Senin, September 23, 2024

Tutup WCD 2022, DPRKPLH Ciamis Gelar Festival Bank Sampah

Berita Ciamis (Djavatoday.com) – Dalam Penutupan kegiatan World Cleanup Day (WCD) tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui DPRKPLH gelar Festival Bank Sampah.

Kegiatan tersebut berlangsung di Situs Jambansari Kabupaten Ciamis, Senin (26/9/2022).

Sedikitnya ada 20 stand pada festival tersebut yang memperlihatkan produk kerajinan dari olahan sampah dan juga makanan.

Stand-stand tersebut dari sejumlah bank sampah dan sekolah adiwiyata.

Kegiatan Festival Bank Sampah Ciamis itu juga sekaligus menutup World Cleanup Day (WCD) tahun 2022.

WCD tahun 2022 sendiri sudah berlangsung sejak tanggal 10 – 25 September.

Kegiatan WCD tahun 2022 sendiri telah dilaksanakan di seluruh Desa dan Kecamatan di Kabupaten Ciamis.

Dalam kegiatan tersebut juga ada peragaan busana dari sampah atau fashion show dari anak-anak sekolah adiwiyata dan juga bank sampah.

Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra mengatakan, dengan adanya bank sampah ini sebagai upaya meningkatkan perekonomian masyarakat Ciamis.

“Meningkatkan ekonominya yaitu melalui pengelolaan akan sampahnya dan juga maggot serta kreatifitas lainya yang meningkatkan daya beli masyarakat,” katanya.

Menurutnya, saat ini Kabupaten Ciamis sendiri sudah mempunyai 258 bank sampah yang tersebar di 27 Kecamatan di Kabupaten Ciamis.

“Terimakasih banyak kepada para pengelola bank sampah. Kalian semua adalah para pejuang,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala DPRKPLH Ciamis, Taufik Gumelar menambahkan, persoalan sampah ini ketika pengelolaannya itu benar sudah pasti mempunyai nilai terutama nilai ekonomi.

“Jadi dalam pengelolaan sampah ini bukan hanya sekedar untuk kebersihan saja, akan tetapi ada nilai ekonominya juga. Tentunya itu jadi tambahan penghasilan,” pungkasnya.(Ayu/AA/Djavatoday.com)

KPU Ciamis Tetapkan Nomor Urut Paslon Bupati dan Wakil Bupati Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- KPU Kabupaten Ciamis telah menetapkan nomor urut pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Ciamis untuk Pilkada tahun 2024. Penetapan tersebut dalam rapat...

Pasangan Herdiat-Yana Resmi Ditetapkan Calon Tunggal di Pilbup Ciamis 2024

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- KPU Ciamis menetapkan pasangan Herdiat Sunarya dan Yana D Putra sebagai calon tunggal Bupati dan wakil Bupati Ciamis untuk Pilbup Ciamis...

ANBK Sekolah dasar Ciamis Siap Dilaksanakan, Ini Jadwal Lengkapnya

Berita Ciamis (Djavatoday.com)- Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau ANBK Sekolah Dasar (SD) tahun 2024 di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, siap dilaksanakan. Untuk simulasi ANBK...

Liga 3 2024/2025, Herry Kiswanto Resmi Jadi Pelatih PSGC Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Herry Kiswanto resmi menjadi pelatih kepala PSGC Ciamis menggantikan Heri Rafni Kotari. Manajemen PSGC menunjuk Herry Kiswanto untuk mengarungi Liga 3...
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber

Terpopuler

Lainnya