Jumat, Oktober 18, 2024

Mengenal Kata Hageuy Khas Warga Rancah Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Setiap daerah di Jawa Barat memiliki kosa kata Sunda atau logat yang khas dan unik. Begitu juga di Kabupaten Ciamis, tepatnya di Rancah, yang memiliki kata Hageuy. Kata itu hanya biasa diucapkan oleh warga Kecamatan Rancah dan sekitarnya.

Bahkan setiap orang yang mengungkapkan kata Hageuy dipastikan orang tersebut adalah warga Rancah.

Kata Hageuy mengandung beberapa arti. Biasanya untuk mengungkapkan persetujuan, kepastian atau membenarkan dari pertanyaan, seperti kata uhun atau atos. Dalam bahasa Indonesia bisa berarti iya dan sudah.

Contoh kalimatnya, “Tadi ka stadion teu nonton bola? Hageuy” (tadi ke stadion nonton bola gak? iya). Kalau bukan orang Rancah, pasti jawabannya bisa kata uhun atau enya.

Atau seperti “Dahar heula teu tadi? Hageuy” (Tadi makan dulu nggak? Sudah), itu hanya orang Rancah yang jawab. Tapi kalau warga Ciamis lainnya, biasanya menjawab atos atau engges.

Selain di Kecamatan Rancah, kata Hageuy juga ditemukan di kecamatan tetangga seperti Tambaksari dan Rajadesa. Mungkin bisa dari keturunan atau terpengaruh bahasa.

Yoyo, Kepala Desa Cisontrol, warga asli Rancah mengaku sejak kecil sudah mengenal kata Hageuy. Menurutnya Hageuy merupakan kata ungkapan yang mengisyaratkan persetujuan atau pembenaran.

“Saya sekarang usia 54 tahun, sewaktu kecil juga kata Hageuy sudah ada. Asal usulnya dari mana tidak tahu tapi memang semua warga Rancah sudah biasa mengungkapkannya bahkan sudah jadi ciri khas. Artinya itu membenarkan atau setuju,” ungkap Yoyo.

Sepengetahuan Yoyo, kata Hageuy memang hanya ada di Kecamatan Rancah dan Tambaksari yang merupakan pemekaran dari Rancah. (Ayu/CN/Djavatoday)

Kebakaran Hutan di Desa Cimaragas Ciamis, Diduga Akibat Puntung Rokok

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kebakaran hutan dan lahan terjadi di Desa Cimaragas, Kecamatan Cimaragas, Kabupaten Ciamis pada Kamis (17/10/2024) sekitar pukul 11.00 WIB. Menurut laporan awal,...

Cagub Jabar Nomor Urut 2, Jeje Wiradinata Janjikan Revitalisasi Pasar Saat di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2, Jeje Wiradinata, melakukan kampanye di Kabupaten Ciamis pada Kamis (17/10/2024). Salah satu fokus kunjungan...

Simulasi Gempa Magnitudo 7,3 di Ciamis: Sekda Terjebak, Pegawai Luka-Luka

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Simulasi penanganan bencana gempa bumi besar digelar di Kabupaten Ciamis pada Kamis (17/10/2024) untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi potensi gempa megathrust. Simulasi tersebut...

Program Ketahanan Pangan Desa Mulyasari Ciamis Berhasil Tingkatkan Ternak Domba

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Program Ketahanan Pangan dengan ternak domba yang dilaksanakan oleh Desa Mulyasari, Kecamatan Jatinagara, Kabupaten Ciamis, menunjukkan hasil yang signifikan. Desa ini memanfaatkan...
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut

Terpopuler

Lainnya