Jumat, Oktober 18, 2024

Linmas Panawangan Ciamis Dibekali Pelatihan Penanggulangan Kebakaran

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam upaya meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi kebakaran, Satpol PP Ciamis, melalui bidang pemadam kebakaran, memberikan pelatihan kepada anggota Linmas di Kecamatan Panawangan.

Kegiatan ini berlangsung di aula Kantor Kecamatan Panawangan pada Kamis (10/10/2024). Tujuannya memberikan pengetahuan dasar terkait pencegahan dan juga penanggulangan kebakaran.

Sosialisasi ini diikuti oleh anggota Linmas dari berbagai desa di Kecamatan Panawangan, serta perangkat desa.

Camat Panawangan, Kusdinar, menekankan pentingnya pelatihan semacam ini bagi masyarakat. Menurutnya, pelatihan penanggulangan kebakaran dapat membantu masyarakat lebih siap dan juga tanggap jika terjadi insiden kebakaran di lingkungan mereka.

“Kegiatan ini sangat dinanti oleh kami dan masyarakat. Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan anggota Linmas dan juga perangkat desa bisa memahami langkah-langkah yang perlu dilakukan jika terjadi kebakaran. Serta dapat menyebarluaskan pengetahuan ini kepada warga di lingkungannya masing-masing,” ujar Kusdinar.

Kasat Pol PP Kabupaten Ciamis, Uga Yugaswara, menjelaskan anggota Linmas diharapkan menjadi garda terdepan dalam membantu pemerintah menanggulangi kebakaran di desa. Selain itu, pelatihan ini memberikan keterampilan dasar untuk menghadapi kebakaran dengan cepat dan efektif.

“Linmas merupakan ujung tombak di desa dalam menghadapi kebakaran. Kami berharap para peserta yang mengikuti pelatihan ini dapat berbagi pengetahuan dengan masyarakat dan juga siap beraksi ketika kebakaran terjadi di wilayah mereka,” tegas Uga.

Melalui pelatihan ini, Satpol PP Kabupaten Ciamis berharap masyarakat dapat lebih siaga dan mampu menangani kebakaran dengan baik. Sekaligus mengurangi risiko kerugian yang diakibatkan oleh bencana tersebut. (Andra/CN/Djavatoday)

7 Armada Damkar Padamkan Pabrik yang Terbakar di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pabrik pengolahan kayu yang berada di Dusun Cibaregbeg, Desa Ciharalang, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis terbakar. Kejadian kebakaran tersebut terjadi pada Kamis (17/10/2024)...

Kebakaran Hutan di Desa Cimaragas Ciamis, Diduga Akibat Puntung Rokok

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kebakaran hutan dan lahan terjadi di Desa Cimaragas, Kecamatan Cimaragas, Kabupaten Ciamis pada Kamis (17/10/2024) sekitar pukul 11.00 WIB. Menurut laporan awal,...

Cagub Jabar Nomor Urut 2, Jeje Wiradinata Janjikan Revitalisasi Pasar Saat di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2, Jeje Wiradinata, melakukan kampanye di Kabupaten Ciamis pada Kamis (17/10/2024). Salah satu fokus kunjungan...

Simulasi Gempa Magnitudo 7,3 di Ciamis: Sekda Terjebak, Pegawai Luka-Luka

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Simulasi penanganan bencana gempa bumi besar digelar di Kabupaten Ciamis pada Kamis (17/10/2024) untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi potensi gempa megathrust. Simulasi tersebut...
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut

Terpopuler

Lainnya