Jumat, September 20, 2024

Disdukcapil Ciamis Laksanakan Jemput Bola, Rekam e-KTP sampai ke RSU

Berita Ciamis (Djavatoday.com) – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Ciamis melaksanakan jemput bola rekam e-KTP di rumah sakit umum (RSU) di Ciamis.

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya melakukan pelayanan terbaik kepada masyarakat Tatar Galuh Ciamis, meskipun sedang di rawat di rumah sakit.

Kali ini Dinas Dukcapil Ciamis melayani administrasi kependudukan rekam kartu tanda penduduk elektronik atau e-KTP kepada warga yang sedang di rawat.

Warga tersebut bernama Warno yang merupakan pasien dari Dusun Cibulakan, RT 02, RW 04, Desa Buana mekar, Kecamatan Panumbangan.

Warno saat ini sedang dirawat di Rumah Sakit Dadi Keluarga (RSDK) Ciamis. Karena belum mempunyai dokumen kependudukan untuk keperluan perawatan.

Maka dari itu, anak dari Warno meminta permohonan kepada Dinas Dukcapil Ciamis untuk melakukan pelayanan jemput bola.

Setelah mendapatkan laporan, kemudian tim dari Dinas Dukcapil Ciamis langsung mendatangi lokasi dan langsung melakukan perekaman e-KTP.

Pelayanan jemput bola tersebut menunjukkan bahwa mengurus administrasi kependudukan tidaklah sulit.

Hanya, membutuhkan koordinasi dan sinergitas yang cepat. Hanya saja jemput bola ini sangat urgent yang lakukan harus dengan cepat karena pasien sudah rawat.

Administratur Dapduk Dinas Dukcapil Ciamis, Aep Muplihudin mengatakan, sebetulnya pelayan administrasi kependudukan itu sangat mudah.

Hanya dengan koordinasi dan komunikasi saja yang benar. Akan tetapi, untuk pelayanan jemput bola ini untuk masyarakat yang berkebutuhan khusus salah satunya sedang sakit.

“Seperti hari ini kita melakukan perekaman e-KTP kepada warga yang sedang sakit dan kini sedang dirawat di RSDK Ciamis,” katanya, Selasa (9/5/2023).

Menurutnya, pelayanan jemput bola ini memiliki dukungan sarana rekam portable, maka dari itu warga yang kebutuhan khusus bisa datang langsung ke kantor untuk pengajuan.

Disdukcapil Ciamis Siap Layani Jemput Bola

“Kalau ingin pelayanan jemput bola bagi warga yang berkebutuhan khusus. Nanti bisa datang langsung ke kantor mengajukan permohonan untuk jemput bola,” tuturnya.

“Kami siap melayani apalagi ini warganya sedang sakit jadi tidak bisa pergi ke kantor, sudah pasti akan kami layani dengan baik,” tambahnya.

Aep menegaskan, untuk pelayanan jemput bola ini tidak hanya untuk warga yang sakit dan ke rumah sakit saja, tapi bisa juga ke rumah warganya langsung.

“Kami juga melaksanakan jemput bola ke rumah langsung, kalau ada permintaan kita langsung datang,” tegasnya.

Aep berharap dengan adanya pelayanan administrasi penduduk dengan jemput bola ini bisa membantu masyarakat dan memudahkannya.

“Mudah-mudahan saja ini bisa membantu masyarakat Tatar Galuh Ciamis untuk mendapatkan pelayanan Adminduk yang mudah,” harapnya.

Sementara itu, Alim Alfatiri anak dari Warno mengucapkan terimakasih kepada Dinas Dukcapil Ciamis yang memberikan pelayanan jemput bola.

“Terimakasih banyak atas pelayanan jemput bola dari Dinas Dukcapil Ciamis, ini sangat membantu sekali,” pungkasnya. (Ayu/AA/Djavatoday.com)

World Cleanup Day, Pegawai DPUPRP Ciamis Bersihkan Sungai Cileueur

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pegawai Dinas PUPRP Ciamis ramai-ramai turun ke Sungai Cileueur yang ada di tengah perkotaan Ciamis, Kamis (19/9/2024) siang. Mereka bersihkan berbagai...

Sejoli Cekoki Bayi Hasil Hubungan di Luar Nikah dengan Obat Penggugur Kandungan hingga Tewas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sejoli, perempuan CSR (20) dan pria DM (21) diamankan Satreskrim Polres Ciamis. Sejoli ini diduga membunuh bayi dari hasil hubungan di...

Stabilisasi Pangan, Pj Bupati Ciamis Lakukan Gerakan Tanam Padi di Sindangkasih

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam rangka menjaga stabilitas pangan, Pj. Bupati Ciamis, Engkus Sutisna melakukan gerakan tanam padi bersama masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Tani...

Lama Nganggur, Pemuda Ciamis Ini Nekat Rampok Minimarket Bermodal Golok

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Seorang pemuda Ciamis berinisial GGS (26) warga Ciamis diamankan Satreskrim Polres Ciamis. Pria tersebut nekat merampok sebuah minimarket (alfamart) Linggasari...
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber

Terpopuler

Lainnya