Kamis, April 18, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Coban Tundo Malang, Pesona Air Terjun Bertingkat yang Memikat

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Coban Tundo Malang merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan air terjun bertingkat. Tiga tingkatan air terjunnya berada di dalam area hutan dan perkebunan sehingga panoramanya begitu memikat. Nama air terjun ini memang cukup asing daripada coban di Malang lainnya yang populer seperti Coban Rondo ataupun Coban Rais. Hal tersebut karena akses jalan menuju air terjun ini sangat terjal dan jauh dari kata mulus sehingga membutuhkan perjuangan yang kuat.

Meskipun begitu, air terjun ini begitu memesona sehingga pantas Anda kunjungi setidaknya sekali seumur hidup. Perjalanan menuju ke coban ini bisa menjadi pengalaman berpetualang yang menarik. Sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhkan pemandangan hijau dari pepohonan dan perkebunan yang beragam. Salah satunya adalah kebun kopi.

Bagi Anda yang ingin lebih dekat dengan alam dan healing bersama teman, Coban Tundo Malang bisa menjadi pilihan. Sebelum berkunjung, Anda sebaiknya simak terlebih dahulu artikel ini hingga akhir. Kami akan memberikan ragam informasi penting dan menarik tentang objek wisata ini untuk Anda jadikan sebagai referensi. Yuk, simak informasi selengkapnya dalam uraian berikut ini!

Harga Tiket Masuk Coban Tundo Malang 

Objek wisata air terjun di Malang ini dulunya mematok harga tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang. Namun, karena objek wisata ini tidak begitu terkelola dengan baik, terkadang wisatawan tinggal masuk saja tanpa membayar. Adapun biaya parkir kendaraan bisa Anda bayar jika ada warga yang berjaga. Anda juga bisa menyiapkan biaya lainnya seperti jasa tour guide jika ada.

Fasilitas dan Jam Operasional

Objek wisata Coban Tundo Malang berada di dalam perkebunan sehingga belum memiliki banyak fasilitas. Untuk fasilitas seperti toilet, musala, warung, terdapat di area pemukiman warga. Dengan demikian, Anda harus menyiapkan perbekalan dan keperluan pribadi secara mandiri.

Adapun jam operasional objek wisata ini adalah mulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 17.00 WIB setiap hari. Kami sarankan Anda untuk datang saat pagi hari dengan kondisi cuaca yang sedang cerah. Hindari berkunjung saat musim hujan untuk mencegah terjadinya luapan air yang tiba-tiba. Berkunjung saat musim hujan juga akan menyulitkan perjalanan karena jalur tracking akan lebih licin.

Pesona Coban Tundo Malang yang Memikat

Coban Tundo Malang memiliki tiga “tundo” atau dalam bahasa Indonesia berarti tingkatan. Sebenarnya, total tingkatannya adalah 4, tetapi tingkatan keempat terlalu jauh dan ekstrem untuk wisatawan kunjungi. Tingkatan pertama atau Tundo Siji memiliki air terjun dengan tinggi sekitar 5 meter. Warna airnya begitu putih dengan banyak aliran yang menjadi satu jalur air terjun.

Jatuhan airnya membentuk kolam alami dengan kedalaman 1 hingga 5 meter berwarna hijau kebiruan yang cantik. Kolam ini menjadi tempat bagi wisatawan untuk berenang dan bermain air karena merupakan tempat yang paling aman. Sekeliling air terjun merupakan tebing berbatu dan bebatuan yang nampak eksotis. Pohon-pohon rindang dan hijau pun menghiasi areanya dan menciptakan nuansa sejuk.

Tingkatan kedua dari Coban Tundo Malang bernama Tundo Loro dengan ketinggian air terjun sekitar 5 meter. Untuk menemukan coban ini, Anda hanya perlu berjalan saja sekitar 10 menit. Kedalaman kolamnya sekitar 5 hingga 7 meter sehingga Anda tidak boleh berenang jika tidak mahir. Pemandangan coban tingkatan kedua ini tak kalah indah dengan tingkatan yang pertama.

Kemudian tingkatan yang ketiga atau Tundo Telu memiliki ketinggian sekitar 15 meter sehingga terlihat lebih eksotis. Namun, kolamnya membentuk pusaran sehingga tidak boleh wisatawan jamah meskipun hanya sekadar bermain air. Anda hanya boleh berfoto dan bersantai saja pada tepian kolam yang penuh dengan bebatuan.

Alamat Lengkap

Coban Tundo Malang beralamat di Gunung, Tambakasri, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65181. Air terjun ini berjarak sekitar 58 kilometer dari pusat kota dengan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan. Akses jalannya sangat terjal dan naik-turun karena melewati area perkebunan sehingga kami sarankan untuk menggunakan motor selain matic. (Rismawati/Djavatoday)

Curug Cina Subang, Tempat Ngadem yang Photogenic

Curug Cina Subang merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan air terjun yang memesona. Air terjun ini menawarkan udara sejuk dengan suasana tenang...

Camping Ground Ngampay: Price List, Fasilitas, hingga Daya Tarik

Camping Ground Ngampay merupakan sebuah spot berkemah terbaru yang berlokasi di tengah keindahan alam Rancabali, Ciwidey. Tempat ini menawarkan sensasi bermalam di tengah sejuknya...

Umbul Ponggok Klaten: HTM, Fasilitas, dan Daya Tarik

Umbul Ponggok Klaten merupakan sebuah objek wisata alam sekaligus pemandian yang cukup populer. Pemandian ini begitu alami, bahkan dasarnya masih berupa pasir dan menjadi...

Nuansa Alam Cakra Buana, Wisata Lengkap untuk Libur Lebaran

Nuansa Alam Cakra Buana merupakan sebuah objek wisata yang memiliki fasilitas lengkap untuk berlibur keluarga saat lebaran. Objek wisata ini memiliki fasilitas kolam renang...

Terpopuler

Lainnya