Minggu, Mei 26, 2024

3 Ekor Kukang Dilepasliarkan di Cagar Alam Nusa Gede Panjalu Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- 3 ekor Kukang penyerahan masyarakat dilepasliarkan di Cagar Alam Nusa Gede, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis, Jabar, Kamis (12/8/2021). Juga 9 ekor lainnya dilepasliarkan pada kawasan Ekosistem Esensial Cipanjalu.

Dirjen Konservasi SDA dan Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Wiratno melepaskan langsung satwa tersebut. Hadir juga Bupati Ciamis Herdiat Sunarya beserta jajaran Pemkab Ciamis dan pegiat lingkungan lainnya.

Satwa dilindungi ini sebelumnya telah melalui proses rehabilitasi di tahun 2020. Kukang tersebut hasil penyerahan warga ke Balai Besar KSDA Jawa Barat. Kemudian dititip dan dirawat oleh Yayasan Inisiasi Alam Rehabilitasi Indonesia (YIARI).

“Sebelum dilepas, dicek kesehatan oleh dokter hewan dan proses habituasi seminggu sampai dilepasliarkan. Kemudian akan diamati oleh petugas,” ujar Kepala Balai Besar KSDA Jabar Ammy Nurwati.

Kegiatan pelepasan ini juga dalam rangkaian Hari Konservasi Alam Nasional 2021.

Sementara itu, Dirjen KSDAE Wiratno menuturkan pelepasliaran satwa terus dilakukan. Tempat terbaik satwa adalah di habitatnya. Pelepasliaran di Cagar Alam Nusa Gede ini dalam rangka menghidupkan kembali eksistensinya sebagai Cagar Alam Kooders.

“Sudah ribuan satwa yang sudah dilepasliarkan dan itu akan terus dilakukan. Tempat terbaik satwa adalah di habitatnya,” ungkapnya.

Te itu, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menyebut Kukang adalah satwa yang dilindungi dan tidak boleh ada warga yang memeliharanya.

“Sekarang dari Dirjen KSDA melakukan pelepasliaran di Cagar Alam Nusa Gede Panjalu ini. Semoga kukang ini bisa terus hidup dan bisa berkembangbiak,” katanya. (Ayu/CN/Djavatoday)

PSGC Ciamis Kandas di Babak 16 Besar Liga 3 Nasional Usai Ditekuk Persikabpas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis gagal melaju ke babak 8 besar Liga 3 Nasional. Pada pertandingan terakhir grup 2 babak 16 besar, PSGC Ciamis...

Viral Ratusan Pencari Kerja Melamar Kerja ke Warung Seblak hingga Antre di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Viral di media sosial video yang memperlihatkan ratusan pencari kerja antre melamar pekerjaan di sebuah warung seblak di Kabupaten Ciamis. Video tersebut...

Melihat Kegiatan Budaya Ngarumat Lembur di Desa Cisontrol Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ratusan warga Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, mengikuti kegiatan budaya Ngarumat Lembur. Kegiatan tersebut digelar pada Rabu (22/5/2024). Ngarumat Lembur tersebut...

Polres Ciamis Punya Lapangan Tembak, Latih Kemampuan Anggota Menembak

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Polres Ciamis kini memiliki lapangan tembak bernama Satya Haprabu 8904. Lapangan tembak tersebut dibangun untuk melatih kemampuan menembak para anggota. Kapolda Jawa...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya