaum Ciamis.

Memang Ciamis tetap tidak terlepas dengan cerita mitos atau mistis yang berkembang di masyarakat. Hal ini erat kaitannya dengan masyarakat Galuh dulu yang konon percaya dengan adanya Onom atau mahluk kasat mata.

Sosok Kabaya Hejo santer terdengar pada tahun 1980-an. Hingga saat ini Kabaya Hejo pun terkadang masih menampakan diri, hanya saja tidak seterkenal dulu.

Mahluk Kabaya Hejo ini digambarkan seorang perempuan yang memakai kebaya hijau, yang kepalanya ditutup kain putih seperti kerudung tapi memiliki muka rata. Artinya tidak punya mata, hidung dan mulut.

Kabaya Hejo muncul dari peralihan sore ke malam. Sosok tersebut kerap menampakan diri kepada masyarakat yang beraktivitas pada saat tengah malam di Jalan Kaum Ciamis.

Meski tidak mengganggu secara aktif, namun penampakannya membuat orang takut. Kabaya Hejo juga kerap jadi senjata orang tua untuk menakut-nakuti anak-anak agar tidak keluar malam.

Setiadi, warga Janggala Ciamis, seorang warga yang pernah melihat penampakan sosok Kabaya Hejo. Kejadiannya sekitar tahun 2000, ketika itu ia sedang nongkrong di warung kopi sekitar Jalan Kaum bersama 5 temannya.

Sekitar pukul 23.00 WIB, Setiadi mengaku merasa ada yang memperhatikannya dari kejauhan. Ia pun kemudian melirik ke samping sebelah kiri di bawah pohon jambu atas kolam nampak berdiri sosok yang mengenakan Kabaya Hejo.

“Yang saya lihat itu pakai kebaya hijau jadi disebut Si Kabaya Hejo, tapi mukanya rata tidak ada mata, mulut dan hidung. Saya kaget langsung lari diikuti teman-teman saya juga ikut lari pulang ke rumah. Ya, ternyata yang lainnya juga melihatnya,” ungkap Setiadi.

Setiadi menyebut, warga perkotaan Ciamis terutama di Jalan Kaum dan Janggala sudah tidak asing dengan Sosok Kabaya Hejo tersebut. Bahkan cerita mistis tersebut sudah ada sejak lama. (Ayu/CN/Djavatoday)

Cuaca Tak Menentu, Petani di Ciamis Galau Garap Lahan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Saat ini cuaca tak menentu sulit diprediksi. Hal tersebut membuat petani di Desa Pamalayan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, menjadi galau. Akibat...

Komisi D DPRD Ciamis Bahas Polemik PPDB SMA

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Komisi D DPRD Ciamis telah audiensi dari forum kepala desa (kades) dan orang tua di Kecamatan Banjaranyar terkait polemik pendaftaran peserta...

Petugas BPBD Berhasil Evakuasi Warga yang Masuk ke Sumur di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis melakukan evakuasi warga yang masuk sumur di Desa Dewasari. Peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu (13/7/2024)....

Pantauan Harga Minyak Goreng di Pasar Manis Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemerintah melalui Kemendag akan menerapkan HET (harga eceran tertinggi) baru untuk minyak goreng Minyakita. Dari semula Rp 14 ribu menjadi Rp...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya