Sabtu, Mei 25, 2024

Bupati Herdiat Ajak Pengusaha di Ciamis untuk Optimalkan Potensi Zakat

Djavatoday.com, Ciamis –  Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengajak para pengusaha dan aghnia untuk mendukung dalam mengoptimalkan potensi zakat di Kabupaten Ciamis.

Hal tersebut disampaikan Herdiat Sunarya saat memberikan sambutan pada kegiatan silaturahmi dengan para pengusaha dan aghnia se-Kabupaten Ciamis di Gedung Islamic Centre Ciamis, Senin (13/06/2022). Kegiatan ini terselenggara oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Ciamis.

“Saya mengajak kepada para pengusaha dan aghnia di Kabupaten Ciamis untuk turut serta mendukung pengoptimalan potensi pajak. Guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Ciamis dan membantu kaum dhuafa yang membutuhkan bantuan kita,” ucapnya.

Baca juga: Optimalkan Pengelolaan Zakat, Bupati Ciamis Sosialisasi Perbup Nomor 46 Tahun 2021

Herdiat mengungkapkan, pengelolaan dana Zakat Infaq dan Shodaqoh (ZIS) di Kabupaten Ciamis meningkat setiap Tahunnya. Namun, menurutnya belum mencapai potensi yang maksimal perihal raihan ZIS dari masyarakatnya.

“Sejak tahun 2017 lalu Baznas Ciamis hanya mengelola 4 Miliar dan meningkat setiap tahunnya antara 10 sampai 11 Miliar.  Jumlah tersebut baru mencapai 1 persen dari total potensi raihan ZIS di Ciamis, ” Ucapnya.

Dia pun menerangkan, kondisi ketimpangan antara masyarakat yang miskin dan kaya di Ciamis terlihat jauh sekali.

Lebih lanjut, Herdiat menambahkan, kondisi ketimpangan ekonomi ini terbebani dengan adanya pandemi Covid-19 selama dua tahun kebelakang. Akibatnya berdampak pada segala sektor kehidupan masyarakat.

“Kami dari unsur pemerintah daerah rutin turun ke masyarakat di berbagai daerah, dari pantauan kami menunjukan kondisi perekonomian masyarakat sangat terpuruk dan sangat membutuhkan bantuan kita, ” ungkap Herdiat.

Baca juga: Bupati Ciamis Harapkan Pengelolaan Zakat Lebih Profesional Transparan dan Akuntabel

Guna menangani permasalahan ketimpangan dan permasalahan ekonomi, Pemkab Ciamis mengeluarkan Perbup No. 46 Tahun 2021 Tentang Pengelolaan Zakat. Perbup tersebut memiliki tujuan untuk mengoptimalkan potensi zakat sebagai upaya memberikan kesejahteraan bagi masyarakat.

Baznas Harus Menjaga Kepercayaan Masayrakat

Selain itu juga, Bupati Ciamis ini pun mengajak kepada para komisioner Baznas untuk senantiasa menjaga kepercayaan masyarakat. Karena terkait pengelolaan keuangan harus berdasarkan saling mempercayai dan amanah.

“Mari kita melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya dengan sejujurnya dan seadil-adilnya. Jika semua itu diterapkan maka agniya, pengusaha sudah tentu akan percaya,” tutupnya. *ArifinAT/Djavatoday.com

Viral Ratusan Pencari Kerja Melamar Kerja ke Warung Seblak hingga Antre di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Viral di media sosial video yang memperlihatkan ratusan pencari kerja antre melamar pekerjaan di sebuah warung seblak di Kabupaten Ciamis. Video tersebut...

Melihat Kegiatan Budaya Ngarumat Lembur di Desa Cisontrol Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ratusan warga Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, mengikuti kegiatan budaya Ngarumat Lembur. Kegiatan tersebut digelar pada Rabu (22/5/2024). Ngarumat Lembur tersebut...

Polres Ciamis Punya Lapangan Tembak, Latih Kemampuan Anggota Menembak

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Polres Ciamis kini memiliki lapangan tembak bernama Satya Haprabu 8904. Lapangan tembak tersebut dibangun untuk melatih kemampuan menembak para anggota. Kapolda Jawa...

Pipa Transmisi Gunung Cupu Masih Diperbaiki, Perumda Tirta Galuh Ciamis Bagi Dua Layanan Air Bersih

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pipa Transmisi milik Perumda Tirta Galuh di Gunung Cupu, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, masih dalam perbaikan. Akibatnya pelayanan distribusi air bersih...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya