Minggu, Februari 25, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berdo’a di Keramat Keraton Sinarmawar Ciamis Diyakini Memberi Berkah

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ciamis masih memiliki peninggalan-peninggalan kebudayaan yang masih dilestarikan. Seperti salahsatunya Keramat Keraton di lingkungan Sinarmawar Kelurahan Cigembor Kabupaten Ciamis yang diyakini pengunjungnya dapat membawa berkah.

Kuncen Keramat Keraton Cigembor Mak Enoh mengatakan, Keramat Keraton merupakan tempat Tilem Mbah Dalem Sukapura atau dikenal Mbah Dalem Sawidak. Mbah Dalem Sawidak.

“Saya medapat petunjuk ghaib untuk menjadi kuncen di sini,” ujar Mak Edon, Selasa (30/4/2021).

Mak Enoh sudah puluhan tahun mengantar orang yang mengalap berkah ke Keramat Keraton, dengan beragam harapan dan keinginan.

“Banyak orang dengan beragam hasrat dan keinginan berdo’a kepada yang maha kuasa di sini agar hajatnya terwujud,” ucapnya.

Untuk ngalap berkah di sini harus dalam kondisi bersih dan suci, disertai menyediakan sesajian yang lengkap.

“Kenapa haru suci, karena jika orang yang datang ke sini memiliki hati yang kotor dan bermaksud tidak baik akan ada konsekuensinya,” tegasnya.

Mak Enoh memaparkan, leluhur Keramat Keraton yakni Mbah Dalem tidak menghendaki seorang pemabuk, penjudi, pencuri dan penzina. Mbah tidak suka dengan orang-orang bertabiat buruk.

“Orang-orang yang bertabiat buruk tidak akan pernah sampai ke sini, mereka akan tersesat,” ungkapnya.

Mah Enok menambahkan, Keramat Keraton Sinarmawar Cigembor Ciamis juga memiliki cerita lain. Yakni sejarah pertemuan Ratu Naganingrum, Mbah Ratu Anom, Nyai Ratu Anom Sari dan Ratu Bonang. (AlsyaHSN/MM/Djavatoday)

Simak! Jadwal 5 Tradisi Jelang Ramadan 2024 di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bulan Ramadan tinggal beberapa hari lagi. Menjelang Bulan Ramadan, ada berbagai tradisi budaya yang biasa digelar masyarakat Tatar Galuh Ciamis. Biasanya...

Dispar Ciamis Berlakukan Penyesuaian Tarif Tiket Masuk 4 Obyek Wisata

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Ciamis akan memberlakukan penyesuaian tarif tiket masuk di obyek wisata yang dikelola Pemkab Ciamis. Penyesuaian tarif itu...

Hadiri Kuliah Umum, Wabup Yana: STIKes Muhammadiyah Ciamis Berkontribusi Tingkatkan IPM

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra menghadiri kegiatan kuliah umum di STIKes Muhammadiyah, Sabtu (24/2/2024). Yana menyebut STIKes Muhammadiyah menjadi pilar...

Cerita Jembatan Cilokat di Buniseuri Ciamis yang Angker

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jembatan Cilokat di Jalan Raya Ciamis-Kawali, tepatnya di Desa Buniseuri, Kecamatan Cipaku, dikenal angker. Konon di jembatan tersebut kerap terdengar suara...

Terpopuler

Lainnya