Minggu, Mei 26, 2024

Wisata Umbulan Tanaka Waterfall, Spot Healing Bernuansa Jepang

Wisata Umbulan Tanaka Waterfall merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan air terjun bernuansa Jepang. Tak hanya air terjun, tempat ini juga menawarkan kolam-kolam dan sungai alami yang cocok menjadi tempat bermain air hingga berenang. Ragam fasilitas unik pun tersedia bagi wisatawan, terutama fasilitas yang berhubungan dengan kulinernya. Tempat ini begitu asri sehingga cocok menjadi spot untuk healing atau bersantai saat pikiran sudah mumet dengan pekerjaan.

Objek wisata yang cukup populer ini berlokasi di Kabupaten Malang, Jawa Timur dan beroperasi sejak tahun 2020. Meskipun terbilang baru, objek wisata ini telah memiliki banyak penggemar sehingga sering kali ramai pengunjung. Apalagi saat akhir pekan atau hari libur nasional tiba.

Bagi Anda yang juga penasaran dengan objek wisata ini, cari tahu terlebih dahulu informasinya wisata ini sebagai referensi. Salah satu caranya adalah dengan menyimak artikel ini hingga akhir. Kami akan memberikan ragam informasi penting dan menarik seputar Wisata Umbulan Tanaka Waterfall untuk Anda.

HTM dan Jam Operasional Wisata Umbulan Tanaka Waterfall

Informasi penting yang harus Anda ketahui tentang objek wisata ini adalah harga tiket masuk dan jam operasionalnya. Harga tiket masuknya sangat murah meriah, hanya Rp5.000 saja per orangnya. Kemudian terdapat biaya parkir kendaraan sebesar Rp2.000 per unit motor dan Rp5.000 per unit mobil. Siapkan dana lagi untuk biaya lainnya, seperti menyewa ban atau pelampung, kulineran, hingga lainnya.

Adapun jam operasional Wisata Umbulan Tanaka Waterfall adalah mulai pukul 07.00 sampai dengan 17.00 WIB setiap hari. Sebaiknya Anda datang sedari pagi agar kebagian tempat beristirahat atau gazebo. Jika tidak ingin terlalu ramai pengunjung, datanglah saat hari kerja, yakni antara Senin hingga Jumat. Harga tiket masuk dan jam operasional ini bisa saja berubah sesuai kebijakan pihak pengelola wisata, ya.

Fasilitas dan Alamat Lengkap

Sebagai objek wisata yang selalu ramai oleh pengunjung, objek wisata ini tentu menyediakan ragam fasilitas untuk menambah kenyamanan. Beberapa fasilitasnya adalah area parkir kendaraan, toilet dan musala yang bersih, kafe la outdoor yang unik, hingga warung-warung jajan. Tersedia juga gazebo, berbagai spot foto, hingga penyewaan ban pelampung.

Adapun alamat Wisata Umbulan Tanaka Waterfall adalah Arjomulyo, Bangelan, Kec. Wonosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65164. Berjarak sekitar 36 kilometer dari pusat kota Malang atau dapat Anda tempuh dalam waktu 1 jam perjalanan. Sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi karena akses transportasi umum masih sulit.

Jika Anda menggunakan mobil, terpaksa harus memarkirkan mobilnya di balai desa yang jaraknya masih sekitar 500 meter ke lokasi wisata. Hal tersebut karena jalannya yang terjal dan curam serta cukup sempit. Perjalanan bisa Anda lanjutkan dengan berjalan kaki atau menaiki ojek dengan tarif Rp5.000 sekali jalan. Jika Anda menggunakan motor, jangan khawatir karena Anda bisa parkir langsung ke lokasi wisatanya.

Daya Tarik Wisata Umbulan Tanaka Waterfall

Wisata Umbulan Tanaka Waterfall merupakan sebuah wisata aie yang bertema pedesaan ala Jepang. Areanya cukup luas dengan pemandangan persawahan, kolam, air terjun, sungai, hingga Gunung Kawi saat cuaca cerah. Nuansanya begitu damai dengan udara sejuk khas pegunungan maka air yang tersaji pun cenderung dingin dan segar. Menghirup udara segar sembari mendengarkan gemericik airnya yang tenang akan menjadi hal yang menarik.

Beberapa ornamen Jepang yang bisa Anda temukan adalah bangunannya, jembatan, hiasan bunga sakura, hingga tulisan kanji. Anda tentu bisa berburu spot foto sepuasnya karena tiap sudutnya cocok menjadi latar belakang yang ciamik. Kemudian, Anda dapat bermain air sepuasnya pada kolam-kolam alami yang tersedia atau sungainya. Kolam-kolam tersebut memiliki kedalaman yang berbeda dengan air yang sama jernihnya.

Kolam-kolam tersebut juga berisi ikan-ikan yang berwarna-warni, Anda dapat melihatnya dengan jelas karena airnya jernih. Air kolamnya berasal dari mata air alami berupa air terjun yang memiliki cukup banyak aliran. Ketinggian air terjun Wisata Umbulan Tanaka Waterfall pun bervariasi. Anda dapat menikmati keindahan air terjun dan segarnya air sembari bersantap di kafe atas sungainya yang unik. (Rismawati/Djavatoday)

Umbul Brintik Klaten, Bisa untuk Terapi Kesehatan

Umbul Brintik Klaten merupakan sebuah objek wisata alam berupa pemandian air yang sering menjadi tempat terapi kesehatan. Hal tersebut karena air yang terdapat di...

Curug Cipurut Purwakarta: Info HTM hingga Daya Tariknya

Curug Cipurut Purwakarta merupakan sebuah objek wisata berupa air terjun yang menyuguhkan keindahan alam memesona. Objek wisata ini juga menawarkan sensasi keasrian alam yang...

Wisata Rawa Pening Semarang: HTM, Fasilitas, Daya Tarik 2024

Wisata Rawa Pening Semarang merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan danau alami yang luas. Danau ini berada pada cekungan atau lembah yang...

Umbul Siblarak Klaten, Kolam Luas Berenang Puas!

Umbul Siblarak Klaten merupakan sebuah objek wisata alam berupa pemandian kolam renang yang airnya alami. Uniknya, bentuk kolam-kolamnya begitu luas sehingga mmebuat para wisatawan...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya