Selasa, Juni 25, 2024

Curug Arjuna Tasikmalaya: Info Alamat, HTM, dan Fasilitas

Curug Arjuna Tasikmalaya merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan dua aliran air terjun yang indah. Objek wisata ini berlokasi di Kecamatan Cisayong dengan letak air terjun yang cukup tersembunyi dalam hutan yang masih rimbun. Akses menuju lokasi air terjunnya pun tidak mudah, Anda harus berjalan kaki menyusuri hutan rimbun dengan medan jalan yang cukup menantang. Meskipun begitu, perjuangan Anda takkan sia-sia karena pesona air terjun dan alamnya akan membuat Anda terkesima.

Kabupaten Tasikmalaya berada di daerah perbukitan sehingga tak heran jika Anda akan menemukan banyak air terjun atau curug. Beberapa air terjun yang populer dari kabupaten ini adalah Curug Ciparay, Curug Cimanintin, Curug Meber, hingga Curug Koja. Wisatawan dari berbagai daerah pun turut datang menikmati keindahannya. Termasuk para petualang yang gemar mencari tantangan untuk bisa merasakan sensasi lebih dekat dengan alam.

Bagi Sobat Djava yang ingin berpetualang menyusuri alam yang masih asri dan menyaksikan keindahan air terjun, objek wisata ini bisa menjadi pilihan. Sebelum berkunjung, sebaiknya Anda menyimak terlebih dahulu artikel ini sebagai referensi. Kami akan memberikan ragam informasi penting, unik, dan menarik tentang Curug Arjuna Tasikmalaya hanya untuk Anda. Yuk, simak selengkapnya dalam uraian berikut ini, Sobat Djava!

Lokasi Wisata Curug Arjuna Tasikmalaya

Informasi penting yang harus Anda ketahui tentang objek wisata alam ini adalah lokasi atau alamat lengkapnya. Adapun alamat lengkap curug ini adalah Desa Sukamukti, Kec. Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat 46153. Lokasinya berjarak sekitar 17 kilometer dari Kota Tasikmalaya. Jika Anda menggunakan Google Maps, masukkanlah kata kunci “Curug Batu Blek” pada kolom pencarian.

Kami sarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi saat berkunjung ke objek wisata Curug Arjuna Tasikmalaya. Saat tiba di area parkir, Anda harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menyusuri hutan yang rimbun. Jaraknya cukup jauh dan memakan waktu karena jalanannya penuh dengan semak yang tinggi sehingga harus berhati-hati.

Sobat Djava akan berjalan melewati jalan setapak yang rimbun dengan tanaman hijau dan pepohonan yang tracknya naik-turun. Kemudian Anda akan menyeberangi aliran sungai yang kedalamannya cukup dangkal sehingga aman untuk Anda lewati. Sepanjang perjalanan, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan perbukitan yang hijau sejauh mata memandang. Agar tidak tersesat, Anda bisa meminta tour guide untuk menemani tracking hingga ke curug.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Informasi penting lainnya yang harus Anda ketahui sebelum berkunjung ke Curug Arjuna Tasikmalaya adalah harga tiket masuknya. Anda harus menyiapkan uang sebesar Rp10.000 per orang sebagai tiket masuk. Kemudian ada biaya parkir kendaraan yang rentang harganya berkisar antara Rp2.000 hingga Rp5.000 per unit. Perlu Anda ingat bahwa harga tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pihak pengelola wisata.

Adapun jam operasional objek wisata ini adalah mulai pukul 07.00 hingga pukul 05.00 WIB setiap harinya. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah saat memasuki musim hujan dengan kondisi cuaca yang sedang cerah. Sebaiknya Anda datang saat pagi hari menjelang siang agar tidak gelap, mengingat akses jalannya begitu rimbun oleh pepohonan.

Fasilitas yang Tersedia

Objek wisata ini telah memiliki beberapa fasilitas umum yang dapat Anda gunakan saat berkunjung. Seperti area parkir kendaraan, toilet, musala, hingga warung yang menyediakan makanan dan minuman. Selain bisa menikmati keindahan Curug Arjuna Tasikmalaya, Anda juga bisa berkunjung ke curug lainnya yang masih satu kawasan. Seperti Curug Putih, Curug Batu Blek, Curug Nirwana, dan masih banyak lagi.

Curug Arjuna Tasikmalaya yang Putih Bersih

Berkunjung ke air terjun ini akan membuat Anda merasa lebih rileks dan pikiran pun lebih jernih, sejernih warna airnya. Air terjun ini cukup tinggi dengan kisaran ketinggian 30 meter dan memiliki dua aliran air yang berdampingan. Warna airnya begitu jernih sehingga membentuk warna putih bersih. Hal tersebut ternyata berkaitan dengan nama curug ini, yang mana ”arjuna” dalam bahasa Sansekerta berarti “cemerlang atau putih bersih”.

Putihnya air yang mengalir dari ketinggian begitu kontras dengan dinding tebing berbatunya yang berwarna hitam legam. Tanaman-tanaman hijau dan pepohonan di sekelilingnya membuat panorama Curug Arjuna Tasikmalaya begitu berwarna dan memanjakan mata. Air yang jatuh pun akan membentuk sebuah kolam alami yang selanjutnya mengalir menjadi sungai. Wisatawan biasanya berenang pada kolam ini yang airnya berwarna hijau kebiruan. 

Jangan lupa untuk memacu adrenalin dengan melompat ke kolam dari bebatuan yang tinggi, tentunya dengan hati-hati. Juga jangan lupa untuk berswafoto dengan latar air terjun yang indah. Bersantai menikmati sejuknya alam dengan pemandangan yang memesona dan suara deburan air akan menjadi healing yang menyenangkan. Adapun volume air curug ini bergantung pada musim sehingga akan lebih surut saat musim kemarau tiba. (Rismawati/Djavatoday)

5 Tempat Pemandian Air Panas di Jawa Barat, Bikin Badan Jadi Rileks

Pemandian air panas kian diminati oleh para wisatawan. Tempat yang menjadi sasaran untuk refreshing ini tidak hanya menawarkan suasana yang nyaman, tapi juga memiliki...

Awi Langit Campsite Ciwidey, Bisa Camping Tepi Curug!

Awi Langit Campsite Ciwidey merupakan sebuah bumi perkemahan yang lokasinya tepat berada di tengah hutan yang rimbun. Tempat ini menawarkan sensasi bermalam menggunakan tenda...

Umbul Kroman Klaten, Bisa Pancarkan Aura Kecantikan

Umbul Kroman Klaten merupakan sebuah hidden gem yang menjadi destinasi para pelancong untuk sekadar healing. Tempat ini menyuguhkan sebuah kolam mata air alami yang...

Curug Lawa Banyumas, Free HTM untuk 3 Curug!

Curug Lawa Banyumas merupakan sebuah objek wisata alam yang menyajikan keindahan air terjun di tengah alam yang asri. Tempat ini seolah seperti surga tersembunyi...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya