Minggu, September 8, 2024

Tingkatkan Gemar Membaca, Dinas Perpustakaan Ciamis Gelar Lomba Story Telling Tingkat SD

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kabupaten Ciamis menggelar lomba story telling tingkat SD/MI. Lomba itu digelar di Aula STIKes Muhammadiyah, Kabupaten Ciamis, Kamis (30/5/2024).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ciamis Dadan Wiadi menjelaskan lomba bertutur atau story telling ini bertujuan untuk meningkatkan dan menumbuhkan budaya gemar membaca.

Melalui lomba ini, anak-anak dapat membangun karakter, meningkatkan kecerdasan, inovasi dan memiliki sifat kompetitif. Dari lomba ini diharapkan anak-anak juga memiliki kecintaan terhadap budaya daerah.

“Mengangkat dan juga mempopulerkan buku cerita daerah. Dari cerita itu banyak makna dan nilai yang menjadi penyemangat seperti nilai kepahlawanan dan juga kebudayaan bangsa,” jelasnya.

Lomba Story telling ini digelar untuk memeriahkan Hari Jadi Ciamis yang ke-382 tahun. Lomba tersebut diikuti oleh 27 peserta perwakilan dari masing-masing kecamatan.

Nantinya peserta terbaik dapat mewakili Ciamis mengikuti lomba ke tingkat Provinsi Jawa Barat,” kata Dadan.

Dadan menjelaskan, tantangan era ini adalah digitalisasi. Di mana anak-anak memilih berlama-lama bermain gadget daripada membaca buku fisik. Sekalipun gadget itu dipakai membaca, tentu ada perbedaan dampaknya. Untuk itu Dinas Perpustakaan Ciamis berupaya sekuat tenaga untuk meningkatkan gemar membaca buku.

“Tentunya dampak dari membaca buku melalui gadget dengan buku fisik akan berbeda. Jadi kami berupaya agar anak-anak gemar membaca buku,” jelasnya.

Sementara itu, Yuliasari Sutisna, Bunda Literasi Ciamis mengapresiasi lomba story telling itu. Ia pun berharap wadah seperti ini digencarkan guna memberikan wadah ekspresi bagi anak-anak dalam mengembangkan bakatnya.

“Jadi ada semangat untuk membaca dan menceritakan cerita-cerita rakyat,” katanya.

Yuliasari pun kagum dengan para peserta yang penuh percaya diri dengan penuh semangat menceritakan cerita rakyat saat lomba. (Ayu/CN/Djavatoday)

Pesona Keindahan Waduk Leuwikeris di Obyek Wisata Karang Hantu Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Setelah Bendungan Leuwikeris diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, Kabupaten Ciamis kini memiliki destinasi wisata baru. Pesona keindahan waduk Leuwikeris pun bisa...

Vokalis Band Repvblik Kecelakaan Tunggal saat Kendarai Moge di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ruri vokalis band Republik mengalami kecelakaan tunggal saat mengendarai motor gede (moge) di Jalan Nasional, tepatnya Dusun Kidul, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten...

Dedi Mulyadi Punya Program Bale Warga, Ini Fungsinya

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bakal calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi silaturahmi dengan sejumlah kepala desa di beberapa kecamatan di Kabupaten Ciamis. Silaturahmi itu dilaksanakan...

Kincir Air Jadi Andalan Warga Kertaharja Ciamis saat Kemarau Atasi Kekeringan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Petani di Desa Kertaharja, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, memanfaatkan kincir air dari aliran Sungai Cisepet yang dibuat secara gotong royong untuk...
Kunjungan Kepala Perpusnas
Kunjungan Kepala Perpusnas
Kunjungan Kepala Perpusnas
Kunjungan Kepala Perpusnas

Terpopuler

Lainnya