Jumat, Oktober 18, 2024

Gempa Bumi Garut 6,4 M Perparah Pergerakan Tanah di Pamarican Ciamis, 3 Rumah Retak

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Gempa bumi 6,4 Magnitudo mengguncang wilayah Kabupaten Garut pada Sabtu (3/12/2022) sore. Getaran gempa bumi ini terasa sampai Ciamis hingga memperparah pergerakan tanah yang terjadi di Dusun Cibenda, Desa Neglasari, Kecamatan Pamarican.

Personel Polsek Pamarican Polres Ciamis pun langsung bergerak melakukan monitoring. Tujuannya untuk mengetahui kondisi warga pasca gempa Garut.

“Hasilnya ada 3 rumah pada lokasi pergerakan tanah yang terdampak. Retakan rumah warga tersebut bertambah lebar,” ujar Kapolsek Pamarican Iptu Jajang Sahidin, Minggu (4/12/2022).

Guna memastikan kondisi warganya, Kapolsek Pamarican pun menugaskan anggota piket Polsek Pamarican Aipda Yayan Sopyan ke lokasi. Tiga rumah itu hanya mengalami retak dan tidak sampai roboh. Sebelumnya rumah warga Neglasari Pamarican tersebut sudah retak akibat pergerakan tanah yang terjadi beberapa pekan lalu.

Penghuni tiga rumah tersebut saat ini masih menempati rumahnya. Meski demikian, pihaknya pun mengimbau kepada pemilik rumah untuk tetap waspada. Mengingat bencana gempa tidak bisa memprediksi dan bisa terjadi kapan saja.

Apabila ada potensi rumah tersebut rawan ambruk, sebaiknya pemilik rumah mengungsi ke tempat aman. Hal tersebut sebagai bentuk antisipasi, sehingga bisa meminimalisir timbulnya korban.

“Kami mengimbau warga untuk tetap waspada terhadap potensi bencana alam. Saat hujan deras sebaiknya melakukan evakuasi ke tempat yang lebih aman. Sehingga bisa mengantisipasi timbulnya korban jiwa,” kata Iptu Jajang Sahidin. (Ayu/CN/Djavatoday)

Kebakaran Hutan di Desa Cimaragas Ciamis, Diduga Akibat Puntung Rokok

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kebakaran hutan dan lahan terjadi di Desa Cimaragas, Kecamatan Cimaragas, Kabupaten Ciamis pada Kamis (17/10/2024) sekitar pukul 11.00 WIB. Menurut laporan awal,...

Cagub Jabar Nomor Urut 2, Jeje Wiradinata Janjikan Revitalisasi Pasar Saat di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2, Jeje Wiradinata, melakukan kampanye di Kabupaten Ciamis pada Kamis (17/10/2024). Salah satu fokus kunjungan...

Simulasi Gempa Magnitudo 7,3 di Ciamis: Sekda Terjebak, Pegawai Luka-Luka

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Simulasi penanganan bencana gempa bumi besar digelar di Kabupaten Ciamis pada Kamis (17/10/2024) untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi potensi gempa megathrust. Simulasi tersebut...

Program Ketahanan Pangan Desa Mulyasari Ciamis Berhasil Tingkatkan Ternak Domba

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Program Ketahanan Pangan dengan ternak domba yang dilaksanakan oleh Desa Mulyasari, Kecamatan Jatinagara, Kabupaten Ciamis, menunjukkan hasil yang signifikan. Desa ini memanfaatkan...
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut

Terpopuler

Lainnya