Sabtu, Juli 20, 2024

Cerita Asal Usul Nama Desa Baregbeg Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Baregbeg merupakan nama sebuah desa di Kabupaten Ciamis. Menarik untuk dibahas mengenai cerita asal usul penamaan desa tersebut.

Konon menurut cerita, nama Desa Baregbeg diambil dari nama sebuah pohon bambu hijau kecil yang tumbuh di wilayah tersebut. Bambu tersebut cukup langka dan hanya ditemukan di salah satu dusun. Kini nama bambu itu yakni Baregbeg sudah melekat menjadi nama suatu daerah.

Bambu hijau kecil itu hanya tumbuh di sekitar mata air pinggir kali. Konon pohon bambu itu kerak dijaga oleh sosok mahluk gaib menyerupai seekor macan. Menurut cerita, macan itu jelmaan dari Raden Arita Janggala. Bambu itu pun tidak bisa sembarangan di tebang.

Dudy Permana, Kepala Dusun Baregbeg Kolot membenarkan cerita itu. Bambu kecil itu tumbuh di desa tertua di Kecamatan Baregbeg.

Pusat pemerintahan Desa Baregbeg awalnya berada di wilayah Dusun Baregbeg, sebelum dipindahkan ke wilayah Dusun Desa saat ini. Dari dulu hingga saat ini nama Desa Baregbeg belum diganti nama.

Ada pun pendiri awal Desa Baregbeg merupakan para tokoh yang sakti mandraguna. Seperti Buyut Mangun Tapa, Mbah Abrur, Nyi Buni Geulis serta banyak nama tokoh lainya. Masyarakat pun tidak ada yang berani mengganti nama Desa Baregbeg.

“Jenis bambu Baregbeg hingga saat ini cukup langka dan sangat sulit ditemukan. Tidak heran kalau warga Baregbeg terutama anak anak tidak banyak yang mengetahuinya,” ucapnya.

Dedy mengaku sudah pernah mencoba untuk menanam jenis bambu Baregbeg tersebut dengan tujuan agar masyarakat mengetahui jenis bambu Baregbeg. Namun sayang bambu itu sulit tumbuh kalau sengaja untuk ditanam, dan akan hanya tumbuh dengan sendirinya di tempat tertentu. (Andra/CN/Djavatoday)

Jaksa di Kejari Ciamis Donor Darah Jelang Hari Bhakti Adhyaksa ke-46

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kejaksaan Negeri (Kejari) Ciamis melakukan bakti sosial menjelang Hari Bhakti Adhyaksa ke 64. Para jaksa melakukan donor darah dan memberikan santunan...

PAD Ciamis Capai 55,72 Persen dari Target di Semester 1 2024

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pendapatan Asli Daerah (PAD) Ciamis pada semester 1 tahun 2024 mencapai 55,72 persen dari target. Hal itu terungkap saat Badan Pendapatan Daerah...

Peralihan Musim Waspadai Penyakit pada Hewan, Ini Pesan Disnakkan Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Ciamis menyebut kalau peralihan musim harus waspadai beberapa penyakit kepada hewan. Pasalnya, peralihan musim dari hujan ke...

Melihat Tradisi Sidekah Muharram di Banjarwaru Kawali Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Masyarakat Dusun Banjarsari, Desa Kawali, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, mengikuti Tradisi Sidekah Muharram. Tradisi ini dilaksanakan setahun sekali setiap bulan Muharram...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya