Jumat, September 20, 2024

Pemkab Ciamis Terima Sarana dan Prasarana Logistik Pangan dari Bapanas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pj Bupati Ciamis, Engkus Sutisna menerima sarana dan prasarana logistik pangan dari Badan Pangan Nasional (Bapanas) sektor Peternakan.

Penerimaan tersebut dalam Acara Meriah Bapanas Awards pada Minggu (28/7/2024) di The sultan hotel dan residence Jakarta.

Pj Bupati Ciamis, H. Engkus Sutisna menerima secara simbolis dari Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), Arief Prasetyo Adi.

Sarana dan Prasarana Logistik Pangan ini merupakan pelaksanaan dari kegiatan Bapanas yaitu kegiatan Penguatan Sarana dan Prasarana Logistik Pangan. Kegiatan ini berupa penyediaan alat penyimpanan dingin.

Adapun alat yang diterima yaitu 1 unit Air Blast Freezer (ABF) dan 1 unit Reefer Container untuk komoditas daging ayam.

Mengingat seperti diketahui bersama Kabupaten Ciamis dikenal sebagai sentra perunggasan.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Ciamis, Giyatno mengatakan, alat ini merupakan barang milik negara yang dikerjasamakan dengan pelaku usaha pangan. Adapun penerima alat ini yaitu Perkumpulan Peternak Ayam Priangan (PPAP).

Sebelum Kabupaten Ciamis melalui asosiasi PPAP ditetapkan sebagai salah satu penerima yang terpilih dengan mendapatkan 2 unit sarana dan prasarana logistik pangan dari total 11 unit se-Indonesia.

Itu telah dilalui beberapa proses ataupun tahapan, baik kelengkapan persyaratan adminitrasi maupun beberapa tahap verifikasi ke lapangan.

“Sepanjang proses ini, asosiasi selalu dalam pendampingan oleh kami yakni Dinas Peternakan dan Perikanan. Sampai ditetapkan melalui SK Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilitas Pangan Badan Pangan Nasional nomor 10 tahun 2024 tanggal 02 Mei 2024,” katanya.

Dengan adanya penerimaan apresiasi tersebut, Giyatno berharap dengan melalui alat pendingin ini (sistem rantai dingin), dapat menjawab tantangan dalam pengendalian inflasi.

“Selain itu tentunya dapat membantu para pelaku usaha Ciamis (peternak lokal) sebagai sarana penyimpanan sementara pada saat over supply atau pada saat hasil produksi daging ayam tidak dapat diserap pasar,” pungkasnya. (Ayu/AA/Djavatoday.com)

World Cleanup Day, Pegawai DPUPRP Ciamis Bersihkan Sungai Cileueur

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pegawai Dinas PUPRP Ciamis ramai-ramai turun ke Sungai Cileueur yang ada di tengah perkotaan Ciamis, Kamis (19/9/2024) siang. Mereka bersihkan berbagai...

Sejoli Cekoki Bayi Hasil Hubungan di Luar Nikah dengan Obat Penggugur Kandungan hingga Tewas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sejoli, perempuan CSR (20) dan pria DM (21) diamankan Satreskrim Polres Ciamis. Sejoli ini diduga membunuh bayi dari hasil hubungan di...

Stabilisasi Pangan, Pj Bupati Ciamis Lakukan Gerakan Tanam Padi di Sindangkasih

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam rangka menjaga stabilitas pangan, Pj. Bupati Ciamis, Engkus Sutisna melakukan gerakan tanam padi bersama masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Tani...

Lama Nganggur, Pemuda Ciamis Ini Nekat Rampok Minimarket Bermodal Golok

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Seorang pemuda Ciamis berinisial GGS (26) warga Ciamis diamankan Satreskrim Polres Ciamis. Pria tersebut nekat merampok sebuah minimarket (alfamart) Linggasari...
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber

Terpopuler

Lainnya