Sabtu, Juni 22, 2024

Lembah Tumpang Malang: HTM, Fasilitas, dan Daya Tarik

Lembah Tumpang Malang merupakan sebuah resort yang kini menjadi objek wisata alam sekaligus budaya yang edukatif. Objek wisata ini menawarkan fasilitas berenang dan restoran dengan nuansa kerajaan Jawa seperti zaman Majapahit dahulu. Tempat ini cukup menarik karena suasana alamnya yang asri begitu terasa dengan banyaknya pepohonan dan vegetasi hijau yang tertata rapi. Hawa udaranya pun terasa sejuk dengan suasana lingkungan yang damai.

Kabupaten Malang sekali lagi meyakinkan banyak orang bahwa daerahnya layak menjadi tujuan utama destinasi wisata. Selain unggul dalam hal wisata alam, ternyata kabupaten ini juga menyimpan banyak pariwisata unik yang menarik. Kapan lagi Anda bisa menikmati wisata alam dengan vibes seperti di kerajaan Jawa yang tenteram? Hanya di tempat ini.

Bagi yang penasaran ada apa saja di Lembah Tumpang Malang, simak artikel ini hingga selesai, ya. Kami akan memberikan ragam informasi penting dan menarik agar dapat Anda jadikan referensi. Yuk, simak dalam uraian berikut ini!

Harga Tiket Masuk Lembah Tumpang Malang 

Objek wisata ini memiliki ragam fasilitas yang lengkap dan tentunya memadai untuk setiap wisatawan. Oleh karena itu, harga tiket masuknya pun memang sedikit pricy, yakni sebesar Rp60.000 per orangnya baik weekday maupun weekend. Khusus untuk anak-anak dengan usia di bawah 4 tahun tidak perlu membayar tiket masuk, alias gratis.

Kemudian untuk biaya parkir kendaraannya adalah sebesar Rp5.000 per unit motor dan Rp10.000 per unit mobil. Siapkan juga dana tambahan jika Anda ingin menikmati fasilitas lainnya, seperti menyewa skuter atau membeli pakan ikan. Bagi yang ingin kulineran, siapkan dana lebih karena Lembah Tumpang Malang menyediakan banyak menu paketan yang bisa Anda coba. Harga-harga tersebut tidak bersifat permanen dan bisa saja berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pengelola wisata.

Jam Operasional dan Fasilitas

Objek wisata bertema kerajaan Jawa ini beroperasi mulai pukul 07.00 sapai dengan pukul 17.00 WIB setiap harinya. Jika Anda ingin menjajal semua wahana yang tersedia, sebaiknya Anda datang saat akhir pekan. Adapun fasilitas tempat ini adalah area parkir kendaraan yang luas, toilet, musala, gazebo untuk bersantai, spot foto, dan kafe yang banyak. Tersedia juga kolam renang, wahana dino land, flying fox, kol ikan, dokar, camping ground, dan masih banyak lagi.

Lokasi Lembah Tumpang Malang 

Lembah Tumpang Malang beralamat di Jl. Slamet Gg. Gumuk Agung, Glanggang, Slamet, Kec. Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65156. Jaraknya sekitar 15 kilometer dari pusat kota atau bisa Anda tempuh dalam waktu 30 menit. Juga masih satu jalur menuju ke Bromo atau pendakian Gunung Semeru. Anda bisa mengakses lokasinya menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat seperti bus.

Daya Tarik Wisata

Objek wisata ini telah ada sejak 2014 dan memiliki lahan dengan luas sekitar 20 hektare. Tempat ini mirip seperti taman kerajaan khas Majapahit dengan pohon-pohon rindang yang memenuhi tiap sudutnya. Begitupun dengan patung-patung arca dan bangunan candi yang membuat buansa kerajaannya makin terasa pekat. Objek wisata alam ini bahkan memiliki lebih dari 2000 arca yang tersebar ke banyak sudutnya sehingga menjadi spot foto bagi wisatawan. 

Berbagai candi juga bisa Anda temukan, termasuk replika Candi Borobudur. Namun, ada candi yang unik karena berada pada tengah-tengah kolam renang dengan batuan hitam yang kontras dengan warna air kolam yang jernih. Sementara ikon dari Lembah Tumpang Malang sendiri adalah Candi Sewu yang tepat berada di tengah kawasan wisata ini. Candi ini adalah yang terbesar dan memiliki 4 tingkatan yang penuh hiasan relief serta arca.

Aktivitas Wisata

Objek wisata ini menawarkan sensasi menjelajahi alam dengan gambaran kehidupan saat masa kerajaan Jawa pada zaman dahulu. Dengan rindangnya pepohonan yang membawa suasana damai, gemercik air terjun yang mengalir, hingga hiasan arca dan candi. Anda juga bisa merasakan pemandian ala raja dan ratu pada zaman kerajaan. Terdapat 6 kolam renang yang bisa Anda coba dengan gaya khas kerajaan karena dikelilingi oleh banyak patung. Kolam ini bisa untuk anak-anak hingga dewasa.

Jika Anda ingin menjelajahi area wisata ini, cobalah untuk menyewa sepeda, skuter, atau naik dokar. Ingin merasakan pacuan adrenalin? Cobalah untuk menaiki flying fox. Jika lapar, Anda bisa melipir ke berbagai kafe yang tersedia dengan ragam menu yang harganya antara Rp5.000 hingga Rp35.000 saja. Bagi Anda yang ingin menginap, bisa mencoba berkemah atau memesan penginapan langsungnya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Lembah Tumpang Malang, Anda bisa menghubungi nomor 0811320700 atau kunjungi Instagram resmi @lembahtumpang. (Rismawati/Djavatoday)

Curug Lawa Banyumas, Free HTM untuk 3 Curug!

Curug Lawa Banyumas merupakan sebuah objek wisata alam yang menyajikan keindahan air terjun di tengah alam yang asri. Tempat ini seolah seperti surga tersembunyi...

Lobang Timah Ciamis, Tempat Refreshing yang Recommended!

Lobang Timah Ciamis bukanlah sebuah tempat tambang, Sobat Djava, melainkan sebuah objek wisata alam yang recommended.

Leuwi Asoka Bogor, Spot Berenang Paling Sejuk!

Leuwi Asoka Bogor merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan spot berenang alami dengan udara yang sejuk.

Wisata Petik Buah Inagro, Bisa Piknik dan Field Trip!

Wisata Petik Buah Inagro merupakan objek wisata sekaligus tempat rekreasi yang asyik untuk piknik dan filed trip. Tempat ini memiliki luas hingga 35 hektare...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya