Minggu, April 14, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Ada Keluhan Soal Lingkungan di Ciamis, Warga Bisa Lapor di Aplikasi SiJagal

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kepedulian terhadap lingkungan adalah tanggung jawab bersama. Masyarakat dapat melaporkan berbagai keluhan mengenai masalah lingkungan kepada pihak terkait. Salah satunya cukup menggunakan smartphone dan lapor di aplikasi SiJagal.

Aplikasi tersebut merupakan Sistem Informasi Jaga Alam dan Lingkungan Galuh yang diluncurkan oleh Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Ciamis.

Cukup download Aplikasi SiJagal di playstore. Kemudian mendaftar atau sign up dengan memasukan NIK atau nomor identitas kependudukan. Selanjutnya login pakai NIK dan password yang telah dibuat sebelumnya.

Lalu klik menu pengaduan dan ikuti proses selanjutnya. Seperti memasukan kategori aduan pelanggaran, isi laporan, tentukan lokasi lewat maps dan juga alamat lalu simpan. Laporan mengenai lingkungan pun tersampaikan dan akan diproses oleh DPRKPLH Ciamis.

Pelapor pun dapat memantau kelanjutan pengaduan tersebut melalui riwayat yang tersedia pada aplikasi tersebut.

Kepala DPRKPLH Ciamis Taufik Gumelar mengatakan aplikasi SiJagal adalah inovasi dari Bidang Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup dalam implementasi transformasi digital.

“Ini sesuai Perbup Nomor 660.1 KPTS.34-BPLH 2014 dikembangkan pelayanan pengaduan mengenai lingkungan hidup lewat aplikasi SiJagal,” ujar Taufik, Jumat (24/11/2023).

Aplikasi tersebut sebagai layanan untuk memfasilitasi masyarakat dalam melakukan pengaduan tentang pengelasan dan perlindungan lingkungan hidup.

“Masyarakat Ciamis dapat melaporkan pengaduan lingkungan hidup dengan mudah lewat aplikasi smartphone. Sudah ada di Playstore dan cari saja SiJagal,” ungkapnya.

Objek pengaduannya meliputi usaha arus kegiatan yang tidak punya atau tidak sesuai izin Lingkungan Hidup. Mengenai pencemaran dan juga perusakan lingkungan hidup. Pengelolaan limbah B3 yang tidak sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Termasuk juga usaha atau kegiatan lain yang bertentangan dengan aturan lingkungan hidup.

Ada pun pengaduan itu memuat informasi berupa identitas pengadu, nama, alamat, nomor kontak dan email, lokasi kejadian, dugaan sumber penyebab. Kemudian waktu uraian kejadian dan dampak yang dirasakan.

“Juga penyelesaian yang dinginkan, informasi pengaduan pernah atau belum disampaikan kepada instansi penanggung jawab,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

7 Keluarga Korban Pergerakan Tanah di Panawangan Dapat Bantuan dari Dinsos Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Beberapa hari terakhir ini sejumlah daerah di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dilanda bencana. Seperti pergerakan tanah di Desa Nagarapageuh, Kecamatan Panawangan...

Dinsos Ciamis Salurkan Bantuan Bagi 3 Keluarga yang Rumahnya Terendam Banjir saat Lebaran

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Sosial (Dinsos) Ciamis menyalurkan bantuan untuk 3 keluarga yang rumahnya terendam banjir di Kelurahan Ciamis pada saat hari H Lebaran....

Dua Rumah di Sadananya Terdampak Longsor, Polsek Ciamis Gotong Royong Bareng Warga

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dua rumah di dua desa Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, terdampak longsor akibat hujan deras, Jumat (12/4/2024). Anggota Polsek Ciamis Polres Ciamis...

Cerita Yeni Raup Cuan Pemudik di Gapura Ciamis Setiap Lebaran Sejak 2002

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Berkah musim mudik Lebaran Idul Fitri dirasakan warga atau pemilik warung yang berada di jalur mudik Ciamis. Seperti yang dirasakan oleh...

Terpopuler

Lainnya