Senin, Mei 27, 2024

BPPD Ciamis dan Dekranasda Kerjasama Dongkrak Industri Pariwisata

DJAVATODAY.COM, CIAMIS – Badan Promosi Pariwisata Daerah atau BPPD Ciamis dan Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Ciamis kerjasama. Tujuannya untuk mengembangkan dan mendongkrak industri pariwisata. Pertemuan berlangsung di Gedung PKK Ciamis, Jawa Barat, Kamis (13/8/2020).

Ketua BPPD Kabupaten Ciamis Endang Haris Juandana menjelaskan, kerjasama ini dengan penyelarasan dan sinergitas antara BPPD dengan Dekranasda.

“Harapannya, kerajinan di Dekranasda bisa menjadi konten yang bisa dipromosikan oleh BPPD Ciamis. Hal ini sesuai dengan visi dan misi Bupati Ciamis,” jelasnya.

Endang mengatakan, sinergitas antara BPPD dengan Dekranasda dapat tercipta. Kemudian akan ikut serta dalam perekrutan pelatihan batik dan membantu mencari serta mengumpulkan informasi mengenai Batik Ciamis.

“Dekranasda Ciamis dan BPPD memiliki ketertarikan yang sama. Salah satunya dalam mempromosikan kesenian dan kerajinan khas Ciamis,” katanya

Dengan adanya kerjasama ini, target Kabupaten Ciamis pada tahun 2021 menjadikan tahun kunjungan wisata dengan jumlah 800 ribu kunjungan dapat tercapai.

“Semoga kerjasama ini dapat meningkatkan daya tarik pariwisata dan ekonomi kreatif di Ciamis. Sehingga menjadi daya tarik tersendiri di mata pengunjung,” ucapnya.

Ketua Dekranasda Kabupaten Ciamis Kania Ernawati Herdiat menjelaskan, Dekranasda Ciamis memiliki target untuk dapat mengangkat kerajinan khas Ciamis. Sehingga bisa dikenal oleh masyarakat lokal dan luar daerah.

“Dekranasda Ciamis juga berkeinginan memberdayakan masyarakat pengrajin dan meningkatkan usaha para pengrajin di Kabupaten Ciamis,” jelasnya.

ketua PKK Kabupaten Ciamis ini mengungkapkan, Dekranasda Ciamis memiliki berbagai program yang tengah dijalankan. Seperti pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM), promosi-promosi kerajinan dan lain-lain.

“Pada tahun 2021 nanti yang akan dilaksanakan adalah pelatihan batik. Pelatihan akan berlangsung selama 18 hari berturut-turut dengan peserta sebanyak 250 orang,” pungkasnya. *FR/DJavatoday

PSGC Ciamis Kandas di Babak 16 Besar Liga 3 Nasional Usai Ditekuk Persikabpas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis gagal melaju ke babak 8 besar Liga 3 Nasional. Pada pertandingan terakhir grup 2 babak 16 besar, PSGC Ciamis...

Viral Ratusan Pencari Kerja Melamar Kerja ke Warung Seblak hingga Antre di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Viral di media sosial video yang memperlihatkan ratusan pencari kerja antre melamar pekerjaan di sebuah warung seblak di Kabupaten Ciamis. Video tersebut...

Melihat Kegiatan Budaya Ngarumat Lembur di Desa Cisontrol Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ratusan warga Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, mengikuti kegiatan budaya Ngarumat Lembur. Kegiatan tersebut digelar pada Rabu (22/5/2024). Ngarumat Lembur tersebut...

Polres Ciamis Punya Lapangan Tembak, Latih Kemampuan Anggota Menembak

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Polres Ciamis kini memiliki lapangan tembak bernama Satya Haprabu 8904. Lapangan tembak tersebut dibangun untuk melatih kemampuan menembak para anggota. Kapolda Jawa...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya