Kamis, September 26, 2024

Lepas Calhaj, Bupati Ciamis Berpesan Agar Fokus Ibadah di Tanah Suci

Berita Ciamis (Djavatoday.com) – Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya kembali melepas pemberangkatan calon jemaah haji (Calhaj) di Gedung KH. Irfan Hielmy Islamic Center, Kamis (15/6/2023).

Sebanyak 352 jemaah calon haji Kabupaten Ciamis yang tergabung dalam kloter 60 JKS berangkatkan menuju asrama haji embarkasi Bekasi.

Bersama dengan para calon jemaah haji yang tergabung dalam kloter 60 JKS tersebut turut serta Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra beserta isteri yang sama-sama berangkat.

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya berpesan kepada para jemaah untuk senantiasa fokus dalam melaksanakan ibadah dengan tidak melakukan hal-hal yang kurang bermanfaat.

“Sebaiknya bapak ibu nanti lebih membatasi kegiatan-kegiatan yang tidak perlu dan lebih fokus pada kegiatan-kegiatan ibadah haji berikut sunahnya,” katanya.

Menurutnya, ibadah haji ini merupakan ibadah yang memerlukan fisik yang kuat dan prima, pasalnya cuaca dan keadaan di tanah suci berbeda dengan di Ciamis yakni lebih panas.

“Cuacanya cukup panas, di Ciamis 29 derajat celcius juga sudah panas, tapi nanti disana kondisi saat ini lebih dari 40 derajat celcius,” tuturnya.

“Makanya bapak ibu saya titipkan harus makan minum teratur dan bergizi,” tambahnya.

Kemudian, Herdiat juga berpesan agar sesama jemaah haji dapat saling membantu ketika di tanah suci, mengingat para jemaah haji tahun ini didominasi oleh para lansia.

“Kepada jemaah yang masih muda saya berpesan untuk saling tolong menolong sesama jemaah, terutama kepada mereka para jemaah yang sudah sepuh,” pesannya.

Herdiat turut mendoakan agar para jemaah haji dapat melaksanakan ibadah dengan lancar dan dapat kembali lagi ke tanah air dengan selamat dan dengan jumlah yang utuh.

“Atas nama pemerintah kami turut mendoakan, mudah-mudahan para jemaah semua dapat menjadi haji yang mabrur, serta selamat sampai kembali lagi,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Ciamis, Usep Saepudin Muhtar mengatakan, kloter 60 JKS ini akan tiba di asrama haji embarkasi Bekasi rencananya pada pukul 17.05 WIB sore.

“Calon jemaah haji yang tergabung dalam kloter 60 JKS sebanyak 352 orang terdiri dari 165 laki-laki dan 187 perempuan,” pungkasnya. (Ayu/AA/Djavatoday.com)

Tarsum Suami Pemutilasi Istri di Ciamis Jalani Rehabilitasi, Dinsos: Kondisinya Baik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Tarsum, suami yang memutilasi istrinya di Kabupaten Ciamis, kini menjalani rehabilitasi Sentra Phala Martha Sukabumi. Dinas Sosial Ciamis kini melakukan penanganannya...

Mengenal Tradisi Jamasan Pusaka Peninggalan Bupati Galuh di Situs Jambansari Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Tradisi Jamasan atau membersihkan benda pusaka peninggalan Galuh RAA Kusumadiningrat kembali digelar di Situs Jambansari, Ciamis. Tradisi ini digelar secara turun...

Dispusip Ciamis Sebut Ada Peningkatan Kunjungan ke Perpustakaan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kabupaten Ciamis menyebut jumlah kunjungan ke perpustakaan tahun 2024 ada peningkatan. Dari mulai bulan Januari sampai September...

Cerita Penemuan Aneka Fosil di Tambaksari Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kawasan di Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis, banyak didatangi oleh para peneliti. Di wilayah Tambaksari, banyak ditemukan berbagai fosil fauna laut hingga...
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber

Terpopuler

Lainnya