Senin, September 23, 2024

Pemkab Ciamis Mulai Sosialisasi Perubahan Nama Galuh

Berita Ciamis (Djavatoday.com) – Sebagai bentuk keseriusan dalam perubahan nama Ciamis ke Galuh, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis mulai melakukan sosialisasi.

Sosialisasi perubahan nama Kabupaten Ciamis menjadi Kabupaten Galuh itu berlangsung di Aula Setda Ciamis, Jumat (14/10/2022).

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya mengatakan, perubahan nama Kabupaten Ciamis ke Kabupaten Galuh saat ini sudah mulai sosialisasikan kepada masyarakat.

“Pada zaman dulu, Galuh itu punya masa keemasan sebelum diganti menjadi Kabupaten Ciamis oleh Belanda,” katanya.

Menurutnya, dengan merubah nama Galuh menjadi Ciamis itu adalah salah satu strategi dari Belanda untuk memecah belah rakyat Galuh pada saat itu.

“Kita memang tidak ada target harus selesai tahun berapa, kapan pun tidak jadi masalah. Memang memerlukan anggaran tapi tidak terlalu besar,” tuturnya.

“Kalau pun nanti sudah ganti, memerlukan anggaran untuk pergantian papan nama. Prosesnya juga tidak harus sekaligus bisa 5-10 tahun,” tambahnya.

Sementara itu, Asisten Pemerintah II Setda Ciamis, Wasdi Ijudin mengatakan, Pemkab Ciamis menampung suara rakyat, emang ada yang pro dan kontra dalam pergantian nama ini.

Akan tetapi, kata dia, jangan sampai yang kontra itu keberatan dengan persoalan yang sebetulnya itu bukanlah masalah.

“Kami sudah melakukan kajian terhadap perubahan nama ini. Hasilnya dari sisi regulasi itu ada peluang dan bukanlah hal yang sulit,” katanya.

Wasdi yang juga merupakan ketua panitia perubahan nama ini menegaskan bahwa kegiatan sosialisasi bukanlah untuk mobilisasi.

Akan tetapi, lanjut dia, lebih kepada memberikan pemahaman kepada masyarakat sekaligus meluruskan sejarah.

“Kemudian lagi mengambil spirit Galuh agar lebih baik lagi,” pungkasnya. (Ayu/AA/Djavatoday.com)

Pemkab Ciamis Raih Prestasi, Sebagai TP2DD Terbaik Kedua Wilayah Jawa – Bali

Berita Nasional (Djavatoday.com),- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis kembali meraih prestasi, kali ini Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Kabupaten Ciamis ditetapkan sebagai terbaik...

Nomor Urut 2 saat Pengundian, Cabup Ciamis Herdiat: Simbol Dua Periode

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- KPU Ciamis menggelar rapat terbuka pengundian dan penetapan nomor urut untuk calon tunggal di Pilbup Ciamis, Senin (23/9/2024). Hasil pengundian, Paslon...

KPU Ciamis Tetapkan Nomor Urut Paslon Bupati dan Wakil Bupati Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- KPU Kabupaten Ciamis telah menetapkan nomor urut pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Ciamis untuk Pilkada tahun 2024. Penetapan tersebut dalam rapat...

Pasangan Herdiat-Yana Resmi Ditetapkan Calon Tunggal di Pilbup Ciamis 2024

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- KPU Ciamis menetapkan pasangan Herdiat Sunarya dan Yana D Putra sebagai calon tunggal Bupati dan wakil Bupati Ciamis untuk Pilbup Ciamis...
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber

Terpopuler

Lainnya