Kamis, April 18, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Coban Jodo Malang, Keindahan Air Terjun dengan Mitosnya

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Coban Jodo Malang merupakan satu dari sekian banyaknya air terjun yang menjadi objek wisata alam kebanggaan warga Malang. Objek wisata air terjun ini berada pada kawasan desa wisata Ngadirejo yang menjadi tempat persembunyian banyak air terjun lainnya. Hal tersebut membuat wisatawan bisa melihat banyak keindahan air terjun sekaligus dalam satu kawasan yang berdekatan. Meskipun membutuhkan treking yang cukup melelahkan, pesona alamnya layak untuk Anda dapatkan.

Selain terkenal dengan keindahan alamnya, objek wisata ini juga santer menjadi pembahasan karena mitos yang berkembang. Menariknya, mitos tersebut ada yang berkaitan dengan jodoh atau pasangan, lho. Kira-kira seperti apa informasi lengkap tentang coban ini? Mari simak selengkapnya dalam uraian berikut ini, Sobat Djava!

Daya Tarik Coban Jodo Malang 

Berlibur ke lokasi air terjun memang bisa menjadi kegiatan healing yang mengasyikkan. Selain bisa menikmati pemandangan air yang jatuh dari ketinggian dan alamnya yang memanjakan mata, perjalanan menuju lokasinya juga seru. Hal tersebut karena mayoritas air terjun berada dalam hutan dengan pepohonan rindang dan medan jalan yang menantang. Seperti halnya Coban Jodo Malang.

Air terjun yang satu ini berada di lereng Gunung Bromo yang memiliki hawa sejuk dan pemandangan yang memanjakan mata. Ketinggian air terjunnya mencapai 100 meter dengan aliran vertikal yang memiliki debit air cukup deras. Airnya jatuh dari ujung tebing yang megah dan berwarna hijau karena dinding tebing tertutupi oleh ragam vegetasi alam.

Pada bagian bawah air terjunnya terdapat goa kecil yang membuat panorama air terjunnya lebih eksotis. Anda akan merasa seperti berada di lembah yang kemanapun Anda memandang, hanya keindahanlah yang terpampang. Menikmati keindahan air terjun yang memesona sembari menghirup udaranya yang segar akan menjadi healing yang menyenangkan. Akan lebih seru jika Anda mengunjungi Coban Jodo Malang bersama teman atau keluarga.

Namun, sayangnya Anda tidak bisa berenang di bawah air terjun ini karena kolam alaminya dangkal hanya sebatas betis saja. Anda hanya bisa bermain air atau berendam kaki saja agar tetap bisa menikmati segarnya air. Wisatawan juga biasanya lebih banyak menghabiskan waktu dengan bersantai dan berburu spot foto yang instagramable.

Mitos tentang Jodoh

Coban Jodo Malang menawarkan keindahan yang wisatawan gemari, tetapi siapa sangka air terjun ini menyimpan cerita mitos yang menarik. Mitos tersebut berkaitan dengan jodoh atau cinta. Konon, sesiapa yang berkunjung ke air terjun ini akan mudah mendapatkan jodoh, lho. 

Penamaan air terjun ini menurut cerita yang beredar adalah karena dahulu ada orang yang bersembunyi di coban ini. Ia bersembunyi dari orang-orang Jepang yang menjajah Indonesia saat itu. Orang tersebut akhirnya menetap di kawasan air terjun dan bertemu jodohnya di sana. Cerita lain mengatakan bahwa dulu air terjunnya ada dua atau sepasang sehingga diberi nama “jodo”. 

Alamat dan Fasilitas

Coban Jodo Malang beralamat di Bendolawang, Dusun Krajan Bendolaw, Ngadirejo, Kec. Jabung, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65156. Dari pusat kota bisa Anda tempuh dalam waktu 30 hingga 40 menit perjalanan. Dari area parkir, Anda harus berjalan kaki menyusuri hutan, menapaki tanah, batuan, hingga menyeberangi anak sungai. 

Jarak tracking ini sekitar 1,6 kilometer dengan pemandangan pepohonan khas hutan di sepanjang perjalanannya. Anda akan menemukan air terjun lain seperti Coban Kricik, Coban Singo, dan Coban Suko. 

Adapun fasilitas yang tersedia adalah area parkir, toilet, dan warung. Fasilitas-fasilitas tersebut berada di area pintu masuk sehingga harus menyiapkan perbekalan sendiri jika ingin bersantap di lokasi cobannya. Jangan lupa untuk tidak membuang sampah sisa makanan di lokasi air terjun untuk menjaga kelestarian alam, ya!

HTM dan Jam Buka Coban Jodo Malang 

Coban Jodo Malang hanya mematok harga tiket masuk sebesar Rp5.000 per orangnya dengan tambahan biaya parkir Rp2.000-Rp5.000 saja. Pastikan Anda datang pada jam operasionalnya, yakni mulai pukul 07.00 hingga pukul 17.00 WIB setiap hari. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi nomor telepon 081216841784. (Rismawati/Djavatoday)

Curug Cina Subang, Tempat Ngadem yang Photogenic

Curug Cina Subang merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan air terjun yang memesona. Air terjun ini menawarkan udara sejuk dengan suasana tenang...

Camping Ground Ngampay: Price List, Fasilitas, hingga Daya Tarik

Camping Ground Ngampay merupakan sebuah spot berkemah terbaru yang berlokasi di tengah keindahan alam Rancabali, Ciwidey. Tempat ini menawarkan sensasi bermalam di tengah sejuknya...

Umbul Ponggok Klaten: HTM, Fasilitas, dan Daya Tarik

Umbul Ponggok Klaten merupakan sebuah objek wisata alam sekaligus pemandian yang cukup populer. Pemandian ini begitu alami, bahkan dasarnya masih berupa pasir dan menjadi...

Nuansa Alam Cakra Buana, Wisata Lengkap untuk Libur Lebaran

Nuansa Alam Cakra Buana merupakan sebuah objek wisata yang memiliki fasilitas lengkap untuk berlibur keluarga saat lebaran. Objek wisata ini memiliki fasilitas kolam renang...

Terpopuler

Lainnya