Rabu, Oktober 23, 2024

Bisa Pakai Bubuk Kopi! Ini Dia Tips Menghilangkan Bau Apek pada Pakaian

Menghilangkan bau apek bisa dilakukan dengan ragam cara yang mudah dan efektif. Setiap orang pasti ingin tampil percaya diri dengan baju yang bersih, rapi, dan wangi. Namun terkadang, ada saja masalah yang datang dan membuat kesal. Salah satunya yaitu bau tak sedap pada pakaian. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini.

Bau apek adalah aroma khas akibat kelembapan yang dapat menyebabkan terbentuknya jamur dan lumut. Selain memicu bau tak sedap, bau apek juga dapat memengaruhi kualitas udara dan menimbulkan gejala alergi seperti bersin. Tak hanya pada pakaian, bau apek bisa berasal dari gudang, ruang cuci, dinding, serta makanan basi. Sementara itu, beberapa hal yang menyebabkan pakaian menjadi bau apek di antaranya adalah mesin cuci kotor, merendamnya terlalu lama, atau akibat bakteri pada tubuh yang menempel di pakaian. 

Menghilangkan Bau Apek pada Pakaian, Ini Tipsnya!

Gemas sama baju-baju yang mengeluarkan aroma tak sedap padahal sudah dicuci dengan benar? Kamu mungkin menaruhnya di tempat yang salah. Selain itu, selalu turun hujan juga menjadi faktor yang bisa menyebabkan bau apek pada pakaian. Berikut merupakan sederet tips yang bisa menjadi solusi untuk mengatasi pakaianmu yang berbau tak sedap!

Simpan bubuk kopi di lemari

Menghilangkan bau apek pada pakaian yang sudah kering bisa dilakukan dengan mudah hanya bermodalkan bubuk kopi. Jika kamu memiliki bubuk kopi di rumah, kamu bisa memanfaatkannya untuk menetralisir bau tak sedap. Kamu hanya perlu memasukkan bubuk kopi ke dalam plastik atau kertas, kemudian menaruhnya di dalam lemari penyimpanan baju dan biarkan semalaman.

Pakai air perasan lemon

Selain bubuk kopi, lemon turut menjadi alternatif dalam mengatasi permasalahan sehari-hari. Cara melakukannya juga cukup mudah. Cukup campurkan satu sendok detergen dengan segelas air perasan lemon ke dalam ember, kemudian rendam pakaian selama 20-30 menit. Cuci dan bilas pakaian seperti biasa.

Gunakan baking soda

Tak hanya berguna untuk kesehatan dan kecantikan, baking soda juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau apek pada pakaian. Hal ini dikarenakan baking soda memiliki sifat yang ampuh dalam menyerap bau. Cobalah dengan menaburkannya pada permukaan baju atau celana dan biarkan selama beberapa jam sebelum mencucinya.

Cuci menggunakan cuka

Konon, cuka cukup ampuh untuk mengatasi bau apek sekaligus menghapus noda. Cuka putih memiliki kemampuan untuk menghilangkan beragam bau pada pakaian. Kamu hanya perlu merendam pakaian ke dalam larutan cuka putih dan air hangat sebelum mencucinya.

Jemur kembali di area terbuka

Salah satu penyebab bau apek yang sama-sama kita ketahui adalah karena pakaian tidak kering dengan sempurna. Kamu bisa melakukan hal paling sederhana untuk mengatasinya. Yaitu kembali menjamurnya di area terbuka. Proses ini juga berguna untuk melenyapkan bakteri yang menempel di pakaian. 

Demikian tips menghilangkan bau apek pada pakaian dengan mudah dan efektif. Ingatlah untuk selalu menjaga kebersihan pakaian, tempat, badan, agar selalu wangi dan menenangkan hati. (Karin/Djavatoday)

5 Tanda Awal Menopause pada Wanita, Yuk Pelajari!

Tanda awal menopause menjadi hal yang perlu dipelajari setiap wanita. Umumnya menopause terjadi pada wanita yang sudah memasuki usia 45 tahun. Namun bisa juga...

Tips Merawat Kulit Wajah ala Artis Korea, Bikin Mulus dan Glowing!

Merawat kulit wajah memiliki beberapa tujuan penting, baik dari segi kesehatan maupun estetika, terutama untuk meningkatkan rasa percaya diri. Belakangan ini, hal-hal yang berkaitan...

Bisa Merusak Kesehatan Otak, Ini Dia 5 Aktivitas Sepele yang Bikin Kamu Jadi Telat Mikir!

Bisa merusak kesehatan otak, kebiasaan-kebiasaan sepele ini acapkali diabaikan, padahal risikonya cukup mengkhawatirkan. Satu di antaranya yaitu membuat otak menjadi lemot atau telat mikir....

Baik untuk Kesehatan Fisik dan Mental, Ini Dia 5 Manfaat Bangun Pagi!

Manfaat bangun pagi salah satunya adalah membuat tubuh menjadi lebih segar. Sayangnya, banyak orang yang hanya bangun pagi ketika memiliki jadwal atau tujuan tertentu...
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber

Terpopuler

Lainnya