Rabu, April 17, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Bawaslu Ciamis Catat Ada 33 Caleg Ganti Dapil dan 7 Orang Meninggal Dunia

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bawaslu Ciamis telah melaksanakan tugas melakukan pengawasan dalam proses penetapan daftar calon tetap (DCT) anggota legislatif (Caleg) Ciamis. Hasilnya, Bawaslu Ciamis mencatat ada 33 orang caleg ganti daerah pemilihan. Kemudian ada 7 orang caleg meninggal dunia.

Ketua Bawaslu Ciamis Jajang Miftahudin menuturkan pihaknya memiliki beberapa catatan terkait pengawasan dari awal pendaftaran daftar calon legislatif hingga masa kampanye.

“Kita lakukan pengawasan dengan piket langsung di KPU Ciamis. Memastikan KPU Ciamis melaksanakan tahapan sesuai PKPU Nomor 10 tahun 2023,” ujar Ketua Bawaslu Ciamis Jajang Miftahudin, Senin (18/12/2023).

Bawaslu Ciamis juga melakukan pengawasan pada tahapan verifikasi administrasi dokumen persyaratan bakal calon Anggota DPRD Kabupaten Ciamis secara teliti.

“Kami juga melakukan pengawasan pengajuan perubahan rancangan DCS yang disampaikan Partai Politik peserta pemilu 2024,” ungkap Jajang.

Hasil pengawasan tersebut, Bawaslu Ciamis mencatat ada 33 bacalon yang tukar daerah pemilih (dapil). Ada juga yang mengantikan para bacalon karena mengundurkan diri dan meninggal dunia.

“Untuk bacalon yang meninggal dunia ada 7 orang,” kata Jajang.

Mengenai sengketa perkara, Jajang menyebut sejauh ini tidak ada yang berlarut-larut tapi hanya sebatas sanksi administrasi. Atau pun selesai dengan melakukan mediasi.

“Kita lebih menekankan imbauan dan pencegahan sehingga pada peserta pemilu tidak melanggar aturan yang ditetapkan,” pungkas Jajang. (Ayu/CN/Djavatoday)

Calon Pengantin Wanita Asal Ciamis Jadi Korban Kecelakaan Maut Km 58 Tol Japek

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Nia Kania (31) warga Desa Karangpari, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, merupakan satu dari 12 korban meninggal dunia kecelakaan maut Km 58...

Hadiri Halalbihalal PWRI, Herdiat Pamit dari Jabatan Bupati Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menyampaikan permohonan maaf sekaligus pamit dari jabatan sebagai orang nomor satu di Ciamis. "5 tahun ini terasa singkat,...

9 Warga Ciamis Korban Kecelakaan Maut Km 58 Tol Japek, Disdukcapil Terbitkan Akta Kematian

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Disdukcapil Ciamis menerbitkan akta kematian para korban kecelakaan maut GranMax di Km 58 Tol Japek (Jakarta-Cikampek). Dari 9 korban yang dibawa...

Isak Tangis Keluarga saat Pemakaman Korban Kecelakaan Maut Km 58 Tol Japek di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sembilan Jenazah korban kecelakaan maut GranMax di Km 58 Tol Jakarta-Cikampek (Japek) tiba di Ciamis, Senin (15/4/2024) malam pukul 22.30 WIB....

Terpopuler

Lainnya