Selasa, Juni 25, 2024

Atap Bangunan Sekolah Ambruk, Disdik Ciamis Akan Data Sekolah Tua

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pada awal bulan Januari 2021 ini, ada Atap bangunan Sekolah Dasar (SD) ambruk akibat kondisinya sudah tua dan faktor alam hujan deras yang terus mengguyur. SD itu yakni SD Negeri 1 Sukadana dan SD Negeri 2 Janggala, Kecamatan Cidolog.

Mengantisipasi hal itu, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Ciamis langsung menginstruksikan melakukan pendataan sekolah tua. Yakni sekolah SD yang usianya diatas 10 tahun yang belum mendapat rehabilitasi.

Asep Saeful Rahmat, Plt Kepala Dinas Pendidikan Ciamis menjelaskan atap bangunan dua sekolah ambruk ini disebabkan oleh faktor alam dan usia. Dimana baja ringan menopang genteng tidak kuat menahan beban yang semakin berat akibat guyuran hujan. 

“Dua sekolah yang atapnya ambruk ini bangunannya lebih dari 11 tahun. Genteng itu sifatnya menyerap air sehingga ketika terus-menerus diguyur hujan rangka baja ringan itu tidak kuat menahannya,” tuturnya.

Dinas Pendidikan Ciamis kini mengambil langkah menginventarisir kondisi sekolah yang bangunanannya diatas 10 tahun. Format dalam pendataan itu, sekolah mengisi kondisi masing-masing. Terutama sekolah yang menggunakan atap baja ringan.

“Kita kemudian akan melakukan analisa. Setelah itu cek dan ricek ke setiap sekolah. Kami pun akan meminta bantuan Dinas PUPR terkait teknis kondisi bangunan. Apakah atap bangunan sekolah itu rawan ambruk atau tidak,” jelasnya.

Setelah inventarisir dilakukan, maka Dinas Pendidikan pun bisa menentukan langkah-langkah untuk perbaikan atau rekonstruksi. Alasan banyak sekolah pakai genteng meski menggunakan baja ringan karena sesuai petunjuk dari Kementerian Pendidikan.  (AY/CN/Djavatoday)

Meski Baru Dibentuk, Pemda Volley Ball Ciamis Jadi Runner Up di Rajawali Cup

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Meskipun baru dibentuk, Pemda Volley Ball Ciamis masuk babak Grand Final pada turnamen bola voli Rajawali Cup 2024. Kegiatan tersebut berlangsung di...

Macan Turun Gunung ke Permukiman Teror Warga Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Macan tutul penghuni Gunung Sawal, Kabupaten Ciamis, turun ke permukiman. Warga Desa Cikupa, Kecamatan Lumbung dan Desa Talagasari, Kecamatan Kawali, pun...

Klinik Pratama STIKes Muhammadiyah Ciamis Raih Predikat Paripurna

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Klinik Pratama Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Muhammadiyah Ciamis berhasil meraih akreditasi predikat Paripurna. Sebelumnya, Klinik Pratama STIKes Muhammadiyah Ciamis dinilai oleh...

Kecelakaan Truk Tronton dan Motor di Ciamis, Satu Orang Tewas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Mobil truk tronton terlibat kecelakaan dengan sepeda motor di Tanjakan Alinayin, di Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis. Kecelakaan tersebut menyebabkan, pengendara sepeda motor...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya