Jumat, April 12, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Coban Cinde Malang, Hidden Gem di Kaki Gunung Bromo

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Coban Cinde Malang merupakan satu dari sekian banyak objek wisata tersembunyi yang berlokasi di kaki Gunung Bromo. Sobat Djava pasti sudah tidak asing lagi dengan wisata populer Gunung Bromo yang mendapat banyak penghargaan dari dunia. Tahukah Anda, tak hanya Gunung Bromo saja yang memiliki pesona memikat, kaki gunungnya pun menyimpan surga tersembunyi yang memesona.

Salah satu daerah di kaki Gunung Bromo yang kaya akan objek wisata eksotis adalah Kecamatan Tumpang. Kecamatan ini adalah tempat yang cocok untuk Anda mengeksplorasi hutan Bromo yang asri. Pada kecamatan ini juga Anda akan menemukan banyak air terjun lain yang cukup populer, seperti Coban Sumber Pitu Tumpang, Coban Ringin Gantung, dan masih banyak lagi.

Nah, masih ada hidden gem berupa air terjun yang bersembunyi di kaki Gunung Bromo, yakni Coban Cinde Malang. Sebuah air terjun indah yang untuk mencapainya wisatawan harus mengeluarkan tenaga yang ekstra. Agar lebih mengetahui tentang objek wisata ini, mari simak uraian berikut ini!

Harga Tiket Masuk Coban Cinde Malang

Untuk bisa menikmati keindahan dan kesegaran alam yang asri di air terjun ini, Anda harus menyiapkan dana untuk tiket masuknya. Harga tiket masuknya adalah Rp10.000 per orang dengan tambahan biaya parkir kendaraan sebesar Rp3.000 per unit motor. Sementara itu, biaya parkir untuk mobil adalah senilai Rp5.000, cukup terjangkau, bukan? 

Namun, perlu Anda ingat bahwa harga tersebut tidak bersifat tetap sehingga dapat berubah kapan saja. Untuk keperluan lainnya seperti makan, sebaiknya Anda menyiapkan dana tambahan, ya! 

Fasilitas dan Jam Operasional

Coban Cinde Malang berada di tengah hutan Bromo yang cukup jauh dari pemukiman warga. Pengelolaanya pun masih belum maksimal sehingga belum tersedia fasilitas yang lengkap. Namun, untuk fasilitas toilet, area parkir, dan warung telah tersedia meskipun tidak di titik lokasi air terjunnya.

Tidak ada informasi resmi mengenai jam operasional objek wisata ini. Namun, kami sarankan untuk datang sedari pagi menuju siang dengan kondisi cuaca cerah. Sekitar pukul 08.00 hingga pukul 16.00 WIB. Hindari datang saat hujan karena akan menyulitkan akses jalan dan khawatir terjadi luapan air yang membahayakan.

Daya Tarik Coban Cinde Malang

Objek wisata alam Coban Cinde Malang bisa menjadi spot healing bagi Anda yang butuh melipir sejenak dari rutinitas sehari-hari. Air terjun ini masih belum sepopuler coban lainnya sehingga cocok bagi Sobat Djava yang ingin mencari tempat refreshing yang tenang. Lokasinya yang berada dalam hutan Bromo juga menjadikan suasananya begitu damai dengan hawa sejuk yang bisa Anda nikmati sepuasnya.

Uniknya, sebelum sampai di Air Terjun Cinde, Anda akan menemukan beberapa air terjun lainnya yang tak kalah indah. Bahkan terdapat air terjun yang tingginya mencapai 50 meter dengan debit air yang deras. Coban Cinde sendiri memiliki ketinggian sekitar 30 meter dengan debit air yang deras hingga membuat air yang jatuh lebih memancur. Potret pancuran airnya yang lebih melengkung pun terlihat seperti kain selendang yang tengah berkibar.

Dalam bahasa Jawa, selendang yang berkibar atau mengepak disebut sebagai “cinde”. Itulah  yang mendasari asal-usul penamaan Coban Cinde Malang ini. Air yang jatuh akan membentuk kolam alami yang kedalamannya cukup dangkal, tetapi arusnya cukup deras sehingga wisatawan harus tetap berhati-hati. Spot inilah yang menjadi tempat bagi wisatawan untuk bermain air untuk merasakan kesegaran airnya yang berasal dari pegunungan.

Tak hanya potret air terjunnya saja, tebing tinggi yang mengelilinginya pun menjadi sorotan karena terlihat memesona. Ragam vegetasi alam yang merambat dan pohon-pohon yang rimbun pun turut menghiasi alam sekitarnya. Tak heran jika udara yang tersaji terasa lebih bersih dengan hawa sejuk yang menenangkan.

Coban Cinde Malang juga bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin hunting foto karena terdapat beberapa spot yang instagramable. Seperti gardu pandang berbentuk love, instalasi kayu, dan tentunya air terjun yang eksotis. Pemandangan sungai dengan latar pepohonan yang rindang juga akan menjadikan fotomu lebih ciamik. 

Alamat Lengkap

Air terjun ini berlokasi di kaki Gunung Bromo, tepatnya adalah Benjor, Kec. Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65156. Berjarak sekitar 10 kilometer dari Pasar Tumpang atau membutuhkan waktu sekitar 20 menit perjalanan. Dari area parkir, Anda masih harus meniti perjalanan dengan berjalan kaki sejauh sekitar 3 kilometer. Medan jalanan cukup terjal dengan melewati perkebunan sayur dan memasuki area hutan Bromo.

Anda juga akan menyusuri sungai, melewati jalan dengan kemiringan 40 derajat, hingga melewati hutan pinus yang indah. Jadi, apakah Sobat Djava tertarik untuk berkunjung ke Coban Cinde Malang? (Rismawati/Djavatoday)

Camping Ground Ngampay: Price List, Fasilitas, hingga Daya Tarik

Camping Ground Ngampay merupakan sebuah spot berkemah terbaru yang berlokasi di tengah keindahan alam Rancabali, Ciwidey. Tempat ini menawarkan sensasi bermalam di tengah sejuknya...

Umbul Ponggok Klaten: HTM, Fasilitas, dan Daya Tarik

Umbul Ponggok Klaten merupakan sebuah objek wisata alam sekaligus pemandian yang cukup populer. Pemandian ini begitu alami, bahkan dasarnya masih berupa pasir dan menjadi...

Nuansa Alam Cakra Buana, Wisata Lengkap untuk Libur Lebaran

Nuansa Alam Cakra Buana merupakan sebuah objek wisata yang memiliki fasilitas lengkap untuk berlibur keluarga saat lebaran. Objek wisata ini memiliki fasilitas kolam renang...

Curug Cijalu Subang, Spot Healing yang Recommended!

Curug Cijalu Subang merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan air terjun dengan ketinggian 70 meter. Objek wisata curug atau dalam bahasa Indonesia...

Terpopuler

Lainnya