Jumat, September 27, 2024

33 Sekolah di Ciamis Mendapatkan Predikat Sekolah Adiwiyata

Berita Ciamis (Djavatoday.com) – Sebanyak 33 sekolah di Kabupaten Ciamis pada tahun 2023 ini mendapatkan predikat sebagai Sekolah Adiwiyata.

Hal tersebut sebagaimana diungkapkan oleh Kepala Dinas PRKPLH Ciamis, Taufik Gumelar saat kegiatan penyerahan penghargaan sekolah Adiwiyata tingkat Kabupaten Ciamis.

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Kantor Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Ciamis, Kamis (15/6/2023).

Menurut Taufik, tahun ini ada peningkatan yang cukup drastis dari tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, untuk sekolah Adiwiyata pada tahun sebelumnya itu hanya 7 sampai 10 sekolah.

“Jadi kalau sekolah yang sudah punya predikat sekolah Adiwiyata pada tahun 2006 itu sudah ada sebanyak 155 sekolah,” katanya.

Namun, sambung dia, tahun 2023 ini ada kenaikan yang cukup drastis yakni sampai 33 sekolah yang mempunyai predikat Adiwiyata.

“Progam ini tentu sangat baik sekali dalam rangka merawat dan menjaga alam di Kabupaten Ciamis,” ucapnya.

Taufik menjelaskan, pihaknya tentu mendampingi sekolah-sekolah tersebut seperti dalam rangka membuat desain tentang bagaimana sekolah punya tempat yang asri.

Kemudian, lingkungannya yang baik dengan ditambah siswanya yang memiliki budaya yang bagus dalam rangka merawat lingkungan.

“Target kedepan untuk sekolah Adiwiyata ingin ada di setiap kecamatan, minimal di setiap kecamatan itu ada 5 sampai 10 sekolah,” jelasnya.

“Karena nantinya semakin banyak virus Adiwiyata itu maka semakin bagus,” tambahnya.

Taufik menambahkan, adanya sekolah adiwiyata ini bertujuan untuk mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab.

Dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata kelola sekolah yang baik.

“Kemudian nantinya dapat menciptakan kondisi lingkungan yang baik sebagai tempat pembelajaran,” pungkasnya. (Ayu/AA/Djavatoday.com)

Lansia Tewas Tersambar Kereta Api di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Seorang lansia yang diduga pikun, Madrasum (76) tewas tersambar kereta api, Jumat (27/9/2024) pagi. Warga Dusun Cibodas, Desa Cintaratu, Kecamatan Lakbok,...

Anggota Satlantas Polres Ciamis Bantu Dorong Mobil Warga yang Mogok di Tengah Jalan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Anggota Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Ciamis membantu mendorong mobil milik warga yang terhenti di tengah jalan karena mogok di Jalan...

Begini Penjelasan KPU Soal Kampanye Kotak Kosong di Pilbup Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pilbup Ciamis hanya diikuti oleh calon tunggal yakni pasangan Herdiat-Yana yang akan melawan kotak kosong. Kemudian apakah kotak kosong boleh dikampanyekan? Komisioner...

Pertama Kali Kompetisi Panahan Malam Hari di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Untuk pertama kalinya, kompetisi panahan dilaksanakan pada malam hari bertajuk Nock-Turnal League #1 2024. Event ini untuk memberikan nuansa baru bagi...
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut

Terpopuler

Lainnya