Sabtu, Juli 20, 2024

Coban Jahe Malang: HTM, Fasilitas, hingga Daya Tarik

Coban Jahe Malang merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan air terjun dengan nuansa alam yang sejuk. Objek wisata ini memiliki tiga air terjun sekaligus dalam satu kawasan dan sebuah kafe bertema unik karena berada di atas air. Wisatawan pun bisa menikmati segala hidangan lezatnya sembari merendam kaki pada aliran sungainya. 

Kabupaten Malang memang memiliki banyak wisata alam yang populer hingga selalu ramai oleh wisatawan dari berbagai daerah. Salah satunya adalah wisata alam yang menawarkan pesona air terjun dengan nuansa pegunungan yang sejuk. Berlibur ke air terjun memang bisa menjadi pilihan favorit wisatawan karena menyuguhkan keindahan yang memanjakan mata. Susana air terjun yang damai juga tak jarang bisa menghilangkan penat. 

Bagi Sobat Djava yang ingin healing atau berpetualang di alam, Coban Jahe Malang bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, sebelum berkunjung sebaiknya Anda menyimak artikel ini hingga akhir. Kami akan memberikan ragam informasi penting dan menarik tentang objek wisata ini yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Yuk, simak informasi selengkapnya dalam uraian berikut ini!

Harga Tiket Masuk Coban Jahe Malang 

Untuk bisa menikmati keindahan air terjun ini, Anda harus menyiapkan uang sebagai biaya tiket masuk. Harganya adalah sebesar Rp12.000 per orang dengan tambahan biaya parkir Rp5.000 per unit motor. Untuk mobil, biaya parkirnya adalah Rp10.000 per unit. Anda bisa menyiapkan uang tambahan untuk membeli makanan di warung atau kafenya sesuai kebutuhan.

Harga tiket masuk tersebut tidak bersifat permanen sehingga bisa saja berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pihak pengelola. Untuk informasi lebih lanjut tentang Coban Jahe Malang, Anda bisa menghubungi nomor 081334145363. Kunjungi juga Instagram resminya dengan username @coban_jahe.

Jam Operasional Wisata

Objek wisata alam ini memiliki jam operasional yang bisa menjadi patokan Sobat Djava untuk berkunjung. Adapun jam operasionalnya adalah buka mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.00 WIB setiap hari. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah saat pagi hari dengan kondisi cuaca yang cerah. Hindari berkunjung saat musim hujan untuk mencegah jalan yang licin dan air yang meluap serta keruh.

Fasilitas yang Tersedia

Coban Jahe Malang memiliki beberapa fasilitas umum yang bisa wisatawan gunakan. Seperti area parkir kendaraan, toilet yang bersih, warung-warung sederhana, kafe unik di atas sungai, dan camping ground. Tersedia juga area istirahat hingga spot foto instagramable berlatarkan indahnya air terjun. 

Alamat Lengkap

Objek wisata alam ini berlokasi di kaki Gunung Bromo yang alamnya masih asri dengan suasana yang tenang. Lokasinya juga dekat dengan Pasar Tumpang dengan jarak sekitar 10 kilometer atau dapat Anda tempuh dalam waktu 20 menit. Alamat lengkapnya adalah Jl. Begawan, Dusun Krajan, Taji, Kec. Jabung, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65155. 

Akses jalan menuju Coban Jahe Malang sudah cukup bagus, tetapi mendekati lokasi wisata akan berbatu. Lebar jalannya pun hanya cukup untuk 1 mobil saja sehingga akan lebih nyaman menggunakan motor. Dari area parkir menuju air terjun terdekat hanya berjarak beberapa meter saja sehingga Anda tidak akan kelelahan.

Daya Tarik Coban Jahe Malang

Jika Anda mengira air terjun ini adalah lokasi dengan banyaknya tanaman jahe, maka Anda salah. Penamaan “jahe” pada air terjun ini justru berasal dari cerita sejarah pada penjajahan Belanda. Dulu, 38 pejuang kemerdekaan Indonesia bersembunyi di sekitar air terjun ini, tetapi naas pihak Belanda mengetahuinya sehingga para pejuang tersebut meninggal. “Meninggal” dalam bahasa Jawa adalah “pejah”, kemudian ditambahkan imbuhan menjadi “pejahe”. 

Para pejuang yang gugur tersebut dikebumikan di pemakaman taman makam pahlawan Kali Jahe. Lokasinya dekat dengan Coban Jahe Malang. Selain penuh dengan cerita sejarah, air terjun ini juga menyimpan banyak keindahan lewat 3 air terjunnya. Yang pertama, Anda akan menemukan Coban Tarzan yang memesona dengan nuanaa yang asri. 

Coban yang paling tinggi dengan ketinggian 45 meter juga menawarkan eksotisme alam yang menarik. Anda bisa berenang dan bermain air untuk merasakan kesegaran airnya yang mampu menghilangkan penat. Jangan lupa untuk berswafoto dengan latar belakang air terjun yang indah. 

Berjalan lebih jauh, Anda akan menemukan air terjun yang ketiga dengan tebing tinggi yang penuh dengan hijaunya vegetasi alam. Anda bisa merasakan sensasi nikmatnya bersantai sembari bersantap di depan air terjun dengan mengambang di atas air. Coban Jahe Malang akan memberikan pengalaman healing yang menyenangkan. (Rismawati/Djavatoday)

Pantai Pangasan Pacitan dengan Pesona Persawahan

Pantai Pangasan Pacitan merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan eksotisme alam dari beberapa kombinasi.

Coban Srikandi Malang: HTM, Fasilitas, hingga Daya Tarik

Coban Srikandi Malang merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan air terjun yang masih asri.

Curug Gede Damar Payung: HTM hingga Daya Tariknya

Curug Gede Damar Payung merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan air terjun yang memesona. Meskipun tak setinggi curug lainnya yang mencapai puluhan...

Hutan Pinus Bubulak Tasikmalaya, Bisa Camping dan Renang!

Hutan Pinus Bubulak Tasikmalaya merupakan sebuah objek wisata alam baru yang cocok menjadi tempat untuk healing atau sekadar refreshing. Tempat ini juga menyediakan fasilitas...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya