Senin, April 15, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Sumber Pitu Tumpang Malang: HTM hingga Fasilitas

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Sumber Pitu Tumpang Malang merupakan sebuah objek wisata alam dengan suguhan panorama air terjun yang sekaligus menjadi mata air. Objek wisata ini masih memiliki alam yang terjaga keasrian dan kealamiannya sehingga menjadi daya tarik tersendiri. Lokasinya pun cukup tersembunyi di dalam hutan, membuatnya seperti surga yang tersembunyi. Meskipun membutuhkan perjuangan untuk sampai ke lokasinya, keindahan air terjunnya akan membuat perjuanganmu tak sia-sia.

Malang memang memiliki banyak pariwisata, baik yang berkonsep alam maupun wisata yang kekinian. Beberapa objek wisata populer pun ada di kabupaten ini, seperti Taman Selecta, Pantai Modangan, Coban Tarzan, Sumber Maron, hingga Telaga Madiredo. Potensi alamnya yang beragam dan memiliki pesona yang memikat membuat kabupaten ini selalu ramai menjadi tujuan para wisatawan dari berbagai daerah untuk liburan. Kuliner khas Malang yang terkenal memiliki harga yang murah meriah juga menjadi salah satu alasannya.

Nah, bagi Sobat Djava yang sedang berada di Malang dan ingin berpetualang mencari udara segar khas alam yang asri, kunjungilah wisata yang satu ini. Namanya adalah Sumber Pitu Tumpang Malang atau orang-orang juga biasa menyebutnya dengan sebutan Coban Sumber Pitu. Bagaimana keindahan dan informasi menarik seputar objek wisata alam ini? Yuk, simak selengkapnya dalam uraian berikut ini, Sobat Djava!

Harga Tiket Masuk Sumber Pitu Tumpang Malang

Informasi pertama yang harus Anda ketahui tentang objek wisata ini adalah harga tiket masuknya yang tergolong terjangkau. Hanya dengan Rp5.000 saja per orangnya, Anda bisa menikmati indahnya alam sepuasnya, bahkan menikmati dua spot air terjun. Terdapat tambahan biaya untuk parkir kendaraan sebesar Rp5.000 per unit motor atau Rp10.000 untuk setiap unit mobil. Siapkan juga uang  untuk kebutuhan lainnya seperti makan atau membeli oleh-oleh, ya!

Adapun jam operasional wisata Sumber Pitu Tumpang Malang adalah mulai dari pagi hingga pagi lagi, alias 24 jam setiap hari. Anda bisa datang kapan saja, tetapi sebaiknya Anda datang saat hari masih terang karena perjalanannya menyusuri hutan. Berkunjung saat musim kemarau atau setelah musim hujan juga sangat kami rekomendasikan agar medan jalan tidak licin. Harga tiket masuk dan jam operasional ini bisa berubah kapan saja sesuai kebijakan pihak pengelola wisata.

Alamat dan Akses Jalan

Informasi lainnya yang tak kalah penting adalah tentang alamat lengkap wisata ini. Anda bisa mengarahkan kendaraan menuju alamat Krajan, Duwet Krajan, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65156. Lokasinya berjarak sekitar 26 kilometer dari pusat kota atau dapat Anda tempuh dalam waktu sekitar 1 jam perjalanan. Setelah tiba di area parkir, Anda harus menyiapkan fisik yang kuat karena Anda harus berjalan kaki lagi sejauh 2 kilometer.

Anda akan melewati jalan setapak memasuki area hutan yang masih asri dengan pepohonan hijau di berbagai sisi. Sembari menghirup udara bersih, Anda akan melewati jembatan bambu, jalan yang menanjak dan menurun, serta kebun warga. Ada kebun apel hingga kebun sayuran yang bisa Anda petik atas izin warga. Anda juga dapat membelinya sebagai oleh-oleh.

Sebelum sampai di Sumber Pitu Tumpang Malang, Anda akan terlebih dahulu menjumpai air terjun bernama Coban Tunggal dengan tinggi 40 meter. Alirannya begitu deras dengan bentuk aliran yang begitu vertikal dari atas tebing. Coban ini begitu indah dengan tebing gagah yang berselimutkan tumbuhan rambat. Anda bisa berfoto sejenak di depan air terjun ini.

Keindahan Sumber Pitu Tumpang Malang

Sekitar 150 meter dari Coban Tunggal, barulah Anda akan menemukan Air Terjun Pitu dengan lebih dari tujuh aliran yang bersumber dari mata air alami. Air terjun ini memang tak setinggi Coban Tunggal, tetapi pesonanya tak kalah saing. Sekilas, air terjunnya mirip seperti tirai putih yang indah karena alirannya melebar dari celah tebing. Aliran airnya akan membentuk kolam yang memiliki kedalaman sekitar 1 hingga 2 meter.

Warna airnya begitu jernih sehingga Anda bisa melihat dasar kolam dengan jelas. Wisatawan biasanya tak tahan untuk tidak berenang atau sekadar bermain air untuk merasakan kesegaran airnya yang bahkan cenderung dingin. Air terjun ini konon tak pernah surut meskipun musim kemarau tiba, lho. pemandangan tumbuhan rambat yang menghiasi tebing tempat air terjun ini berada menjadikannya sangat ciamik.

Fasilitas

Sumber Pitu Tumpang Malang telah menyediakan ragam fasilitas meskipun belum begitu lengkap. Seperti area parkir, toilet, musala, dan warung sederhana. Tersedia juga ojek motor jika Anda merasa lelah untuk berjalan kaki. (Rismawati/Djavatoday)

Curug Cina Subang, Tempat Ngadem yang Photogenic

Curug Cina Subang merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan air terjun yang memesona. Air terjun ini menawarkan udara sejuk dengan suasana tenang...

Camping Ground Ngampay: Price List, Fasilitas, hingga Daya Tarik

Camping Ground Ngampay merupakan sebuah spot berkemah terbaru yang berlokasi di tengah keindahan alam Rancabali, Ciwidey. Tempat ini menawarkan sensasi bermalam di tengah sejuknya...

Umbul Ponggok Klaten: HTM, Fasilitas, dan Daya Tarik

Umbul Ponggok Klaten merupakan sebuah objek wisata alam sekaligus pemandian yang cukup populer. Pemandian ini begitu alami, bahkan dasarnya masih berupa pasir dan menjadi...

Nuansa Alam Cakra Buana, Wisata Lengkap untuk Libur Lebaran

Nuansa Alam Cakra Buana merupakan sebuah objek wisata yang memiliki fasilitas lengkap untuk berlibur keluarga saat lebaran. Objek wisata ini memiliki fasilitas kolam renang...

Terpopuler

Lainnya