Selasa, Oktober 15, 2024

Program Sekolah Lapang Ramah Lingkungan, Cara Dinas Pertanian Ciamis Jaga Ketahanan Pangan

Berita Ciamis (Djavatoday.com) – Untuk menjaga ketahanan pangan dan keberlanjutan lingkungan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Ciamis terus menggiatkan program Sekolah Lapang Pertanian Ramah Lingkungan (SL-PRL).

Program ini dilaksanakan di 26 titik di seluruh kabupaten dan diikuti oleh petani konvensional serta petani muda. Ini sebagai bagian dari upaya regenerasi petani yang jumlahnya semakin berkurang setiap tahunnya.

SL-PRL bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pengetahuan kepada petani tentang pertanian yang ramah lingkungan. Dalam kegiatan ini, petani diajarkan cara membuat pupuk organik, pupuk hayati, pestisida nabati, dan praktik budidaya tanaman yang berkelanjutan. Program ini juga mendorong pengurangan penggunaan pupuk dan pestisida kimia guna menjaga keseimbangan ekosistem pertanian.

Salah satu lokasi pelaksanaan SL-PRL adalah di Kelompok Tani (Poktan) Ranca Petir, Kelurahan Ciamis. Saat ini, para peserta di sana telah memasuki pertemuan kelima, dengan fokus pada pengamatan agroekosistem serta pemupukan menggunakan pupuk hayati cair dan pupuk organik padat.

Sekolah Lapang Ramah Lingkungan Regenerasi Petani

Selama pelaksanaan program ini, Poktan Ranca Petir menjadi lokasi laboratorium lapangan yang menerapkan tiga metode perlakuan berbeda. Metode pertama adalah cara konvensional, metode kedua adalah teknik ramah lingkungan, dan yang ketiga adalah pengaplikasian asam humat dan fulfat untuk perbaikan tanah.

“Tujuan akhir dari Sekolah Lapang Pertanian ini adalah untuk menjaga kelestarian ekosistem, meningkatkan ketahanan pangan. Mendorong regenerasi petani,” ujar Budi , Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Ciamis.

Budi berharap para peserta, terutama petani muda, dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka. Setiap petani didorong untuk berbagi pengalaman dan mengembangkan praktik pertanian yang lebih ramah lingkungan.

“Dengan pertanian organik, diharapkan berbagai masalah yang telah lama dihadapi dalam pembangunan sektor pertanian dapat diatasi. Pertanian ramah lingkungan bukan hanya solusi bagi masa depan, tetapi juga investasi untuk kesejahteraan generasi mendatang,” tambahnya.

Melalui program SL-PRL, Dinas Pertanian Kabupaten Ciamis berkomitmen untuk mendorong peralihan menuju pertanian organik sebagai solusi berkelanjutan. Pendekatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat jangka panjang, baik dalam hal kualitas produk pertanian maupun kelestarian lingkungan.

Upaya ini tidak hanya bertujuan meningkatkan produksi pertanian yang sehat dan aman. Tetapi juga menyiapkan generasi petani yang tangguh dan inovatif. Dengan demikian, Kabupaten Ciamis diharapkan dapat menjadi model bagi daerah lain dalam mengembangkan pertanian berkelanjutan yang berbasis pada prinsip-prinsip ramah lingkungan. (Ayu/CN/Djavatoday)

Hari Pertama Operasi Zebra Lodaya 2024 di Ciamis, Polisi Temukan Ratusan Pelanggar

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ratusan pelanggar mewarnai hari pertama Operasi Zebra Lodaya 2024 yang digelar Satlantas Polres Ciamis, Senin (14/10/2024). Pelaksanaan Operasi Zebra Lodaya ini...

Operasi Zebra Lodaya, Polres Ciamis: Tekan Angka Pelanggaran

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Polres Ciamis melaksanakan apel pasukan, hal itu untuk menghadapi Operasi Zebra Lodaya tahun 2024, Senin (14/10/2024) di Mapolres Ciamis. Operasi ini sendiri...

Tempat Strategis di Ciamis: Pilihan Wisata dan Lokasi Berpotensi Investasi

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ciamis, sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, dikenal sebagai salah satu daerah yang memiliki potensi besar dalam berbagai aspek, termasuk pariwisata,...

Kasus DBD Renggut 9 Nyawa di Ciamis hingga September 2024, Upaya Penanganan Terus Diperkuat

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Ciamis menunjukkan angka yang memprihatinkan. Hingga September 2024, tercatat sebanyak 1.220 kasus DBD dengan sembilan...
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut

Terpopuler

Lainnya