Rabu, Oktober 23, 2024

Napak Tilas Perjuangan Santri dan Ulama di Ciamis Lewat Kirab Resolusi Jihad

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kirab Resolusi Jihad yang digelar di Kabupaten Ciamis, Selasa, 22 Oktober 2024. Ini menjadi momen penting untuk mengenang perjuangan ulama dan santri dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia dan menyebarkan syiar Islam.

Acara ini merupakan bagian dari peringatan Hari Santri Nasional, yang diperingati setiap tahun untuk menghormati kiprah santri dan ulama dalam sejarah bangsa.

Kirab dimulai dari Kecamatan Panjalu, dengan para peserta berjalan menuju Pendopo Bupati di pusat Kabupaten Ciamis. Mereka dengan penuh semangat membawa bendera dan atribut yang mencerminkan identitas santri, sebagai wujud kebanggaan terhadap sejarah perjuangan santri di masa lalu.

Sekda Ciamis Andang Firman menyatakan Kirab Resolusi Jihad ini adalah bentuk penghormatan kepada para ulama dan pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan bangsa dan juga syiar Islam.

“Kirab ini bukan hanya napak tilas perjuangan. Namun juga sebagai pengingat bagi kita semua akan pentingnya menjaga nilai-nilai luhur yang telah diwariskan oleh pendahulu kita,” ujar Andang.

Kirab ini menjadi sarana untuk memperkuat semangat kebangsaan dan ukhuwah Islamiyah. Menurut Sekda, kegiatan seperti Kirab Resolusi Jihad penting untuk terus dilakukan sebagai bentuk refleksi terhadap pengorbanan para ulama, kiai, dan santri. Mereka telah berjasa besar dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia dan juga menjaga persatuan bangsa.

“Melalui kegiatan ini, generasi muda diingatkan tentang pentingnya semangat juang dan nasionalisme, yang diwariskan oleh para pendahulu,” kata Andang.

Ia juga menekankan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan di tengah keragaman, baik dalam konteks ukhuwah Islamiyah maupun ukhuwah wathaniyah.

Kirab Resolusi Jihad Simbol Kekuatan Santri

Kirab Resolusi Jihad ini tidak hanya sebuah peringatan, tetapi juga simbol kekuatan santri dalam menghadapi tantangan zaman. Perjalanan panjang yang ditempuh oleh para santri diharapkan menjadi inspirasi bagi mereka untuk terus berkontribusi bagi bangsa dan agama.

“Kita harus menjaga semangat juang ini agar tetap hidup di hati generasi muda,” tambahnya.

Lebih jauh, Sekda Ciamis juga mengajak seluruh masyarakat untuk bahu-membahu dalam mewujudkan Kabupaten Ciamis yang lebih baik. Dengan tetap berpegang pada nilai-nilai keagamaan dan semangat persatuan. Menurutnya, Kirab Resolusi Jihad ini menjadi pengingat kuat bahwa santri memiliki peran penting dalam membangun masyarakat yang agamis dan berkeadaban.

Acara tahunan Kirab Resolusi Jihad ini terus menjadi tradisi yang memperkuat ikatan sejarah dan spiritual antara santri, ulama, serta masyarakat Ciamis. Melalui kirab ini, diharapkan semangat perjuangan terus terjaga dan dapat menjadi pedoman dalam menghadapi berbagai tantangan di masa depan. (Ayu/CN/Djavatoday)

Herdiat-Yana Usung Program Penguatan Ekonomi Desa di Ciamis Lewat 1 Village 1 Product

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya dan Yana D. Putra, terus melakukan roadshow ke berbagai kecamatan untuk memperkuat...

Kejari Ciamis Gelar Aksi Kampanye Anti Korupsi di Alun-Alun Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sejumlah jaksa dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Ciamis turun ke jalan untuk menggelar aksi kampanye gerakan anti korupsi di Jalan Jenderal Sudirman,...

SDN 4 Kertasari Ciamis Sudah Pasang Foto Presiden dan Wakil Presiden Prabowo-Gibran

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sekolah Dasar (SD) Negeri 4 Kertasari, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis sudah memasang bingkai foto Presiden dan Wakil Presiden, Prabowo Subianto dan...

Pj Bupati Ciamis: Santri Bisa Jadi Apa Saja, Termasuk Pimpinan Negara

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pj Bupati Ciamis, Engkus Sutisna menyebut jika santri itu bisa jadi apa saja, bahkan bisa menjadi pimpinan negara. Hal tersebut Engkus sampaikan...
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber

Terpopuler

Lainnya