Selasa, September 17, 2024

5 Fakta Tentang MSG yang Sering Bikin Keliru

Fakta tentang MSG rupanya masih sering bikin orang keliru lo. Banyak orang beranggapan bahwa MSG adalah zat yang tidak baik bagi tubuh. Nah, melalui artikel ini kita akan membahas seputar fakta dan mitos MSG.

MSG adalah kependekan dari monosodium glutamat, atau lebih kita kenal dengan sebutan micin. MSG adalah bahan penyedap rasa yang populer di dunia, termasuk Indonesia. Belakangan ini banyak mitos mengatakan bahwa MSG dapat menyebabkan kebodohan. Nyatanya ini hanya mitos yang tidak terbukti loh.

Penyedap rasa ini dapat membuat masakan menjadi lebih enak dan nikmat. Tak hanya itu, mengkonsumsi MSG juga punya beberapa manfaat asalkan dikonsumsi dalam jumlah yang normal.

Fakta Tentang MSG

Berikut beberapa fakta tentang MSG yang perlu kamu tahu.

Punya banyak manfaat

Fakta tentang MSG yang pertama yang perlu kamu tahu adalah MSG memiliki berbagai manfaat bagi tubuh. Kandungan glutamat pada MSG bermanfaat dalam proses metabolisme tubuh. Glutamat dapat berperan sebagai asam amino yang dibutuhkan sel untuk membentuk protein di dalam tubuh.

MSG juga memiliki kandungan zat alami bergizi yang berperan dalam penyerapan nutrisi di dalam tubuh. Mengkonsumsi micin dalam jumlah wajar juga dapat meningkatkan fungsi otak dan otot.

Dapat menambah nafsu makan

Siapa sangka kalo MSG bisa meningkatkan nafsu makan? Sebagai penyedap rasa, MSG dapat membuat rasa makanan menjadi lebih nikmat, sehingga nafsu makan pun akan bertambah.

Tak hanya itu, penambahan MSG juga dapat membantu lansia untuk lebih menikmati makanan mereka. Seperti yang kita tahu bahwa usia lanjut memiliki penurunan indra perasa. Dengan menambahkan MSG pada masakan maka dapat membuatnya terasa lebih enak.

Jumlah aman konsumsi MSG

Fakta tentang MSG yang perlu menjadi perhatian adalah takarannya. Mengkonsumsi micin aman-aman saja asalkan tidak berlebihan. Lalu berapa sih batas aman mengkonsumsi micin.

WHO merekomendasikan batas aman mengkonsumsi MSG adalah 6 gram per hari. Sementara itu, menurut Menkes RI bata aman dalam mengkonsumsi MSG adalah 5 gram per hari. Orang Indonesia mengkonsumsi rata-rata sebanyak 0,65 gram MSG per hari atau masih berada di bawah batas maksimal yang direkomendasikan oleh WHO dan Menkes RI.

Lebih baik dari garam

MSG mengandung lebih sedikit natrium dibanding dengan garam dapur.  Natrium pada MSG hanya sebesar 12% sementara garam mengandung 40% natrium. Tak heran jika rumah sakit mengganti faram dengan MSG dalam mengolah makanan. Hal ini dapat membuktikan bahwa penyedap rasa lebih aman dikonsumsi oleh pasien penderita hipertensi.

Bisa menciptakan lima rasa sekaligus

Fakta tentang MSG yang terakhir yaitu dapat menciptakan lima rasa sekaligus. MSG bisa menciptakan rasa asam, manis, asin, dan pahit sekaligus. Kelima rasa ini menciptakan rasa gurih yang dapat menggugah selera.

Demikian fakta tentang MSG yang dikutip dari berbagai sumber. Jadi udah gak perlu takut lagi ya untuk nambahin MSG di masakanmu ya. (Ume/Djavatoday)

5 Jurusan Kuliah Bidang Kesehatan Selain Kedokteran yang Gak Kalah Berkualitas

Jurusan kuliah bidang kesehatan menjadi salah satu jurusan yang mempunyai prospek kerja yang cukup bagus. Pasalnya di tengah kemajuan globalisasi saat ini, secanggih apapun...

5 Tips Menghadapi Musim Hujan Agar Kesehatan Tetap Terjaga

Menghadapi musim hujan perlu dilakukan dengan menyiapkan beberapa hal. Tujuannya adalah untuk mengurangi risiko timbulnya penyakit yang rentan terjadi, seperti flu dan demam. Apabila...

Cara Memandikan Bayi dengan Benar, Orang Tua Wajib Tahu!

Cara memandikan bayi dengan benar harus diketahui oleh semua orang tua. Supaya kulit tetap bersih dan sehat, Moms harus teliti dalam memandikan sang buah...

Dampak Buruk Melewatkan Sarapan, Bikin Tubuh Kekurangan Nutrisi

Dampak buruk melewatkan sarapan dapat menimbulkan efek kontraproduktif pada metabolisme. Ada banyak kemungkinan yang bisa terjadi seandainya seseorang melewatkan sarapan. Sayangnya, tak sedikit orang...
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber

Terpopuler

Lainnya