Jumat, Oktober 18, 2024

Sambut Hari Batik Nasional, Siswa SMPN 1 Ciamis Lomba Fashion Show

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam rangka menyambut Hari Batik Nasional, siswa SMPN 1 Ciamis menggelar sejumlah kegiatan bertema batik. Salah satunya lomba fashion show batik di lapang upacara sekolah, Senin (2/10/2023).

Selama ini SMPN 1 Ciamis menaruh perhatian besar terhadap batik. Bahkan sekolah tersebut memiliki ekstrakulikuler membatik.

Pada lomba fashion show batik tersebut, terlihat para siswa bergaya seperti seorang model di catwalk. Para siswa memakai busana batik beraneka corak. Kegiatan dalam rangka menyambut Hari Batik Nasional pun berlangsung dengan meriah.

“Lomba ini merupakan kegiatan OSIS dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional. Ada kegiatan perayaan busana, lomba desain motif batik dan juga ada fashion show dengan peserta para guru,” ucap Wawan, Kepala SMPN 1 Ciamis.

Wawan menuturkan tujuan kegiatan tersebut untuk menumbuhkan rasa cinta para siswa terhadap batik. Mengingat batik sudah menjadi warisan dunia yang berasal dari Indonesia. Tak hanya itu, Ciamis pun dulu memiliki batik yang khas bahkan sempat jaya pada tahun 60 an sampai 80 an.

Namun sekarang batik Ciamisan seakan mati suri. Hal ini membuat generasi muda tidak terlalu mengenal dengan corak atau motif batik Ciamisan.

“Ciamis jug punya batik yang khas. Kami berikan wawasan juga mengenaik batik Ciamisan agar bisa kembali bangkit. Semoga ke depan ada pihak investor yang bisa menghidupkan kembali Batik khas Ciamis,” jelasnya.

Wawan pun bersyukur siswa SMPN 1 Ciamis sudah tumbuh rasa cinta terhadap batik. Hal itu terlihat pada setiap dua hari dalam seminggu, para siswa lebih memilih mengenakan batik pada saat seragam bebas.

“Batik sekolah yang saat ini anak-anak pakai itu merupakan karya dari siswa dulu,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Kebakaran Hutan di Desa Cimaragas Ciamis, Diduga Akibat Puntung Rokok

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kebakaran hutan dan lahan terjadi di Desa Cimaragas, Kecamatan Cimaragas, Kabupaten Ciamis pada Kamis (17/10/2024) sekitar pukul 11.00 WIB. Menurut laporan awal,...

Cagub Jabar Nomor Urut 2, Jeje Wiradinata Janjikan Revitalisasi Pasar Saat di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2, Jeje Wiradinata, melakukan kampanye di Kabupaten Ciamis pada Kamis (17/10/2024). Salah satu fokus kunjungan...

Simulasi Gempa Magnitudo 7,3 di Ciamis: Sekda Terjebak, Pegawai Luka-Luka

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Simulasi penanganan bencana gempa bumi besar digelar di Kabupaten Ciamis pada Kamis (17/10/2024) untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi potensi gempa megathrust. Simulasi tersebut...

Program Ketahanan Pangan Desa Mulyasari Ciamis Berhasil Tingkatkan Ternak Domba

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Program Ketahanan Pangan dengan ternak domba yang dilaksanakan oleh Desa Mulyasari, Kecamatan Jatinagara, Kabupaten Ciamis, menunjukkan hasil yang signifikan. Desa ini memanfaatkan...
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut

Terpopuler

Lainnya