Senin, Oktober 25, 2021

Karacak Valley Garut, Wisata Alam Hutan Pinus yang Menyejukkan

Karacak Valley Garut, mungkin sudah tidak asing lagi bagi para wisatawan dan  para pendaki. Objek wisata yang menyimpan banyak barisan pohon pinus ini memiliki pesona yang menyejukkan. Ingin menenangkan diri? Menjernihkan pikiran? Atau me-recharge diri dengan ketenangan alam? Maka Karacak Valley adalah jawaban yang tepat.

Hutan pinus aesthetic ini juga memberikan banyak potret indah untuk para penikmatnya. Penasaran bagaimana indahnya Karacak Valley ini? Yuk, simak artikel ini selengkapnya, ya Sobat Djava!

Tentang Karacak Valley Garut

Baca juga:

Wisata Karacak Valley Garut merupakan destinasi wisata alam berupa perbukitan yang berada dalam kungkungan Gunung Karacak. Memiliki hutan pinus yang menjulang tinggi, membuat Karacak Valley semakin digemari wisatawan. Karacak Valley juga dikelola oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Jayamandiri. 

Wisatawan bisa menikmati berbagai aktivitas alam sebagai ajang liburan bersama teman, sahabat, ataupun keluarga. Mulai dari menikmati alam, hingga mencoba treck yang menantang.

Daya Tarik Karacak Valley

Hutan pinus yang membawa suasana sejuk menjadi alasan banyak wisatawan berkunjung ke Karacak Valley Garut. Menikmati semilir angin dan sejuknya udara memang bisa menjernihkan pikiran. Apalagi untuk Anda yang tinggal di perkotaan, agaknya wajib untuk Anda berwisata ke Karacak Valley ini.

Luasnya hutan pinus ini membuat Anda bisa menjelajah sepuasnya. Bagi Anda yang hobi bersepeda, Anda bisa menyalurkannya dan menjelajahi hutan pinus. Meskipun treck-nya cukup menantang, tetapi tetap aman. Bersepeda di atas ketinggian 1.850 mdpl ini membuat Anda bisa melihat panorama landscape Kota Garut yang indah.

Aktivitas Menarik

Selain menikmati pesona kesejukannya, wisatawan juga bisa melakukan aktivitas menarik lainnya. Seperti menjelajah baik dengan berjalan kaki atau bersepeda. Jangan lewatkan panorama landscape Kota Garut dan potret sunset-nya yang menakjubkan. Anda wajib mengabadikannya dengan berswafoto, pastinya super instagramable nih Sobat.

Untuk spot foto, wisatawan sering memotret di antara hutan pinus yang menjulang dan saat sunset di balik pegunungan Papandayan. Objek wisata yang tak pernah sepi pengunjung ini bahkan sering dijadikan tempat untuk prewedding. Bagi Anda yang ingin bersantai, Anda bisa menggunakan hammocking. Resapi suasananya, pejamkan mata, dan lupakan beban. Ini bisa membuat Anda lebih tenang. 

Bagi yang menyukai tantangan, Anda bisa melakukan hiking. Objek wisata ini memang selain banyak dikunjungi wisatawan umum, juga banyak dikunjungi para pendaki. Di kawasan Karacak Valey Garut ini juga terdapat Curug Ngebul. Cukup menempuh perjalanan sekitar 20 menit, Anda akan menemukan surga tersembunyi di sana. 

Camping Ground dan Citylights

Bagi wisatawan yang ingin melihat indahnya langit malam Kota Garut di atas pegunungan, bisa berkemah di Karacak Valley. Citylights Kota Garut ini tidak boleh dilewatkan. Objek wisata ini bisa menampung hingga seribu orang. 

Jika Anda tak bisa berkemah di Gunung Papandayan, Cikuray, atau Guntur, ini bisa dijadikan alternatif. Vibes ‘muncak’ nya tak akan luntur, Sobat. Menghangatkan diri dengan api unggun dan bercengkerama bersama sahabat patut Anda coba.

Fasilitas

Karacak Valley Garut telah dikelola dengan baik sehingga memiliki fasilitas yang memadai. Ada mushola untuk melaksanakan shalat bagi umat muslim. Mushala ini bisa memuat hingga 20 orang dengan ciri khas rumah panggung.

Tak jauh dari mushola, terdapat toilet dan wc umum untuk pengunjung. Untuk mengisi perut setelah berkeliling, Anda bisa mendatangi kantin yang tersedia di dekat pembayaran tiket dan dekat mushola. Ada pula saung gazebo yang disediakan sebagai tempat beristirahat atau bersantai 

Harga Tiket Masuk

Meskipun menjadi wisata alam yang hits di Garut, Karacak Valley mematok harga yang cukup terjangkau untuk tiket masuknya. Anda hanya perlu merogoh kocek Rp10.000 untuk dewasa dan Rp5.000 untuk anak-anak. 

Anda juga bisa menyewa tenda untuk berkemah di Camping Ground dengan harga Rp50.000 per malam. Biaya kemahnya hanya Rp15.000 per orang. Untuk parkir mobil dipatok dengan harga Rp5.000 dan Rp3.000 untuk sepeda motor.

Lokasi dan Tips

Karacak Valley terletak di Jalan Karacak Valley, Margawati, Garut Kota, Sukanegla, Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44113. Sebaiknya Anda berkunjung bukan di musim hujan agar treck jalan tidak licin atau becek dan bisa menikmati sunset yang indah. Persiapkan juga pakaian tebal jika Anda berkunjung bersama anak karena udara di sana cukup dingin.

Akses jalan menuju Karacak Valley memang tidak mudah. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menggunakan kendaraan roda dua dan mobil yang kecil. Untuk kendaraan seperti bus tidak bisa mengaksesnya. 

Nah, itulah wisata alam Karacak Valley Garut yang memukau. Tetap utamakan kesehatan dan keselamatan saat berwisata, ya Sobat Djava.

(Rismawati/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU