Minggu, Juni 16, 2024

Belajar Sambil Bermain di Desa Layak Anak Calakan Kecamatan Rancah

DJAVATODAY.COM, CIAMIS- Desa Layak Anak Calakan resmi dibuka oleh pemerintah Kabupaten Ciamis Pada 12 Februari 2020 lalu. Selain untuk mengembangkan Kabupaten Layak Anak (KLA), dibukanya taman bermain ini memiliki tujuan untuk meningkatkan literasi anak sejak dini, agar anak bisa berkembang sesuai dengan potensi yang dimilikinya.

Taman Bermain Desa Layak Anak Calakan berlokasi di Sport Center Ranca Gejlig, Desa Cisontrol Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis. Dapat ditempuh sekitar 45 menit dari pusat Kabupaten Ciamis.

Lokasinya yang berada di area persawahan, menjadikan taman bermain ini memiliki nuansa yang asri. Udara di lokasi ini pun jauh dari polusi. Inilah salah satu alasan, mengapa taman bermain ini cocok menjadi tujuan utama wisata peserta didik taman kanak-kanak maupun sekolah dasar.

Fasilitas Yang Menunjang Kegiatan

Di taman bermain Desa Layak Anak Calakan, bukan hanya bisa bermain saja, namun bisa sambil belajar tentunya. Karena tempat ini memang didesain agar anak bisa belajar sambil bermain.

Misalnya, sepanjang jalan di taman bermain ini didesain layaknya jalan raya, tepi jalan dilengkapi trotoar, ada petunjuk arah, lampu lalu lintas, dan berbagai rambu-rambu lainnya. Tujuannya adalah agar anak bisa terbiasa tertib berlalu lintas sejak dini.

Di taman bermainpun terdapat perpustakaan yang dilengkapi buku-buku, seperti cerita nabi, cerita rakyat dan berbagai buku bergambar, sebagai upaya untuk meningkatkan literasi pada anak.

Fasilitas bermain, seperti ayunan, jungkat jungkit dan serodotan turut menambah keasyikan bagi anak untuk betah berlama-lama tinggal ditempat ini. Di tempat inipun anak akan diperkenalkan permainan tradisional seperti engklek, orai-oraian dan petak umpet.

Baca Juga: KBM Tatap Muka di Ciamis Belum Bisa Digelar Agustus

Karena, lokasi berada di area pertanian milik anggota Embung Kelompok Tani Kertamakmur, bagi orang tua yang memiliki minat untuk mengenalkan anaknya pada pertanian, bisa langsung belajar sekaligus praktek untuk bercocok tanam bersama para petani.

Keberadaan Desa Layak Anak bisa mengcounter agar tidak kecanduan gadget, fasilitas yang disediakan di lokasi ini pun bisa menumbuhkan jiwa sosial, mengenalkan pada permainan tradisional, pertanian dan yang paling penting menumbuhkan rasa agar selalu memiliki minat pada belajar dimanapun dan kapanpun, kepada siapapun. Derry RM/DjavaToday.

Jelang Idul Adha, Pedagang Kulit Ketupat di Ciamis Menjamur

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Menjelang hari raya Idul Adha, pedagang kulit ketupat musiman mulai menjamur di Pasar Manis Ciamis, Minggu (16/6/2024). Selain di Pasar Manis Ciamis,...

Rumah Lansia di Banjaranyar Ciamis Rusak Tertimpa Pohon Petai Tumbang

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Rumah Pardi seorang lansia berusia 79 tahun di Dusun Mekarsari, Desa Cikupa, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, rusak akibat tertimpa pohon petai...

Warga Sukadana Sambut Kepulangan Syifa Al Fadila, Pemain Timnas Voli U-18 Asal Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Warga beserta unsur pemerintahan Kecamatan Sukadana, Kabupaten Ciamis, menyambut kepulangan Syifa Al Fadila, Sabtu (15/6/2024). Gadis berusia 16 tahun asal Sukadana...

Bapenda Ciamis Buka Pelayanan di Galuh Digital Festival

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Ciamis membuka pelayanan pada acara Galuh Digital Festival atau GDF. Acara GDF sendiri berlangsung di Taman Lokasana...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya