Kamis, September 26, 2024

Bupati Ciamis Harapkan Perayaan Idul Adha Jadi Anugerah dengan Keberkahan

Berita Ciamis (Djavatoday.com) – Bupati Ciamis Herdiat Sunarya bersama jajarannya melaksanakan shalat Idul Adha 1.444 Hijriah di Masjid Agung Ciamis, Kamis (29/06/2023).

Hari Raya Idul Adha 1.444 Hijriyah ini merupakan tahun terakhir kepemimpinan Herdiat Sunarya dan Yana D. Putra.

Mengingat masa jabatan mereka yakni 2019-2024 akan segera berakhir.

“Seiring berjalannya waktu, kita telah menjalani 4 tahun bersama membangun Tatar Galuh Kabupaten Ciamis,” ucapnya.

“Kami sampaikan permohonan maaf apabila saya dan Bapak Yana D Putra dalam menjalankan roda pemerintahan terdapat kekurangan dan kekhilafan,” tambahnya.

Herdiat mengajak seluruh masyarakat Ciamis, untuk jadikan momentum Idul Adha ini, sebagai edukasi untuk membangun kepribadian dan kepedulian sosial.

Sikap pasrah dan ikhlas yang tertanam pada Nabi Ibrahim Alaihissalam dan putranya Nabi Ismail Alaihissalam untuk berkurban dan berbakti kepada Allah SWT.

“Ibadah qurban merupakan wasilah cara atau jalan untuk mencapai ketakwaan kepada Allah SWT,” ucapnya.

“Sedangkan penyembelihan hewan kurban merupakan simbolis kita harus menundukkan dan menguasai serta mengendalikan segala sifat yang buruk,” tambahnya.

Herdiat melanjutkan, kemampuan dan keberanian mengendalikan hawa nafsu merupakan bagian dari cermin sikap pengorbanan.

“Kita berani bersikap mendahulukan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan. Hal ini bagian dari hikmah Idul Adha,” ujarnya.

“Dengan terjalinnya keharmonisan dan kokohnya Amaliah beragama dengan menghadirkan semangat berkurban akan membangun norma dan nilai yang luhur,” tuturnya.

Selain itu kata Herdiat, Ibadah qurban bersamaan dengan ibadah haji harapkan dapat menopang kesenjangan sosial hidup berdampingan dengan penuh ketenangan.

Sehingga tertanam kasih sayang dalam suatu ikatan kekeluargaan dan persaudaraan yang semakin erat sebagaimana tergambar dalam kesetaraan jemaah haji saat wukuf di Arafah.

“Kita berharap perayaan Idul Adha tahun ini menjadi anugerah yang dipenuhi dengan keberkahan bagi warga Ciamis,” pungkasnya. (Ayu/AA/Djavatoday.com)

Tarsum Suami Pemutilasi Istri di Ciamis Jalani Rehabilitasi, Dinsos: Kondisinya Baik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Tarsum, suami yang memutilasi istrinya di Kabupaten Ciamis, kini menjalani rehabilitasi Sentra Phala Martha Sukabumi. Dinas Sosial Ciamis kini melakukan penanganannya...

Mengenal Tradisi Jamasan Pusaka Peninggalan Bupati Galuh di Situs Jambansari Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Tradisi Jamasan atau membersihkan benda pusaka peninggalan Galuh RAA Kusumadiningrat kembali digelar di Situs Jambansari, Ciamis. Tradisi ini digelar secara turun...

Dispusip Ciamis Sebut Ada Peningkatan Kunjungan ke Perpustakaan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kabupaten Ciamis menyebut jumlah kunjungan ke perpustakaan tahun 2024 ada peningkatan. Dari mulai bulan Januari sampai September...

Cerita Penemuan Aneka Fosil di Tambaksari Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kawasan di Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis, banyak didatangi oleh para peneliti. Di wilayah Tambaksari, banyak ditemukan berbagai fosil fauna laut hingga...
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut

Terpopuler

Lainnya