Minggu, Oktober 17, 2021

Tips Packing untuk Liburan yang Rapi, Efisien, dan Anti Ribet

Tips packing untuk liburan merupakan berbagai tips atau petunjuk untuk kamu yang akan pergi berlibur. Kenapa, sih, harus packing? Kamu tentunya ingin merasakan liburan yang fresh, efisien, anti ribet, dan no worst, kan? Nah, agar semua itu terwujud, sebaiknya kamu melakukan packing serapi dan seefisien mungkin.

Packing atau menata barang dan pakaian sekilas terlihat mudah. Namun bagi sebagian orang, aktivitas tersebut bisa membuatnya bingung dan tak tahu harus mulai dari mana. So, buat kamu yang bingung bagaimana packing yang rapi dan efisien untuk liburanmu, simak artikel ini selengkapnya, ya!

Tips Packing untuk Liburan

Baca juga:

Liburan memang menjadi vitamin tersendiri, terutama untuk menghilangkan stress. Namun, jangan sampai semua barang kamu bawa sehingga membuat libiranmu malah berantakan. Yuk, simak tips packing untuk liburan berikut ini.

Pilih Barang Sesuai Skala Prioritas

Agar liburanmu tidak ‘kerempongan’ dengan membawa barang ini itu bahkan yang tidak penting, buatlah skala prioritasnya. Pikirkan barang yang paling penting untuk dibawa dan tulis pada kertas agar lebih terencana. Bawa barang yang sifatnya lebih prioritas atau primer dan barang lain yang sekiranya perlu. 

Daftar list barang skala prioritas ini akan berguna juga saat liburan usai. Kamu bisa memastikan tak ada barang yang tertinggal karena memiliki daftar barangnya. Tips packing untuk liburan yang satu ini memang yang utama.

Pilih Pakaian yang Multifungsi

Pakaian yang multifungsi contohnya kemeja flanel yang bisa baju atasan juga outer. Kamu juga bisa memilih sweater rajut sebagai atasan yang juga bisa pakai sebagai outer. Contoh lain adalah memilih pakaian dengan warna yang netral atau senada. Ini bertujuan agar pakaian bisa match memadukannya tanpa membawa banyak pakaian. 

Jangan Membawa Barang Berat

Tips Packing yang berikutnya adalah dengan tidak membawa barang yang berat. Hal tersebut karena dikhawatirkan akan membuatmu kelelahan membawanya. Liburan yang awalnya bertujuan menghilangkan stress malah membuat kerepotan. Contohnya, jangan membawa sepatu atau jaket tebal lebih dari satu, cukup bawa yang dipakai saat pergi berlibur saja.

Pilih Tas Sesuai Kebutuhan

Umumnya, tas yang dipilih untuk liburan adalah koper. Terutama bagi kamu yang liburan hanya pada satu destinasi wisata saja. Namun, jika kamu berencana berpetualang mengunjungi banyak wisata, ransel juga merupakan pilihan tepat. Apalagi untuk kamu yang akan liburan di alam lepas, tas ransel lebih cocok untuk digunakan karena mudah dibawa berpindah-pindah.

Efisiensikan Ruang dalam Tas

Tips packing untuk liburan yang selanjutnya adalah mengisi ruang pada tas baik itu ransel atau koper dengan seefisien mungkin. Kamu tentu tidak ingin menenteng 2 atau 3 koper apalagi dengan ukuran besar, bukan? Nah, sebaiknya kamu efisiensikan satu koper saja agar muat dengan semua barang.

Namun, jangan dipaksakan dimasukkan, ya. Lipat pakaian dengan rapi dengan lipatan gulung. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa menonton tutorial melipat pakaian untuk packing di YouTube. Di ruang-ruang kecil pada koper atau ransel, isilah dengan barang-barang kecil seperti peralatan mandi atau alat make up. 

Penataan Berdasarkan Barang Terpenting

Tips packing untuk liburan yang tak kalah penting adalah menempatkan barang yang penting dibagian paling atas. Ini bertujuan agar kamu tidak harus membongkar tas demi menemukan barang tersebut.

Pastikan Barang Aman

Jangan lupa untuk selalu memastikan barang yang kamu bawa aman. Contohnya, jika kamu membawa shampo atau make up cair dan rawan tutupnya terbuka. Kamu bisa mengakalinya dengan membungkusnya menggunakan plastik. Jadi, jika bocor pun itu tidak akan mengotori pakaianmu.

Kemudian, tempatkan charger gadget di saku tas agar tidak tergulung dengan bend lainnya sehingga kabel tidak rawan putus. Hal ini juga berlaku untuk earphone. Selain itu, sebaiknya kamu tempatkan barang-barang penting seperti gadget dan dompet di satu tempat. Bawalah keperluan kesehatan seperti obat-obatan, masker, hand sanitizer, dan lainnya.

Itulah beberapa tips packing untuk liburan yang rapi, efisien, dan anti ribet. Bawalah barang sesimpel mungkin. Jangan lupa membawa perlengkapan protokol kesehatan, ya!

(Rismawati/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU