Jumat, September 27, 2024

Nazwa asal Ciamis, Peserta Terbaik West Java Youth Camp Hakordia Jabar 2023

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Nazwa Haifa Nurkamila (17) berhasil menjadi peserta terbaik pada helaan west java youth camp Hakordia 2023. Bertempat di Bumi Perkemahan Kiarapayung, Sumedang pada 11 – 12 November 2023. Nazwa yang lebih akrab dipanggil Upo ini berasal dari SMAN 2 Ciamis dan sedang menempuh pendidikan di kelas 12 IPA.

West Java Youth Camp Hakordia (Hari Anti Korupsi Sedunia) merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Inspektorat Daerah bersama masyarakat. Pada kegiatan kali ini bertema “Pemuda Berintegritas, Masa Depan Bebas Korupsi”. Kegiatan kali ini merupakan jawaban atas kebutuhan anak muda tentang pemahaman korupsi.

“West Java Youth Camp HAKORDIA 2023 adalah jawaban atas kebutuhan akan pemahaman, pemberdayaan, dan keterlibatan generasi muda dalam perjuangan melawan korupsi,” ujar Denny Agustira, PIC West Java Youth Camp.

Perhelatan yang digelar selama dua hari ini merupakan langkah konkret untuk menghasilkan perubahan positif di tingkat individu dan kolektif. Karena memiliki tujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang korupsi, memotivasi generasi muda untuk berperan aktif dalam perjuangan melawan korupsi.

“Kegiatan ini akan memberikan pemahamad mendalam tentang korupsi dan membangun jaringan pemuda yang kuat untuk mendukung upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi di masa depan,” ujar Denny.

Pada kesempatan kali ini nazwa merasa sangat senang dan bangga. Serta tidak menyangka akan menjadi peserta terbaik karena peserta yang lain pun sama aktif bertanya dan menjawab ketika kegiatan.

‘Awalnya gak expect bakal jadi peserta terbaik karena seluruh peserta youth camp pada aktif-aktif bertanya dan menjawab. Tapi setelah pengumuman ngerasa seneng banget bisa jadi peserta terbaik dari 100 peserta,’ ujar Nazwa

Nazwa juga selain menjadi peserta terbaik asal Ciamis merupakan 1 dari 100 peserta yang telah dikukuhkan menjadi Duta Integritas tahun 2023 oleh PJ Gubernur Jawa Barat, Bey machmudin. Tentu Nazwa pun tidak menyangka akan dilantik langsung oleh Bey Machmudin.

“Sangat senang sekali sekaligus gak nyangka karena pelantikan langsung oleh pak Pj Gubernur bersama Ibu kepala Inspektorat dan Kadis Pendidikan Jabar,” ujar Nazwa.

Harapan Nazwa, Gadis Ciamis untuk Anak Muda Jabar

Duta Integritas 2023 merupakan angkatan pertama di Jawa Barat. Memiliki tujuan untuk memperluas keterlibatan pelajar untuk secara aktif dalam sosialisasi nilai-nilai anti korupsi. Meningkatkan pemahaman termasuk dalam gerakan pencegahan korupsi. Dengan kata lain tujuan utamanya menjadi media sosialisasi pencegahan dan pemberantasan korupsi bagi masyarakat umum khususnya kalangan pelajar dan mahasiswa.

Setelah menjadi Duta Integritas, Nazwa yang asal Ciamis ini berharap anak muda di Jawa Barat lebih paham dan melek akan korupsi. Serta dengan menjadi Duta Integritas ini dapat menebarkan nilai intergritas terhadap anak muda.

“Semoga anak muda Jawa Barat lebih melek terhadap korupsi, karena kasus korupsi di Indonesia banyak terjadi. Serta dengan menjadi Duta Integritas semoga dapat menyebarkan nilai-nilai integritas.” Pungkas Nazwa. (Pas/Djavatoday)

Begini Penjelasan KPU Soal Kampanye Kotak Kosong di Pilbup Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pilbup Ciamis hanya diikuti oleh calon tunggal yakni pasangan Herdiat-Yana yang akan melawan kotak kosong. Kemudian apakah kotak kosong boleh dikampanyekan? Komisioner...

Pertama Kali Kompetisi Panahan Malam Hari di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Untuk pertama kalinya, kompetisi panahan dilaksanakan pada malam hari bertajuk Nock-Turnal League #1 2024. Event ini untuk memberikan nuansa baru bagi...

Jaga Ketahanan Pangan, Kodim 0613 Ciamis Laksanakan Panen Raya

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam rangka ketahanan pangan nasional tahun 2024, Kodim 0613 Ciamis melaksanakan panen raya di lahan pertanian kelompok Tani Karya Makmur Kecamatan...

Pj Bupati Ciamis Ajak Masyarakat Memerangi Rokok Ilegal

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pj Bupati Ciamis, Engkus Sutisna, membuka sosialisasi Peraturan Perundang-undangan Bidang Cukai di Kabupaten Ciamis, dengan fokus utama pada isu rokok ilegal. Kegiatan...
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut

Terpopuler

Lainnya