Rabu, September 18, 2024

Curug Cilengkrang Bandung, Sajikan Sejuknya Hutan Pinus

Curug Cilengkrang Bandung merupakan sebuah objek wisata alam dengan sajian air terjun memesona di tengah hutan pinus yang sejuk. Dahulu objek wisata ini begitu viral dan menjadi tujuan liburan para wisatawan, terutama warga Bandung. Namun, kini tempatnya sudah tak lagi terkelola dengan baik, terbukti dengan banyaknya fasilitas yang mulai rusak tanpa adanya perbaikan. Meskipun begitu, objek wisata ini masih worth it untuk Anda kunjungi, sekadar healing dan menyegarkan pikiran saat akhir pekan.

Keindahan alam dan kesejukan curug ini masih terjaga, meskipun saat musim kemarau airnya akan surut. Menjelang musim hujan, curugnya akan memiliki debit air yang cukup deras, terutama curug yang berada di paling atas. Bagi Anda para petualang pasti akan senang ketika mengunjungi tempat ini. Bagaimana tidak, Anda akan menemukan sekitar 5 aliran air terjun dalam satu kawasan sekaligus, lho.

Sebelum berkunjung, sebaiknya Anda simak terlebih dahulu artikel ini hingga akhir. Kami akan memberikan informasi penting dan menarik serta terbaru seputar Curug Cilengkrang Bandung. Mulai dari kondisi alamnya, fasilitas, hingga harga tiket terbarunya. Yuk, simak selengkapnya dalam uraian berikut ini!

Baca juga: Amazing Art Games Bandung, Surganya Spot Foto 3D

Daya Tarik Curug Cilengkrang Bandung

Objek wisata ini cukup menarik perhatian karena menyuguhkan keindahan 5 air terjun dalam satu kawasan. Meskipun ketinggian curugnya tak lebih dari 10 meter, kesegaran air dan sungainya yang jernih akan memanjakanmu. Curug yang pertama akan Anda temui bernama Curug Batu Peti, kemudian selanjutnya ada Curug Papak. Terus berjalan, Anda akan menemukan Curug Batu Pengantin, sedangkan spot selanjutnya ada Curug Kacapi.

Di spot paling akhir dengan membutuhkan perjalanan lebih, Anda akan menemukan keindahan Curug Cilengkrang Bandung. Menurut warga sekitar, makin ke atas curugnya akan memiliki debit air yang lebih besar. Warna air yang jernih pun berpadu dengan hijaunya pepohonan yang menghiasi sekitar. Jatuhan airnya akan membentuk sebuah kolam alami yang berhiaskan bebatuan di berbagai titiknya.

Wisatawan bisa berenang di kolam ini selama aliran airnya aman. Anda juga bisa duduk bersantai sembari menikmati gemercik air yang mengalir di sungainya. Wisatawan juga biasanya menikmati kesejukan alam ini sembari masak-masak dan bersantap lezat. Bagi yang ingin berkemah, curug ini juga memiliki spot yang cocok untuk mendirikan tenda.

Keasrian Alam yang Terjaga

Curug Cilengkrang Bandung merupakan salah satu objek wisata alam yang masih sangat terjaga keasriannya. Tak heran jika udara bersih dengan hawa sejuk akan Anda rasakan selama menginjakkan kaki di kawasan ini. Rindangnya pepohonan dan eksotisnya pohon pinus juga menjadi saksi bahwa alamnya masih dalam keseimbangan yang lestari. Bahkan Anda bisa menemukan beberapa satwa khas hutan, seperti monyet dan lutung.

Oleh karena itu, wisatawan harap berhati-hati ketika membawa barang bawaan karena monyet-monyet tersebut terkadang merebutnya. Hindari menggunakan kacamata atau barang yang akan bersinar saat tersiram cahaya matahari. Hati-hati juga saat mengeluarkan makanan, ya!

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Objek wisata Curug Cilengkrang Bandung kini tidak memiliki tarif resmi mengenai harga tiket masuknya. Hal tersebut karena sudah tidak ada lagi petugas yang berjaga di gerbang masuk objek wisata ini. Wisatawan pun bisa menikmati keindahan objek wisata ini dengan gratis. Hal ini juga berlaku untuk biaya parkir selama tidak ada petugas yang berjaga.

Soal fasilitas, kini tempatnya sudah minim karena fasilitas yang dulunya ada telah rusak dan tidak mungkin Anda gunakan lagi. Beberapa yang masih tersisa adalah area parkir dan toilet. Maka dari itu, Sobat Djava harap menyiapkan perbekalan dan peralatan secara mandiri.

Alamat dan Jam Operasional Curug Cilengkrang Bandung

Objek wisata ini beralamat di kawasan Gunung Manglayang, Desa Cilengkrang, Kec. Cilengkrang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40615. Berjarak sekitar 15 kilometer dari pusat kota Bandung atau dapat Anda tempuh dalam waktu sekitar 30 menit. Dari area parkir, wisatawan harus berjalan menyusuri jalan setapak yang memasuki area hutan pinus. Trek menanjak dengan medan yang tidak mudah pun siap menanti Anda.

Meskipun melelahkan, keindahan dan kesejukan alamnya akan menjadi obat yang manjur. Jika tidak mengetahi rute trekking, Anda bisa meminta tolong warga sekitar untuk menjadi tour guide. Kunjungilah Curug Cilengkrang Bandung pada jam operasionalnya, yakni mulai pukul 07.00 sampai dengan 18.00 WIB setiap hari. (Rismawati/Djavatoday)

Wisatawan Serbu Bendungan Leuwikeris Ciamis saat Libur Maulid Nabi

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ribuan wisatawan menyerbu destinasi wisata dadakan Bendungan Leuwikeris di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Mereka memilih Bendungan Leuwikeris tujuan alternatif wisata menghabiskan...

Taman Rekreasi Sengkaling, Wisata Keluarga di Malang Raya

Taman Rekreasi Sengkaling merupakan sebuah objek wisata alam keluarga dengan berbagai fasilitas liburan yang kekinian. Objek wisata ini berlokasi di Kabupaten Malang, Jawa Timur...

Curug Kondang Bogor dengan Kolam Biru Memesona

Curug Kondang Bogor merupakan sebuah objek wisata alam dengan suguhan air terjun yang indah memanjakan mata. Air terjun ini mengalir dari ketinggian tebing dan...

The Lost World Park, Wisata Jogja yang Recommended

The Lost World Park merupakan sebuah objek wisata alam yang berpadu dengan konsep spot foto yang kekinian di Yogyakarta. Objek wisata ini menampilkan keindahan...
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber

Terpopuler

Lainnya