Jumat, Oktober 18, 2024

Hari Besar Bulan Oktober Lengkap dengan Sejarahnya

Gak kerasa ya udah ganti bulan lagi aja. Nah, di bulan Oktober ini ada beberapa hari besar yang perlu kamu tahu. Biasanya di hari-hari besar akan ada libur, jadi berguna banget nih buat mengistirahatkan tubuh dan otakmu.

Selain manfaat libur tersebut, kamu juga hendaknya mempelajari tentang sejarah dari hari-hari tersebut. Dengan begitu maka kamu akan mengerti alasan dari penamaan hari besar tersebut. Berikut kami informasikan daftar hari besar bulan Oktober 2024 yang bisa kamu jadikan sebagai acuan untuk menyusun agenda liburmu. Yuk simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Hari Besar Bulan Oktober

Berikut daftar hari besar bulan Oktober yang perlu kamu ketahui.

Hari Kesaktian Pancasila

Untuk Hari besar Bulan Oktober yang pertama yaitu Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober. Hari Kesaktian Pancasila merupakan sebuah bentuk dari menghormati kejadian tragis pada 1 Oktober 1965 silam. Pada tanggal tersebut, diketahui enam jenderah dan sejumlah perwira militer ditahan dan dibunuh. Peristiwa ini merupakan salah satu akibat dari adanya Gerakan 30 September (G30S).

Hari Batik Nasional

Batik merupakan salah satu budaya Indonesia yang paling membanggakan. Bahkan hal ini diakui oleh seluruh dunia. Hari Batik Nasional diperingati setiap tanggal 2 Oktober berdasarkan ditetapkannya batik sebagai warisan takbenda milik Indonesia oleh UNESCO.

Hari Tentara Nasional Indonesia (TNI)

Kemudian, hari besar bulan Oktober yang berikutnya yaitu Hari Tentara Nasional Indonesia (TNI). Hari TNI diperingati setiap tanggal 5 Oktober. TNI memiliki sejarah yang cukup panjang yang bisa kamu pelajari.

Lahir dengan nama Badan Keamanan Rakyat (BKR) dan berganti nama menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR) pada 5 Oktober 1945. Kemudian nama ini diubah kembali atas dasar perbaikan susunan dengan nama Tentara Republik Indonesia (TRI). Lalu tepat pada 3 Juni 1947, presiden menetapkan Hari TNI bersamaan dengan berdirinya TNI secara resmi.

Hari Parlemen Indonesia

Pada tanggal 16 Oktober 1945, wakil presiden Moh Hatta mengeluarkan maklumat yang memutuskan mengubah Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) dari pembantu presiden menjadi setara dengan presiden.

Dengan adanya maklumat tersebut terjadilah penyusunan Undang-Undang dan penetapan Garis-Garis Besar Haluan Negara. Kejadian ini dianggap sebagai awal lahirnya parlemen di Indonesia.

Hari Santri Nasional

Tak hanya para pahlawan, santri juga memiliki peran dalam kemerdekaan Indonesia. Atas dasar itulah turun Keputusan Presiden (Keppres) nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri. Hari Santri Nasional diperingati setiap tanggal 22 Oktober.

Hari Sumpah Pemuda

Lalu hari besar bulan 10 yang terakhir yaitu Sumpah Pemuda. Menurut sejarah, ikrar yang dilantangkan oleh pemuda Indonesia dari berbagai suku, daerah, agama. Mereka menyatukan keyakinan bahwa mereka memiliki tumpah darah, bangsa, dan bahasa persatuan, yakni bahasa Indonesia. Peristiwa itu akhirnya dikenang sebagai Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober.

Itu dia hari besar dalam lingkup nasional. Semoga bisa menambah pengetahuan dan wawasanmu ya. (Ume/Djavatoday)

Tips Mengurangi Overthinking agar Hidupmu Tidak Terasa Berat

Tips mengurangi overthinking pada artikel kali ini akan membantumu menghilangkan hal yang sebenarnya gak perlu kamu pikirkan secara berlebihan. Rasa overthinking memang belakangan menjadi...

5 Keuntungan Menjadi Pengusaha, Mulai dari Cuan Hingga Bentuk Kepribadian Tangguh!

Keuntungan menjadi pengusaha gak hanya tentang cuan loh. Sebagaimana kita tahu bahwa pengusaha memang salah satu pekerjaan yang bisa mencapai omzet puluhan juta. Namun...

Tips Menjaga Kebersihan Kamar Mandi Agar Tak Bau dan Nyaman digunakan

Menjaga kebersihan kamar mandi mungkin terdengar berat dan merepotkan karena perlu tenaga ekstra untuk memerhatikan kondisi lantai, bak mandi, toilet, keran, bahkan dinding. Padahal,...

Cara Mengatasi Rasa Pedas dengan Efektif

Rasa pedas sering kali menjadi tantangan tersendiri, terutama bagi mereka yang tidak terbiasa dengan makanan bercita rasa pedas. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena...
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut

Terpopuler

Lainnya