Selasa, Juni 18, 2024

Situ Cisanti Bandung: HTM, Fasilitas, dan Daya Tarik

Situ Cisanti Bandung merupakan suatu objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan danau dengan kejernihan air yang menyegarkan mata. Objek wisata ini merupakan titik nol kilometer dari Sungai Citarum yang sudah tak asing lagi bagi warga sekitar Bandung. Danau ini juga menjadi titik penampungan dari tujuh mata air sekaligus, yakni Citarum, Pangsiraman, Cikahuripan, Cisadana, Cihaliwung, Cikawadukan, dan Cikoleberes. Dengan pemandangan alam berupa pegunungan dan pepohonan hijau, Anda bisa menyaksikan pesona alam yang terasa begitu magis.

Objek wisata ini berada dekat dengan Pengalengan, sebuah kawasan wisata yang telah tersohor dengan keindahan alamnya yang hijau. Bandung memang tak hentinya menawarkan keindahan alam yang rasanya menjadi kebutuhan bagi setiap orang. Apalagi bagi mereka yang bosan dengan rutinitas sehari-hari atau bosan dengan pemandangan perkotaan yang sesak.

Maka berlibur ke alam menjadi salah satu solusinya, seperti halnya dengan mengunjungi Situ Cisanti Bandung. Agar mendapatkan informasi yang lebih lengkap tentang wisata ini sebagai referensi, simaklah artikel ini selengkapnya. Yuk, simak dalam uraian berikut ini, Sobat Djava!

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Situ Cisanti Bandung 

Untuk bisa healing atau sekadar bersantai di objek wisata ini, Anda tidak perlu merogoh kocek yang dalam. Cukup membayar Rp15.000 per orang dan tambahan biaya parkir senilai Rp3.000 per motor dan Rp5.000 per unit mobil. Anda bisa menyiapkan dana lagi untuk keperluan lainnya, seperti naik perahu atau menjajal ragam kuliner khas Sunda yang kaya rasa. 

Adapun jam operasional objek wisata Situ Cisanti Bandung adalah 24 jam setiap hari sehingga Anda bisa datang kapan saja. Akan tetapi, kami sarankan Anda untuk datang saat pagi dan sore hari dengan kondisi cuaca yang cerah agar pemandangan terlihat jelas. Namun jika Anda datang saat mendung pun tak akan sia-sia karena nuansanya justru akan lebih magis dengan kabut yang menyelimuti. Harga tiket masuk dan jam operasional ini bisa saja berubah sewaktu-waktu.

Fasilitas dan Alamat Lengkap

Seperti halnya objek wisata lain, tempat ini pun memiliki beberapa fasilitas yang bisa wisatawan gunakan. Seperti area parkir kendaraan, toilet, musala, saung atau gazebo untuk beristirahat, hingga spot foto yang kece. Tersedia juga banyak warung dan kios yang menjajakan hidangan lezat serta oleh-oleh khas Bandung.

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke Situ Cisanti Bandung, arahkanlah kendaraan ke Kabupaten Bandung. Lebih tepatnya ke Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Akses jalan menuju lokasinya cukup baik dan bisa untuk kendaraan roda dua maupun empat.

Daya Tarik Situ Cisanti Bandung 

Objek wisata ini menyuguhkan keindahan danau dengan luas sekitar 5 hektare di atas lahan seluas 7 hektare. Airnya pun terbentang luas dengan jernih sehingga mampu memantulkan pemandangan di sekitarnya bak cermin raksasa. Kedalaman danau ini hanya berkisar 4 hingga 5 meter saja dan dikelilingi pohon-pohon hijau yang memanjakan mata. Tal heran jika hawa sejuk dan nuansa pegunungan akan Anda rasakan saat menginjakkan kaki di tempat ini.

Situ Cisanti Bandung juga berada di antara pegunungan tatar Sunda, seperti Gunung Wayang, Gunung Malabar, Gunung Rakutak, dan Gunung Bedil. Wisatawan biasanya duduk dan bersantai di dek yang berada di atas danau untuk memandangi keindahan alamnya. Jika beruntung, Anda bisa mendapatkan pemandangan kabut yang menggantung di atas danau. Membuat nuansanya lebih magis dan syahdu.

Konon, danau ini merupakan tempat mandi Prabu Siliwangi sehingga danau ini cukup sakral. Untuk bisa menjajal danau ini lebih dekat, Anda bisa menaiki perahu yang biasanya terapung di tepian. Jangan lupa untuk berburu spot foto yang ciamik, ya! Setelah itu, cobalah untuk menyantap kuliner khas Sunda di warung-warung yang tersedia.

Nah, itulah beberapa informasi tentang Situ Cisanti Bandung yang bisa menjadi alternatif pilihan liburan. Suguhan alamnya yang sejuk dengan panorama yang epik akan menciptakan pengalaman healing yang tak terlupakan. Jangan lupa untuk membawa kamera terbaikmu agar bisa mengabadikan momen liburan dengan baik. Selamat berlibur, Sobat Djava! (Rismawati/Djavatoday)

Curug Penganten Banyumas, Eksotis dengan Mitos Romantis!

Curug Penganten Banyumas bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk liburan saat menyambangi Provinsi Jawa tengah.

Situ Wanayasa Purwakarta, Spot Healing Paling Ikonik

Situ Wanayasa Purwakarta merupakan sebuah objek wisata alam yang ikonik dengan suguhan danau seluas 7 hektare.

Pantai Gatra Malang, Pesona Surgawi Bak Raja Ampat!

Pantai Gatra Malang merupakan sebuah objek wisata dengan pesona laut yang begitu indah bak Raja Ampat, Papua. Hal ini tercermin dari airnya lautnya yang...

Wisata Majalaya Waterpark: Daya Tarik, HTM, hingga Fasilitas

Wisata Majalaya Waterpark merupakan sebuah objek wisata dengan konsep permainan atau wahana air kekinian yang seru.
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya