Jumat, September 27, 2024

Hujan Deras, 8 Rumah dan Jalan di Ciamis Terendam Banjir

Berita Ciamis (Djavatoday.com) – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Ciamis dan sekitarnya menyebabkan beberapa daerah diterjang banjir pada Jumat (7/7/2023).

Adapun daerah yang tergenang banjir itu berdasarkan informasi salah satunya di Dusun Karangsari, Kelurahan Maleber, Kecamatan Ciamis.

Kemudian, di Desa Petirhilir, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Ketua Tagana Ciamis, Ade Waluya mengatakan, untuk banjir di Dusun Karangsari, Kelurahan Maleber itu dampaknya sampai ke permukiman warga tergenang banjir.

“Iya ada 8 rumah warga yang tergenang banjir, 2 rumah dengan intensitas genangan cukup parah dan 6 rumah lagi ringan,” katanya.

Ade menjelaskan, penyebabnya karena hujan deras di Ciamis cukup lama pada hari Kamis sampai Jumat dini hari tadi.

“Selain itu juga karena ada sampah yang menyumbat aliran selokan, sehingga mengakibatkan air meluap dan membanjiri permukiman warga,” jelasnya.

Genangan air banjir tersebut tidak berselang lama, tadi pagi hari juga air sudah mulai surut lagi dan masyarakat langsung membersihkan kotoran sisa banjir.

“Penanganan tadi dilakukan secara mandiri oleh masyarakat setempat. Tadi pagi juga sudah surut, tidak ada korban jiwa,” ucapnya.

Sementara itu, kata Ade, untuk di Desa Petirhilir, Kecamatan Baregbeg itu adalah jalan raya yang tergenang air setinggi kurang lebih 40 cm dan berdampak juga pada permukiman warga.

Banjir di daerah tersebut juga sama karena hujan deras yang mengguyur wilayah Ciamis dan sekitarnya.

“Iya, itu merupakan banjir langganan di jalan raya penghubung Kecamatan Baregbeg dengan Sukadana,” katanya.

Ade menambahkan, untuk penyebabnya karena ada penyempitan serta pendangkalan sekitar jalan tersebut. Meski terendam air, namun akses lalu lintas masih biasa di lalui.

“Akses masih bisa, namun tetap kami harap para pengendara untuk berhati-hati saat melewati jalan tersebut,” pungkasnya. (Ayu/AA/Djavatoday.com)

Begini Penjelasan KPU Soal Kampanye Kotak Kosong di Pilbup Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pilbup Ciamis hanya diikuti oleh calon tunggal yakni pasangan Herdiat-Yana yang akan melawan kotak kosong. Kemudian apakah kotak kosong boleh dikampanyekan? Komisioner...

Pertama Kali Kompetisi Panahan Malam Hari di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Untuk pertama kalinya, kompetisi panahan dilaksanakan pada malam hari bertajuk Nock-Turnal League #1 2024. Event ini untuk memberikan nuansa baru bagi...

Jaga Ketahanan Pangan, Kodim 0613 Ciamis Laksanakan Panen Raya

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam rangka ketahanan pangan nasional tahun 2024, Kodim 0613 Ciamis melaksanakan panen raya di lahan pertanian kelompok Tani Karya Makmur Kecamatan...

Pj Bupati Ciamis Ajak Masyarakat Memerangi Rokok Ilegal

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pj Bupati Ciamis, Engkus Sutisna, membuka sosialisasi Peraturan Perundang-undangan Bidang Cukai di Kabupaten Ciamis, dengan fokus utama pada isu rokok ilegal. Kegiatan...
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut

Terpopuler

Lainnya