Selasa, Oktober 26, 2021

Nuansa Riung Gunung Pangalengan, Wisata Instagenik yang Asyik

Nuansa Riung Gunung Pangalengan merupakan salah satu objek wisata alam di daerah Bandung, Jawa Barat. Pangalengan memang menjadi juaranya jika menyangkut tentang wisata alam. Termasuk objek wisata ini yang menyuguhkan panorama hijaunya kebun teh di atas ketinggian. Anda juga akan menemukan sky walk, tempat terfavorit bagi wisatawan untuk berfoto.

Wisata ini cocok sebagai momentum untuk liburan sambil mencari ketenangan dan kesejukan. Ingin mengetahui informasi mengenai harga tiket masuk, fasilitas, aktivitas, dan bagaimana pesona kebun teh ini? Yuk, simak artikel ini selengkapnya!

Tentang Nuansa Riung Gunung Pangalengan

Baca juga:

Sebelum mengetahui bagaimana pesona Nuansa Riung Gunung Pangalengan, yuk kenali asal usul penamaannya. Dinamakan “Nuansa Riung Gunung” karena lokasi objek wisata ini berada di Kampung Riung Gunung. Selain itu, wisata kebun teh ini juga memang dikelilingi (diriung=bahasa Sunda) oleh pegunungan. Potretnya memang menggambarkan bagaimana nuansa alam dengan panorama pegunungan.

Tempat ini viral di media sosial karena potretnya yang instagramable. Banyak para muda-mudi yang senang mencari spot foto keren. Bahkan wisata ini tak jarang jadi tempat untuk foto pre-wed. 

Daya Tarik Nuansa Riung Gunung Pangalengan

Wisata alam biasanya identik dengan wisata air terjun, pantai, atau leuwi. Namun, ternyata masih ada wisata alam lain yang juga tak kalah asyik untuk dijadikan momen healing. Salah satunya adalah berwisata di kebun teh Nuansa Riung Gunung Pangalengan. Anda akan melihat dengan nyata ‘karpet hijau’ yang terhampar luas.

Itulah yang menjadi daya tarik utamanya, apalagi adanya sky walk membuat wisatawan makin tertarik untuk mengunjungi. Sky walk menjadi incaran para wisatawan untuk berjalan menyusuri pesona kebun teh dari ketinggian. Jembatan yang dibuat dari kayu dengan desain instagenik ini memanjang dan turun naik menyesuaikan dengan kontur bukitnya 

Objek wisata ini juga menyuguhkan supply oksigen yang bersih dan sejuk. Hijaunya kebun teh yang menghampar serta sejuknya udara pada ketinggian Pangalengan pas untuk healing. Menenangkan diri setelah beraktivitas padat tentu membutuhkannya agar bisa menjalani rutinitas dengan semangat.

Aktivitas di Nuansa Riung Gunung Pangalengan

Berlibur ke Nuansa Riung Gunung ini olehawan sebagai waktu untuk bersantai sembari menikmati alam. Wisatawan bisa bersantai dengan duduk pada bean bag yang tersedia. Kemudian, yang paling asyik adalah berswafoto untuk mengabadikan keindahan kebun teh. 

Spot yang paling favorit adalah di jembatan kayu atau sky walk. Di mana Anda dapat mengabadikan foto dengan background ‘karpet hijau’ dan pegunungan. Jika pengambilan foto menggunakan angle yang pas, panoramanya akan terlihat seperti di sebuah lembah. Bahkan, mirip dengan negeri dongeng.

Anda juga bisa melakukan camping ground pada area yang disediakan. Anda bisa membawa perlengkapan camping sendiri atau menyewa fasilitas camping yang disediakan. Terdapat beberapa paket camping dengan fasilitas yang berbeda pula. Berkemah di tengah sejuknya udara dan indahnya kebun teh tentu patut dicoba.

Fasilitas Nuansa Riung Gunung

Fasilitas yang disediakan di Nuansa Riung Gunung terbilang cukup lengkap. Seperti adanya area parkir, toilet, sky walk, hammock, bean bag, camping ground, dan lainnya. Yang terpenting adalah objek wisata ini juga menyediakan fasilitas protokol kesehatan. Adapun jam operasionalnya dibuka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga pukul 17.00.

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuknya terbilang murah, yakni hanya Rp10.000 saja. Adapun harga untuk tiket lainnya adalah sebagai berikut.

Harga Tiket Masuk    Rp10.000,- /orang

Camping Ground    Rp25.000,- /orang

Tenda Paket Hemat    Rp200.000,- /tenda

Tenda Paket Lengkap    Rp400.000,- /tenda

Lokasi dan Akses Jalan

Nuansa Riung Gunung berlokasi di Kp. Riung Gunung, Desa, Pulosari, Pangalengan, Bandung, West Java 40378. Berjarak sekitar 50,2 kilometer dari pusat Kota Bandung. Dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 1,5 jam. 

Akses jalan ketika mendekati lokasinya memang sedikit berkontur atau berbatu. Oleh karena itu, para wisatawan yang datang untuk berhati-hati.

Itulah berbagai informasi mengenai Nuansa Riung Gunung Pangalengan. Cek artikel Djavatoday lainnya untuk mengetahui info ragam wisata Pangalengan dan Jawa Barat. Jangan lupa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan, ya!

(Rismawati/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU