spot_img
Senin, November 28, 2022
spot_img

Curug Citambur Cianjur, Pesona Air Terjun di Balik Gunung Lemo

Curug Citambur Cianjur merupakan salah satu objek wisata berupa “curug” yang berarti “air terjun”. Air terjun yang satu ini memilki pesona yang mampu menarik perhatian para wisatawan meski hanya dengan melihat fotonya saja. Bagaimana tidak, air terjun ini begitu gagah berdiri di balik tebing Gunung Lemo dengan aliran deras yang membentuk tempias. Tak tanggung-tanggung, tempiasnya bahkan bisa menjangkau hingga 50 meter jauhnya.

Sebelum mengulik lebih dalam tentang objek wisata ini, mari kita bahas asal-usul penamaannya terlebih dahulu. Kata “ci” yang berasal dari bahasa Sunda berarti “air”, sedangkan “tambur” merupakan suatu alat musik pukul. Dari arti tersebut,“Citambur” berarti suara debuman air yang terjun dari ketinggian dengan derasnya ibarat suara tambur yang sedang dipukul.

Daya Tarik Curug Citambur Cianjur

Untuk Sobat Djava yang ingin menenagkan pikiran atau melakukan self healing, Curug Citambur Cianjur adalah pilihan yang tepat. Di sana Anda akan merasakan damainya suasana alam yang penuh dengan hijaunya rerumputan dan pepohonan. Eksotisnya tebing Gunung Lemo juga siap memanjakan mata, termasuk air terjunnya yang senantiasa memesona siapa saja yang memandangnya. Jernihnya air terjun membuat tempias yang terlihat seperti awan, potretnya sangat pantas untuk Anda abadikan.

Air terjun ini akan mengeluarkan kesan megah sekaligus eksotis. Megah karena ketinggian air terjun yang mencapai sekitar 130 meter. Sementara itu, kesan eksotis berasal dari jernihnya air yang berpadu dengan tebing bebatuan yang berwarna hitam kecokelatan. Rerumputan hijau yang menutupi permukaan tanah dan sebagian batu besar juga memberikan kesan alami yang begitu kental. Di bawah air terjun juga terdapat telaga dan aliran sungai dengan bebatuan kecil di pinggirannya.

Selain terkenal dengan air terjunnya yang tinggi menjulang, Curug Citambur Cianjur juga populer dengan udaranya yang begitu dingin. Tak heran, karena air terjun ini memang berada di ketinggian 1.400 mdpl. Debit airnya yang deras juga menjadi daya tarik tersendiri, apalagi kabut yang menyelimuti membuat seolah berada di negeri dongeng.

Camping Ground di Curug Citambur Cianjur

Tak hanya healing dan bersantai, di curug ini Anda juga bisa melakukan aktivitas seru lainnya. Misalnya adalah berkemah di area yang telah tersedia dengan air terjun sebagai pemandangannya. Anda juga bisa bermain air di sungai atau telaganya, sedangkan di bawah air terjun tidak boleh menjadi tempat bermain karena derasnya air. 

Spot Foto Instagramable

Berwisata tanpa berfoto rasanya kurang lengkap, ya, Sobat Djava. Nah, di Curug Citambur Cianjur, Anda tidak perlu pusing mencari spot foto ciamik karena background curugnya sudah pasti adalah jawabannya. Anda bisa berfoto dengan berbagai angle, misalnya dari bawah, tempat bebatuan besar teronggok dengan gagahnya. 

Berfoto di jembatan atau gardu pandang yang berlatarkan air terjun dan hijaunya alam juga instagramable, lho! Anda juga bisa menelusuri spot foto ciamik lainnya yang telah didesain oleh pengelola khusus untuk wisatawannya. Misalnya spot foto rumah terbalik yang begitu unik.

Fasilitas dan Jam Operasional

Curug Citambur Cianjur memiliki fasilitas yang cukup memadai. Seperti area parkir, toilet, musala, spot foto instagramable, hingga warung makan. Adapun jam operasional objek wisata ini adalah pukul 08.00 hingga pukul 16.00 WIB.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Air terjun dengan beberapa undakan ini berlokasi di Desa Karangjaya, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Lokasinya bisa Anda temui dengan mudah, tetapi akses jalannya masih perlu perbaikan. Ini karena masih terdapat kondisi jalan yang rusak dengan kontur jalan naik-turun dan berkelok-kelok. Setelah tiba di area parkir, Anda akan menempuh perjalanan sekitar 15 menit dengan berjalan kaki untuk menuju curug.

Adapun harga tiket masuk Curug Citambur Cianjur adalah Rp10.000 per orang. Untuk biaya parkir kendaraan roda dua adalah Rp2.000, sedangkan untuk kendaraan roda empat adalah sebesar Rp5.000. Harga ini bisa saja berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pengelola, ikuti informasi terkininya melalui Instagram @curugcitambur.

Jadi, siap berkunjung ke Curug Citambur Cianjur, Sobat Djava? Jangan lupa patuhi protokol kesehatan yang berlaku, ya! (Rismawati/Djavatoday)

Curug Nyogong Garut: Info HTM, Lokasi, dan Fasilitas

Curug Nyogong Garut merupakan satu dari sekian banyaknya wisata air terjun terindah di Swiss Van Java. Gemuruh dan derasnya aliran air membuat kita seolah...

Curug Ciparay Tasikmalaya, Daya Tarik, HTM, dan Lokasi

Curug Ciparay Tasikmalaya merupakan salah satu objek wisata yang menyuguhkan keindahan dua aliran air terjun. Itulah mengapa air terjun ini sering kali mendapat julukan 'curug kembar' dari para wisatawannya. Selain menyajikan panorama alam yang eksotis, tempat ini juga menawarkan kesejukan yang sulit Anda temui di tengah perkotaan. Membawa kedamaian dan kedekatan dengan alam.

Telaga Bedakah Wonosobo, Pesona Indah dengan HTM Murah

Telaga Bedakah Wonosobo merupakan sebuah objek wisata yang menyuguhkan keindahan danau dengan biaya yang murah meriah. Pesonanya yang tak main-main membuat tempat ini menjadi destinasi para wisatawan dari berbagai daerah. Keindahan alam Wonosobo yang menyandang julukan Kota di atas Awan ini memang tak pernah mengecewakan. Keasrian dan kesegaran udaranya selalu memberikan kenyamanan yang menenangkan.

Waduk Sermo Kulon Progo, HTM, Fasilitas, hingga Lokasi

Waduk Sermo Kulon Progo merupakan sebuah objek wisata yang menyuguhkan keindahan danau buatan yang memesona.  Tempat ini bisa menjadi referensi liburan bagi kalian yang ingin healing dengan biaya yang terjangkau. Meskipun harga tiketnya murah, pesona waduk ini enggak murahan, lho! Sobat Djava akan menyaksikan eksotisnya danau dengan gugusan pegunungan yang mengelilinginya.
- Advertisment -Advertisment

Terpopuler

Lainnya