Jumat, Februari 23, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Atap Bangunan Sekolah Ambruk, Disdik Ciamis Akan Data Sekolah Tua

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pada awal bulan Januari 2021 ini, ada Atap bangunan Sekolah Dasar (SD) ambruk akibat kondisinya sudah tua dan faktor alam hujan deras yang terus mengguyur. SD itu yakni SD Negeri 1 Sukadana dan SD Negeri 2 Janggala, Kecamatan Cidolog.

Mengantisipasi hal itu, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Ciamis langsung menginstruksikan melakukan pendataan sekolah tua. Yakni sekolah SD yang usianya diatas 10 tahun yang belum mendapat rehabilitasi.

Asep Saeful Rahmat, Plt Kepala Dinas Pendidikan Ciamis menjelaskan atap bangunan dua sekolah ambruk ini disebabkan oleh faktor alam dan usia. Dimana baja ringan menopang genteng tidak kuat menahan beban yang semakin berat akibat guyuran hujan. 

“Dua sekolah yang atapnya ambruk ini bangunannya lebih dari 11 tahun. Genteng itu sifatnya menyerap air sehingga ketika terus-menerus diguyur hujan rangka baja ringan itu tidak kuat menahannya,” tuturnya.

Dinas Pendidikan Ciamis kini mengambil langkah menginventarisir kondisi sekolah yang bangunanannya diatas 10 tahun. Format dalam pendataan itu, sekolah mengisi kondisi masing-masing. Terutama sekolah yang menggunakan atap baja ringan.

“Kita kemudian akan melakukan analisa. Setelah itu cek dan ricek ke setiap sekolah. Kami pun akan meminta bantuan Dinas PUPR terkait teknis kondisi bangunan. Apakah atap bangunan sekolah itu rawan ambruk atau tidak,” jelasnya.

Setelah inventarisir dilakukan, maka Dinas Pendidikan pun bisa menentukan langkah-langkah untuk perbaikan atau rekonstruksi. Alasan banyak sekolah pakai genteng meski menggunakan baja ringan karena sesuai petunjuk dari Kementerian Pendidikan.  (AY/CN/Djavatoday)

Persit Kartika Candra Kirana Cabang XXIV Gelar Donor Darah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam memperingati HUT Persatuan Istri Tentara (Persit) Kartika Chandra Kirana ke-78 Tahun 2024, Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXIV menggelar kegiatan...

13 Warga Baregbeg Ciamis Terjangkit DBD, 1 Orang Meninggal Dunia

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) kini mengalami peningkatan di Kabupaten Ciamis. Salah satunya di Kecamatan Baregbeg, sudah ada 13 warga yang...

Waspada! Penipu Mengaku Petugas Tera Timbangan Berkeliaran di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (DKUKMP) Ciamis mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap penipuan yang mengatasnamakan petugas tera timbangan dari DKUKMP Ciamis. Penipu...

Calendar of Event 2024 Diluncurkan, Jadi Ajang Promosi Wisata Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bupati Ciamis Herdiat Sunarya telah meluncurkan Calendar of Event 2024 di Gedung Kesenian Ciamis, Selasa (20/2/2024). Dalam kalender itu, terdapat sejumlah...

Terpopuler

Lainnya