Minggu, Juli 14, 2024

Coban Gintung Malang: HTM hingga Pesona Alamnya

Coban Gintung Malang merupakan satu dari sekian banyaknya wisata air terjun di Kota Bunga ini. Objek wisata alam ini menyuguhkan keindahan air terjun dengan debit yang besar dan warna air yang jernih. Keindahan alam sekitarnya yang masih asri karena belum banyak terjamah manusia pun menjadi daya tarik tersendiri. Begitupun dengan hawa sejuk khas pegunungan yang mampu mengusir lelah dan mendatangkan pikiran yang jernih.

Memiliki banyak kawasan pegunungan dan garis pantai membuat Kabupaten Malang menjadi tujuan yang tepat untuk menghabiskan waktu berlibur. Udara sejuknya yang berpadu dengan oksigen bersih pun memenuhi atmosfer wisata alamnya. Cocok bagi Anda yang ingin healing atau refreshing, apalagi bagi Anda yang bosan dengan hiruk-pikuk suasana perkotaan.

Nah, bagi Anda yang ingin melipir sejenak dari rutinitas sehari-hari yang membosankan, Coban Gintung Malang bisa menjadi pilihannya. Sebelum berkunjung, sebaiknya Anda menyimak terlebih dahulu informasi penting dan menarik berikut ini. Yuk, simak selengkapnya, Sobat Djava!

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas Coban Gintung Malang 

Objek wisata ini sama seperti wisata lainnya yang mengharuskan setiap wisatawan yang datang membayar biaya masuk. Harganya adalah Rp5.000 per orang dengan biaya parkir Rp5.000 untuk motor dan Rp10.000 untuk mobil. Perlu Anda ingat bahwa harga tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pihak pengelola.

Adapun fasilitas yang tersedia di Coban Gintung Malang ini masih minim karena letaknya jauh dari pemukiman. Fasilitas seperti toilet, musala, dan warung hanya tersedia di area parkir yang dekat dengan pemukiman warga. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menyiapkan sendiri perbekalan dan kebutuhan pribadi lainnya. 

Jam Operasional dan Alamat Lengkap

Objek wisata alam ini tidak menyantumkan jam operasional resminya sehingga Anda bisa datang kapan saja. Namun, Anda sebaiknya datang saat pagi hari sebelum hari gelap dengan kondisi cuaca cerah. Berkunjung saat musim kemarau juga lebih baik karena memudahkan akses tracking. 

Kemudian alamat Coban Gintung Malang adalah Area Wasah/Kebun, Sidorenggo, Kec.Ampelgading, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65183. Berjarak sekitar 70 kilometer dari pusat kota dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Siapkan fisik yang kuat karena Anda akan berjalan kaki menuju air terjunnya dengan jarak sekitar ratusan meter. 

Pesona Alam Coban Gintung Malang 

Objek wisata alam ini menyuguhkan pesona air terjun yang indah dengan ketinggian sekitar 15 meter. Debitnya deras sehingga pancuran airnya terlihat lebih indah dengan suara deburan yang cukup kencang. Warna airnya putih bersih dan suhunya cenderung dingin sekaligus menyegarkan saat bersentuhan dengan kulit. Jatuhan airnya akan membentuk kolam alami yang biasanya menjadi tempat wisatawan berenang dan bermain air.

Dari kolam tersebut, airnya akan mengalir menjadi sungai dengan bebatuan yang mengisi setiap sudutnya. Berhati-hatilah saat berenang ataupun bermain air karena bebatuannya banyak yang licin. Anda bisa bersantai dengan duduk di atas bebatuannya sembari menikmati keindahan Coban Gintung Malang. Agar lebih nyaman, Anda bisa bersantai di gardu pandang yang menempel pada pohon besar.

Gardu pandang tersebut sering wisatawan sebut dengan rumah pohon dan menjadi spot foto favorit wisatawan. Hal tersebut karena Anda bisa berfoto dengan latar air terjun dan pepohonan yang rindang. Pohon-pohon tersebut begitu hijau memanjakan mata dan meneduhkan areanya sehingga Anda tidak perlu takut tersengat cahaya matahari.

Itulah beberapa informasi penting dan menarik tentang objek wisata alam Coban Gintung Malang. Agar pengalaman healing lebih seru dan bermakna, ajaklah teman atau keluarga untuk berlibur bersama. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi nomor 081333183380. Selamat berlibur, Sobat Djava! (Rismawati/Djavatoday)

Curug Goong Subang, Spot Nongkrong dan Arung Jeram

Curug Goong Subang merupakan sebuah objek wisata alam berupa air terjun yang juga menawarkan daya tarik lain. Salah satunya adalah sebuah kafe modern yang...

Rekomendasi Pantai di Jogja untuk Healing Tipis-tipis

Rekomendasi pantai di Jogja kali ini bisa menjadi referensi pilihan bagi Sobat Djava yang ingin healing tipis-tipis. Jika mendengar kata pantai di Yogyakarta, kamu...

Parang Gombong Purwakarta, Spot Camping dan Piknik Cantik

Parang Gombong Purwakarta merupakan sebuah objek wisata alam berupa danau yang indah dengan lanskap perbukitan.

Alam Singkur Pangalengan: Price List hingga Daya Tarik

Alam Singkur Pangalengan merupakan sebuah spot camping di tepi sungai yang menyajikan view alam yang memesona. Tak lain dan tak bukan, view tersebut berupa...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya