Sabtu, April 20, 2024

Curug Sawer Tasikmalaya, Hidden Gem yang Memesona

Curug Sawer Tasikmalaya merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan air terjun yang memesona. Letaknya cukup tersembunyi di antara persawahan dan hutan yang lebat, itulah mengapa orang-orang menamakannya sebagai hidden gem. Air terjun ini memiliki keunikan karena alirannya yang melebar, mirip dengan air terjun populer Tumpak Sewu. Meskipun tidak selebar air terjun dari Malang tersebut, curug ini tetap memiliki keeksotisan yang mampu memanjakan mata wisatawan.

Air terjun ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Sobat Djava yang bosan dan butuh healing setelah sepekan bekerja. Alamnya yang asri dan hijau sejauh mata memandang bisa menjadi penyegar yang mampu merilekskan badan dan menjernihkan pikiran. Keindahan air terjun dan alamnya juga dapat menjadi spot untuk hunting foto dengan hasil yang instagramable. 

Bagi Anda yang ingin healing sekaligus berpetualang ke air terjun ini, simak terlebih dahulu artikel ini. Kami akan memberikan ragam informasi penting dan menarik tentang Curug Sawer Tasikmalaya yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Yuk, simak selengkapnya dalam uraian berikut ini, Sobat Djava!

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Curug Sawer Tasikmalaya

Informasi penting yang harus Anda ketahui tentang objek wisata alam ini adalah harga tiket masuknya. Objek wisata ini mematok harga tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang dengan tambahan biaya perbaikan jalan dengan kisaran Rp3.000 sampai Rp5.000. Kemudian terdapat biaya parkir kendaraan sebesar Rp3.000 per unit motor dan Rp5.000 per unit mobil. Siapkan biaya lainnya untuk keperluan lain, misalnya adalah membeli makanan atau perbekalan.

Adapun informasi berikutnya yang tak kalah penting untuk Anda ketahui ketika akan mengunjungi Curug Sawer Tasikmalaya adalah jam operasionalnya. Objek wisata ini buka setiap pukul 08.00 sampai dengan 17.00 WIB setiap hari Senin. Sementara Selasa dan Rabu, buka hingga pukul 16.30 WIB, sedangkan hari Kamis buka sampai dengan pukul 17.00 WIB. Jumat akan buka pukul 14.00 sampai 17.00 WIB, sedangkan Sabtu dan Minggu akan beroperasi pukul 07.00 sampai 17.00 WIB. 

Fasilitas dan Alamat Lengkap

Objek wisata ini masih termasuk hidden gem sehingga belum banyak fasilitas umum yang tersedia untuk wisatawan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membawa perbekalan maupun peralatan yang diperlukan dari rumah. Adapun alamat lengkap objek wisata ini adalah Desa Mandalamekar, Kec. Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat 46185. 

Anda bisa melalui tiga jalan alternatif pilihan, yakni melalui Salopa, Cikatomas, ataupun Cibalong. Agar akses jalannya lebih bagus, sebaiknya Anda menggunakan jalur via Salopa. Lokasi Curug Sawer Tasikmalaya berjarak sekitar 29 kilometer dari pusat Kota Tasikmalaya atau dapat Anda tempuh dalam waktu 1 jam perjalanan. Setelah tiba di area parkir, Anda harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 1 kilometer. 

Daya Tarik Curug Sawer Tasikmalaya 

Objek wisata ini memiliki daya tarik berupa air terjunnya yang memesona dengan ketinggian sekitar 50 meter. Air terjun ini terlihat megah karena memiliki lebar aliran hingga 10 meter sehingga mirip dengan Air Terjun Tumpak Sewu yang populer. Warna airnya yang jernih membuat panorama air terjun ini mirip seperti tirai putih yang tertiup angin. 

Curug Sawer Tasikmalaya akan terlihat lebih indah saat musim hujan karena debit airnya akan bertambah sehingga aliran airnya lebih deras. Air yang jatuh ini akan tertampung dalam sebuah kolam alami berdiameter sekitar 10 meter dengan warna air yang cantik kehijauan. Wisatawan biasanya berenang dan bermain air di kolam tersebut, bahkan mereka yang menyukai adrenalin akan melompat dari bebatuan ke dalam kolam.

Jika tak bisa berenang atau merasa takut, Anda bisa bermain air di aliran sungainya yang lebih dangkal dengan bebatuan yang terhampar. Warna bebatuan ini senada dengan tebing berbatu yang menjadi sandaran air terjun. Selain berbatu, tebing tersebut juga nampak megah dan indah karena banyak pepohonan yang menghiasi. Pohon-pohon berdaun hijau ini akan menciptakan kesan sejuk dan asri yang pekat. 

Jangan lupa untuk mengunjungi Curug Sawer Tasikmalaya bersama teman atau keluarga. Abadikanlah momen liburanmu dengan berswafoto berlatarkan air terjun yang memesona. (Rismawati/Djavatoday)

Umbul Besuki Klaten: Info HTM, Fasilitas, Lokasi

Umbul Besuki Klaten merupakan sebuah objek wisata alam berupa pemandian yang memiliki fasilitas lengkap. Objek wisata ini telah ada sejak 2019 dan menjadi favorit...

Curug Cina Subang, Tempat Ngadem yang Photogenic

Curug Cina Subang merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan air terjun yang memesona. Air terjun ini menawarkan udara sejuk dengan suasana tenang...

Camping Ground Ngampay: Price List, Fasilitas, hingga Daya Tarik

Camping Ground Ngampay merupakan sebuah spot berkemah terbaru yang berlokasi di tengah keindahan alam Rancabali, Ciwidey. Tempat ini menawarkan sensasi bermalam di tengah sejuknya...

Umbul Ponggok Klaten: HTM, Fasilitas, dan Daya Tarik

Umbul Ponggok Klaten merupakan sebuah objek wisata alam sekaligus pemandian yang cukup populer. Pemandian ini begitu alami, bahkan dasarnya masih berupa pasir dan menjadi...

Terpopuler

Lainnya