Sabtu, Juni 15, 2024

Curug Cibeureum Cianjur: Harga Tiket, Treking, hingga Fasilitas

Curug Cibeureum Cianjur merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan air terjun dengan pemandangan yang indah. Air terjun ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango sehingga memiliki nuansa sejuk khas pegunungan. Tempat seperti ini tentu layak menjadi spot untuk healing atau sekadar rekreasi agar lebih dekat dengan alam. Apalagi jika datang bersama teman, keluarga, atau orang tersayang.

Letak air terjun ini sebenarnya berada pada kawasan Puncak sehingga tidak terlalu jauh dari Bogor ataupun Jakarta. Akses jalannya pun sudah bagus, meskipun harus tetap menyiapkan fisik yang kuat saat menuju titik curugnya. Meskipun melelahkan, keindahan panorama air terjunnya akan menjadi obat yang akan membuatmu terpesona.

Penasaran dengan informasi lebih lanjut tentang Curug Cibeureum Cianjur? Mari simak selengkapnya dalam uraian berikut ini, Sobat Djava!

Harga Tiket Masuk Curug Cibeureum Cianjur 

Untuk bisa healing di air terjun ini, Anda harus menyiapkan uang sebesar Rp16.000 per orang saat weekday. Saat weekend, tarifnya naik menjadi Rp18.500 per orang. Kemudian tarif parkir motornya adalah Rp5.000 per unit, sedangkan untuk mobil adalah Rp10.000 per unit.

Loket tiket tersebut ada pada pintu masuk wisata Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Jika Anda ingin sekalian berkemah, siapkan nominal uang Rp13.500 per orang sebagai tiket masuk. Kemudian bayar lagi Rp27.500 per orang untuk biaya penempatan area tenda. Harga-harga tersebut tidak bersifat permanen dan bisa berubah kapan saja sesuai kebijakan pengelola wisata Curug Cibeureum Cianjur.

Fasilitas dan Jam Operasional

Objek wisata ini memiliki beberapa fasilitas yang bisa Anda nikmati selama berwisata. Seperti area parkir kendaraan, toilet atau kamar bilas, warung yang tersebar di beberapa titik, hingga spot foto. Tersedia juga camping ground, pos jaga, hingga saung atau gazebo untuk beristirahat dan piknik. Fasilitas-fasilitas ini menyebar ke beberapa titik, seperti area pintu masuk, jalur trekking, hingga lokasi air terjunnya.

Agar tidak sia-sia saat datang ke Curug Cibeureum Cianjur, pastikan Anda datang pada jam operasionalnya. Adapun jam operasional objek wisata ini adalah mulai pukul 06.00 sampai dengan pukul 18.00 WIB setiap hari. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah saat pagi hari dengan kondisi cuaca cerah menjelang musim kemarau. Sebaiknya tidak berkunjung saat musim hujan karena airnya bisa menyeruh dengan debit yang besar dan jalur trekking akan lebih licin.

Alamat Lengkap 

Objek wisata ini berlokasi di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Lebih tepatnya adalah Jl. Cisarua Puncak KM. 10, Desa Cilember, Kec. Cisarua, Puncak, Cimacan, Kec. Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43253. Letak air terjun ini juga berada di tengah-tengah jalur pendakian menuju ke Gunung Gede Pangrango. Ambil jalur kanan untuk ke curug dan jalur kiri untuk ke puncak gunung.

Dari area parkir, Anda harus berjalan atau lebih tepatnya mendaki hingga ketinggian 1.625 meter di atas permukaan laut. Jaraknya sekitar kurang dari 3 kilometer, tetapi bisa memakan waktu mendaki selama 40 hingga 1 jam. Namun, itu tergantung pada kecepatan berjalan, sebagian wisatawan yang jarang trekking bahkan bisa menghabiskan 2 jam perjalanan.

Daya Tarik Curug Cibeureum Cianjur

Air terjun memang terkenal sebagai obat penghilang stres yang paling indah dengan gemercik airnya yang terdengar merdu. Seperti halnya Curug Cibeureum Cianjur yang memiliki ketinggian sekitar 40 meter. Debit airnya bergantung pada musim, akan deras saat musim hujan dan akan lebih mengalir pelan saat kemarau. Meskipun begitu, jernihnya air yang jatuh tetap menjadi pemandangan indah di antara tingginya tebing yang megah.

Mengenai asal-usul namanya, cibeureum dalam bahasa Indonesia berarti “air merah”. Penamaan ini konon muncul karena banyaknya tanaman lumut yang berwarna kemerah-merahan di sekitar air terjun. Warnanya akan semakin menyala kala tersiram cahaya matahari.

Namun, saat Anda tiba, warna hijau dari pepohonan dan vegetasi alamlah yang mendominasi. Berpadu dengan nuansa pegunungan yang sejuk dan memanjakan mata. Jatuhan air Curug Cibeureum Cianjur akan membentuk kolam alami yang terbilang dangkal, tetapi masih bisa untuk berenang atau bermain air. Anda juga bisa berburu spot foto terbaik dan piknik di dekat air terjun sembari bersantai menikmati pesonanya. (Rismawati/Djavatoday)

Pantai Gatra Malang, Pesona Surgawi Bak Raja Ampat!

Pantai Gatra Malang merupakan sebuah objek wisata dengan pesona laut yang begitu indah bak Raja Ampat, Papua. Hal ini tercermin dari airnya lautnya yang...

Wisata Majalaya Waterpark: Daya Tarik, HTM, hingga Fasilitas

Wisata Majalaya Waterpark merupakan sebuah objek wisata dengan konsep permainan atau wahana air kekinian yang seru.

Curug Ciparay Bogor, Ini Info Terbarunya 2024!

Curug Ciparay Bogor merupakan sebuah objek wisata alam di kawasan wisata Taman Gunung Salak Endah (GSE), Bogor.

Curug Tengah Puraseda Bogor, Miliki Bentuk Unik Bak Perosotan!

Curug Tengah Puraseda Bogor merupakan sebuah objek wisata yang memiliki bentuk unik meliuk layaknya sebuah perosotan. Air terjun yang sempat viral saat tahun 2019...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya