Rabu, Juni 19, 2024

Wisata Curug Cinulang: Info Jam Buka hingga Daya Tarik

Wisata Curug Cinulang merupakan sebuah objek wisata alam berupa air terjun yang populer dari Bandung Timur. Air terjun ini memang telah menjadi kebanggaan wisata di tatar Sunda, bahkan abadi dalam lagu sang legendaris lagu Sunda, yakni Darso. Keindahan curug ini menjadi daya tarik tersendiri yang membuat wisatawan berdatangan terutama saat akhir pekan.

Curug ini juga cocok bagi Anda yang tak mau berjalan kaki jauh untuk mencapai ke lokasi curugnya. Uniknya adalah curug ini tak hanya memiliki satu aliran, melainkan dua dengan debit air yang cukup deras. Pemandangan alam yang masih asri di sekitarnya pun turut menambah daya tarik objek wisata ini.

Nah, jika Sobat Djava tertarik untuk berkunjung ke Wisata Curug Cinulang, simaklah terlebih dahulu artikel ini. Kami akan memberikan informasi penting dan menarik mengenai tempat wisata ini sehingga bisa Anda jadikan sebagai referensi. Yuk, simak selengkapnya dalam uraian berikut ini!

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Wisata Curug Cinulang 

Demi bisa menikmati keindahan air terjun ini, Anda tak harus merogoh kocek yang dalam karena harga tiket masuknya masih terjangkau. Harganya adalah Rp10.000 per orang dengan besaran biaya parkir motor Rp5.000, sedangkan mobil Rp10.000. Siapkan juga dana untuk biaya keperluan lainnya, salah satunya adalah untuk membeli ragam makanan yang tersedia di warungnya.

Informasi lainnya yang penting untuk Anda ketahui tentang Wisata Curug Cinulang adalah jam operasionalnya. Sobat Djava bisa datang mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.00 WIB pada hari Senin hingga Jumat. Sementara itu, Anda bisa datang pada pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.00 WIB setiap Sabtu dan Minggu. 

Perlu Anda ingat bahwa harga tiket masuk dan jam buka ini bisa saja berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pihak pengelola. Untuk informasi lebih lanjut setiap saatnya, Anda bisa menghubungi nomor telepon 083112781707.

Fasilitas dan Alamat Lengkap

Objek Wisata Curug Cinulang masih belum terkelola secara profesional oleh pemerintah. Meskipun hanya oleh warga setempat, fasilitas yang tersedia telah cukup lengkap dan memadai. Tersedia area parkir kendaraan, kamar bilas dan toilet, musala untuk beribadah, serta warung-warung yang menjajakan ragam makanan. 

Tersedia juga spot foto berupa teras pandang, taman bunga mini, jembatan kayu, dan lainnya. Untuk sekadar istirahat pun tersedia beberapa gazebo atau saung yang letaknya dekat dengan curug. 

Untuk bisa menjangkau air terjun ini, Anda bisa mengarahkan kendaraan menuju Bandung Timur. Lebih tepatnya adalah Jl. Cicalengka Sindang Wangi No.km.07, Tanjungwangi, Kec. Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40395. Akses jalannya bagus sehingga bisa untuk kendaraan roda dua maupun roda empat. Dari tempat parkir, Anda hanya perlu berjalan kaki dengan jarak 100 meter saja dengan medan jalan yang mulus. 

Daya Tarik Wisata Curug Cinulang 

Wisata Curug Cinulang menyuguhkan keindahan air terjun kembar yang berdampingan dengan ketinggian sekitar 50 meter. Debit airnya cukup besar sehingga alirannya cukup deras dan menciptakan suara gemuruh yang menakjubkan. Air terjun ini jatuh dari ketinggian tebing yang hijau karena tertutupi oleh ragam tanaman dan vegetasi alam. Warna hijaunya yang memanjakan mata berpadu dengan warna airnya yang putih bersih.

Udara khas pegunungannya pun terasa sejuk dan menyegarkan sehingga cocok menjadi spot healing dan refreshing. Wisatawan biasanya menikmati air terjun ini dari teras curug yang merangkap sebagai spot foto. Jika arusnya aman, Anda bisa turun dan berdiri lebih dekat dengan titik air terjun. Namun, siap-siap untuk basah karena cipratan airnya cukup besar.

Jatuhan air curug ini akan membentuk kolam alami yang sayangnya tidak selalu bisa menjadi tempat berenang. Hal tersebut karena besarnya debit air yang khawatir membahayakan wisatawan, kecuali Anda datang saat musim kemarau di mana debit air mengecil. Meskipun begitu, Anda bisa bermain air pada area sungainya yang lebih tenang. Jangan lupa untuk berswafoto dengan latar belakang air terjun yang memesona.

Wisata Curug Cinulang ini biasanya warga kenal juga sebagai Curug Sindulang yang berasal dari nama tempat curug ini berada, yakni Desa Sindulang. Terdapat juga mitos unik mengenai curug ini, konon jika Anda datang sendirian akan mendatangkan jodoh. Sementara jika datang berdua bersama pasangan, hubungannya justru akan kandas. Namun, hal tersebut tetaplah mitos dan tak memengaruhi indahnya air terjun ini. (Rismawati/Djavatoday)

Curug Penganten Banyumas, Eksotis dengan Mitos Romantis!

Curug Penganten Banyumas bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk liburan saat menyambangi Provinsi Jawa tengah.

Situ Wanayasa Purwakarta, Spot Healing Paling Ikonik

Situ Wanayasa Purwakarta merupakan sebuah objek wisata alam yang ikonik dengan suguhan danau seluas 7 hektare.

Pantai Gatra Malang, Pesona Surgawi Bak Raja Ampat!

Pantai Gatra Malang merupakan sebuah objek wisata dengan pesona laut yang begitu indah bak Raja Ampat, Papua. Hal ini tercermin dari airnya lautnya yang...

Wisata Majalaya Waterpark: Daya Tarik, HTM, hingga Fasilitas

Wisata Majalaya Waterpark merupakan sebuah objek wisata dengan konsep permainan atau wahana air kekinian yang seru.
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya