Selasa, Mei 21, 2024

Air Batu Sangkala Bolong Ciparigi Ciamis Bisa Sembuhkan Penyakit

Berita Ciamis, (Djvatoday.com),- Air dari mata air di dalam lubang Batu Sangkala Bolong konon dapat menyembuhkan penyakit. Lokasi batu tersebut berada di pesawahan Situs Ciluncat Dusun Ciparay Desa Ciparigi Kecamatan Sukadana Kabupaten Ciamis.

Juru kunci Situs Ciluncat Kasto mengatakan, mata air yang berada di batu kerap dikunjungi warga dari luar Ciparigi. Tujuanya untuk menyembuhkan beragam penyakit.

“Dari luar kota juga ada yang datang kesini mengambil air dari Batu Sangkala Bolong,” katanya. Sabtu (9/1/2021).

Baca Juga : Wisata Buah Naga Cidolog Ciamis, Bisa Metik dan Nyicip Sebelum Beli

Kasto menuturkan, ada orang dari luar daerah Ciparigi sampai datang dua kali ke situs. Untuk mengambil air dari Batu Sangkala Bolong Ciparigi Ciamis.

“Jika air dari batu tidak punyai khasiat untuk menyembuhkan penyakit kenapa sampai datang dua kali,” ucapnya.

Kasto menjelaskan, konon air dari batu tersebut bisa menjadi pertanda keberadaan air yang ada di wilayah Ciparigi Ciamis.

“Air yang ada di Batu ini jadi pertanda keberadan air bagi kebutuhan hidup warga Ciparigi,” jelasnya.

Kasto mengungkapkan, yang menjadi keanehan dari mata air batu tersebut, tidak pernah surut meski pada musim kemarau. Ketika musim hujan pun tidak pernah luber padahal air itu berada dalam batu.

” Menurut cerita orangtua dan leluhur, mata air Batu Sangkala Bolong Ciparigi Ciamis tidak pernah surut, ” ungkapnya. (Alsya/MM/Djavatoday)

Kafilah MTQ Berprestasi di Provinsi Dapat Tabungan Umrah dari Pemkab Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis memberikan uang kadeudeuh bagi Kafilah MTQ Ciamis yah berprestasi di tingkat Provinsi Jabar 2024. Uang kadeudeuh itu berupa tabungan...

Anggota Polres Ciamis Dites Urine, Kedapatan Pakai Narkoba Akan Disanksi Berat

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Anggota Polres Ciamis menjalani tes urine, Senin (20/5/2024). Tes urine tersebut digelar oleh Satuan Reserse Narkoba Polres Ciamis Polda Jabar. Semua...

Jelang Kejuaraan Sepakbola Dandim Ciamis Cup 2024, Kecamatan Baregbeg Seleksi Pemain

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Menjelang kejuaraan sepakbola Dandim Ciamis Cup 2024, Pemerintah Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis melakukan seleksi pemain. Kegiatan dilaksanakan di Lapangan Sepakbola Desa...

Pj Bupati Ciamis Ajak Masyarakat Gotong Royong Tangani Stunting

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna mengajak masyarakat gotong royong menangani stunting. Hal itu Engkus sampaikan saat meresmikan Gedung Posyandu Bunga Mawar...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya